Aplikasi Pantau Latihan 10000 Jam Untuk Jadi Ahli

Latihan 10000 Jam – Menjadi ahli dalam suatu bidang merupakan pencapaian atau tujuan dari setiap pelaku dalam bidangnya. Namun apakah standard yang bisa kita gunakan untuk menyatakan seorang tersebut benar-benar ahli dalam bidangnya?

Pertanyaan tersebut mungkin dapat terjawab dengan teori milik Malcolm Gladwell berdasarkan penelitian yang telah ia lakukan. Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui berapa lama waktu yang kita perlukan untuk menjadi ahli dalam suatu bidang tertentu.

Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa setidaknya seseorang harus menghabiskan waktu minima 10 ribu jam untuk menjadi ahli disuatu bidang. Dari situlah muncul kaidah 1000 jam ini yang menjadi perhatian banyak pihak.

Ukuran Dalam Menilai Keahlian Seseorang

Karena kesimpulan dari penelitian tersebut hanya sebatas teori, membuat kaidah 10000 jam tersebut tidak bisa kita jadikan patokan standard. Namun tidak sedikit pula sektor industri yang menggunakan kaidah ini sebagai patokan ukuran mereka dalam menilai keahlian seseorang.

Dalam beberapa kondisi tidak jarang kita temui seseorang yang dapat menguasai suatu bidang tertentu dengan sangat cepat. Hal tersebutlah yang membuat kaidah ini tidak bisa kita jadikan sebagai patokan resmi yang harus kita akui bersama.

Penerapan Dalam Dunia Kerja

Walaupun hanya sebatas teori, tidak sedikit industri di dunia kerja yang menerapkan kaidah ini untuk karyawannya. Bahkan dalam dunia kerja terdapat 3 macam kaidah yakni kaidah 500 jam, 1000 jam dan 10000 jam yang menjadi ukuran.

Sebagai asumsi dalam 1 hari kerja rata-rata waktu kerja yang dihabiskan karyawan yakni sekitar 8 jam. Artinya dalam satu minggu karyawan tersebut bekerja selama 40 jam, yang artinya

  • 500 jam sama dengan 12,5 minggu atau 3 bulan
  • 1000 jam sama dengan 25 minggu atau 1/2 tahun, dan
  • 10000 jam sama dengan 250 minggu atau 5 tahun.
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  3 Hal yang Membuat Kita Miskin di Hari Tua

Itulah yang membuatnya kebanyakan perusahaan menetapkan waktu 3 bulan sebagai masa training karyawan baru. Artinya karyawan tersebut minimal memenuhi waktu 500 jam kerja selama masa training.

Penerapan Dalam Industri Kreatif

Tidak hanya industri formal yang menerapkan kaidah 10000 jam ini, melainkan juga industri kreatif. Sebagai contoh seorang seniman seperti gitaris, pelukis, penyanyi, pianis, dan yang lainnya. Banyak dari mereka yang juga berpatokan pada kaidah 10000 jam ini sebagai jam terbang minimal untuk menjadi seorang ahli.

Setidaknya diperlukan waktu 10000 jam untuk berlatih berulang-ulang melakukan apa yang ingin dikuasai agar dapat menjadi ahli.

Kegiatan berlatih tersebut tentunya perlu dilakukan secara terus menerus atau kontinyu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Aplikasi Tracking 1000 Hours

Dengan perkembangan zaman yang begitu cepat seperti sekarang, kita sudah bisa dengan mudah untuk memonitor jam terbang latihan kita dengan mudah.

Hanya dengan menggunakan smartphone kita sudah bisa memantau seberapa lama kita sudah berlatih selama ini. Apakah sudah mencapai 10 ribu jam atau belum, tentunya dengan adanya aplikasi ini akan sangat membantu dalam latihan kita.

Sehingga kita bisa terus fokus berlatih tanpa perlu menghitung atau mencatat waktu berlatih yang sudah kita lakukan selama ini.

Skill App – 10000 Hours Tracker (Skill Tracker)

Aplikasi ini merupakan rekomendasi aplikasi yang bisa kamu coba yang tentunya dapat kamu download secara gratis. Fitur yang diberikan aplikasi ini cukup membantu kita dalam melakukan tracking.

Kamu bisa menambahkan bebeberapa jenis kegiatan dan memantau alokasi waktu masing-masing kegiatan. Selain itu kamu juga bisa memantau history latihan kamu dan juga memantau produktivitas latihan yang kamu lakukan setiap harinya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Mendapatkan Uang Dari Tiktok, Emang Bisa??

Sehingga kamu bisa dengan mudah untuk melakukan monitoring latihan kamu untuk mencapai target 10 ribu jam latihan.

Kesimpulan

Pada intinya kaidah 10 ribu jam ini merupakan salah satu patokan ukuran yang bisa kita gunakan untuk mencapai suatu tujuan. Karena bagaimanapun lama intensitas kita berlatih tentunya mempengaruhi tingkat keahlian kita terhadap suatu bidang. Sehingga kaidah 10 ribu jam tersebut dapat menjadi acuan untuk mendorong kita agar menjadi ahli dalam suatu bidang yang kita sukai.

Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat, kita tentunya bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membantu. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi tracker untuk membantu memantau waktu latihan kita.

Baca juga artikel menarik lainnya di Berbagi Coretanku

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: