3 Hal yang Membuat Kita Miskin di Hari Tua

Penyebab Miskin di Hari Tua – Pada dasarnya masa depan merupakan suatu hal yang tidak bisa kita ketahui atau bahkan prediksi dengan tepat. Namun sebagai makhluk hidup yang memiliki akal dan pikiran, manusia mendapat perintah untuk mempergunakannya dengan baik.

Walaupun kita tidak bisa menghakimi masa depan seseorang, namun dengan akal setidaknya kita bisa belajar dari pengalaman orang lain. Kita bisa mempelajari apa saja hal yang menyebabkan mereka tetap miskin hingga hari tuanya, dan menghindarinya agar kita bisa mendapat hari tua yang lebih baik.

Bagaimanapun kesuksesan berada pada genggaman tangan kita masing-masing. Kitalah yang memutuskan apakah ingin menjadi orang yang sukses atau malah menjadi beban keluarga dan masyarakat.

Hindari Penyebab Miskin Berikut Ini

1. Boros

Salah satu penyebab kemiskinan yang cukup besar yakni gaya hidup boros. Pola hidup konsumtif yang tidak sesuai dengan kemampuan tentunya bukanlah hal yang baik untuk kita tiru. Hal tersebut membuat pengeluaran kita menjadi lebih besar daripada pemasukan.

Karena tidak bisa mengelola gaya hidup atau keinginan yang berlebih tersebut, membuat mereka mencari cara lain agar bisa memenuhi kebutuhan atau gaya hidupnya, misalnya yakni berhutang.

Bahkan ada banyak orang kaya yang jatuh miskin karena gaya hidup boros mereka yang berlebihan. Sebut saja Jordan Belfort, Allen Stanford, Sean Quinn, Patricia Kluge dan masih banyak lagi. Akibat gaya hidup mereka yang boros membuat mereka jatuh miskin.

2. Tidak Memiliki Aset Investasi

Mengelola keuangan dengan baik menjadi salah satu kunci agar kita terhindari dari kemiskinan di hari tua. Salah satu cara mengelola keuangan adalah dengan berinvestasi pada berbagai instrumen investasi. Dengan begitu kita bisa memiliki tabungan atau aset yang akan memiliki nilai lebih besar di masa yang akan datang.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Maksud Dari Jangan Dengarkan Kata Orang, Teruslah Melangkah Maju

Kamu bisa mempergunakan rumus 5-3-2 yang cukup terkenal yakni dengan membagi pemasukan kita menjadi tiga bagian dengan presentasi 50, 30 dan 20. Setengah pemasukan untuk kebutuhan pokok kita, kemudian 30 persen untuk investasi dan 20 persen untuk keinginan.

Dengan memiliki aset investasi kita bisa memiliki persiapan yang lebih baik untuk masa yang akan datang. Bagaimanapun sedari kecil kita sudah diajarkan bahwa menabung merupakan kebiasaan yang perlu kita miliki. Itulah mengapa pentingnya meneruskan kebiasaan tersebut bahkan hingga kita dewasa.

3. Mengabaikan Kesehatan

Mungkin sudah banyak dari kita yang sadar akan pentingnya kesehatan. Selagi masih diberi kesehatan tentu sudah seharusnya kita menjaganya agar kita tidak menyesal dikemudian hari. Ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil akibat menyepelakan kesehatan di masa muda. Walaupun kita memiliki harta yang berlimpah namun kondisi kesehatan kita buruk, harta tersebut tidak bisa kita nikmati sebagaimana mestinya.

Itulah yang menjadi alasan mengapa kesehatan tidak bisa kita beli, dan kesehatan mahal harganya. Jadi jangan menunggu kita sakit dan sadar betapa pentingnya kesehatan, jaga dan sadarilah sedari dini.

Salah satu cara yang juga bisa kita lakukan untuk kesehatan kita dan keluarga yakni dengan mempersiapkan asuransi kesehatan. Dengan begitu kita bisa memiliki persiapan yang lebih matang ketika hal yang tidak kita inginkan menimpa. Karena bagaimanapun tidak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi kedepannya, kita hanya bisa mempersiapkan diri atau istilahnya sedia payung sebelum hujan.

Baca juga artikel menarik lainnya di Berbagi Coretanku

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: