Akibat Tidak Keluar Dari Zona Nyaman, Yang Nyaman Belum Tentu Nyaman!

Tahukah kamu arti sebenarnya dari zona nyaman? Ketika keadaan memihak kamu, seakan kita menjadi pusat semesta berputar. Pasti terasa nyaman dan menyenangkan bukan, ketika semua berpihak kepadamu. Namun tahukah kamu apa akibat dari tidak keluar dari zona nyaman bagi kehidupan kita?

Jebakan zona nyaman dapat memberikan dampak yang negatif bagi kita. Sebagai contoh, karena sudah merasa nyaman kita cenderung tidak ingin mencoba hal baru. Karena terlalu berisiko maka kita memilih untuk tetap berada di zona nyaman kita. Akhirnya kita menjadi manusia yang tidak bisa beradaptasi dan berkembang.

Ketahuilah akibat dari jebakan zona nyaman dalam kehidupan. Dengan begitu kamu bisa memilih apakah harus tetap berada di jebakan ini atau mencoba keluar. Bagaimanapun sebagai manusia kita harus selalu bisa berkembang dan beradaptasi dengan baik.

Kerugian Berada di Zona Nyaman Terlalu Lama

1. Zona Nyaman Membuat Kita Lebih Pesimis

Jebakan zona nyaman yang pertama yakni membuat manusia menjadi pesimis. Ketika seorang berada di zona nyaman, mereka cenderung akan lebih malas untuk mencoba hal baru. Mereka selalu berpikir bahwa mencoba hal baru memiliki risiko yang tinggi. Pikiran pesimis akan selalu ada, yang membuat mereka tidak bisa maju.

2. Sulit Untuk Beradaptasi Dengan Keadaan Baru

Ketika kita berada di zona nyaman kita cenderung sulit untuk beradaptasi dengan hal baru. Kita merasa keadaan sekarang sudah cukup untuk dijalani, sehingga kita tidak perlu berhadapan dengan dunia luar. Padahal seperti kita ketahui, hdup terus bergerak. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Maksud Dari Jangan Dengarkan Kata Orang, Teruslah Melangkah Maju

Tidak ada yang menjamin zona nyaman kamu tetap selalu ada untukmu. Bagaimana jadinya ketika zona tersebut tidak ada lagi untukmu, dan kamu belum mempersiapkan diri. Alhasil kamu akan sulit beradaptasi dengan keadaan baru, dan membuat kamu menjadi tertinggal.

3. Merasa Bosan dan Penuh Penyesalan

Ketahuilah bahwa waktu selalu berjalan, dan kita tidak pernah bisa memutar balikkan waktu. Percayalah bahwa suatu saat nanti kamu akan merasa bosan dengan zona nyaman yang selama ini kamu jalani. Kamu akan merasa tidak puas dengan pencapaianmu dalam hidup. Namun kenyatan pahitnya yakni semua itu sudah tidak bisa kamu ulang.

Semua waktu yang kamu habiskan hanya akan menjadi penyesalan yang mendalam. Renungkanlah dengan baik apakah pilihan kamu untuk tetap berada di zona nyaman adalah yang terbaik. Jangan biarkan penyesalan menghampiri kamu.

4. Kehilangan Arah dan Tujuan

Dampak negatif dari jebakan zona nyaman yakni membutakan kita akan arah dan tujuan hidup. Kenyamanan tersebut secara tidak langsung akan membuat kamu kehilangan arah dan tujuan yang jelas. Padahal hidup selalu menuntut kita untuk memiliki arah dan tujuan. Hidup tanpa tujuan juga akan berdampak pada motivasi hidup, kamu cenderung akan lebih lesu dan tidak bersemangat menjalani kehidupan.

5. Tidak Akan Berkembang

Akibat paling parah dari zona nyaman terhadap diri kita yakni membuat kita tidak berkembang. Layaknya seorang atlit yang tida melatih tubuh mereka, tentu akan membuat mereka tidak berkembang. Kemampuan mereka akan stuck tanpa adanya latihan, dan bahkan akan mengalami penurunan.

Cara Keluar Dari Zona Nyaman

Setelah mengetahui akibat dari jebakan zona nyaman ini. Tentunya kita perlu merenungkan untuk keluar dari jebakan ini. Jangan biarkan zona nyaman ini membuat kita menjadi tidak bisa maju dan berkembang. Berikut ini beberapa cara keluar dari zona nyaman yang bisa kita lakukan.

  • Menyadari dampak dari tak kunjung keluar dari zona nyaman
  • Meyakinkan diri dan membulatkan tekad untuk melangkah keluar
  • Mencari tujuan dan motivasi dalam hidup
  • Selalu membuka diri terhadap dunia luar
  • Berani mencoba dan gagal, kegagalan bukan akhir dari segalanya
  • Mencoba hal baru seperti berbisnis, investasi atau hal produktif lainnya
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Sukses Bukan Balapan!, Kita Punya Waktu Masing-Masing

Pada intinya jangan biarkan zona nyaman menjadi jebakan yang merugikan kita. Renungkanlah yang nyaman tidak selalu memberikan kenyamanan. Memilih melangkah adalah salah satu cara yang tepat untuk mencari kenyamanan yang sebenarnya. Karena pada dasarnya manusia selalu bergerak dan menghadapi berbagai hal baru dalam kehidupan. Jatuh bangun itulah yang membuat kita merasakan makna dari kehidupan.

Picture by Gaelle Marcel on Unsplash

No Responses

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: