Bisnis Affiliate Marketing, Cara Dapat Uang Tanpa Modal!!

Affiliate marketing adalah bisnis tanpa modal? Modal seringkali menjadi permasalahan utama dalam memulai suatu bisnis. Padahal pada kenyatannya, modal memang merupakan poin penting, namun bukan merupakan hal utama. Seorang yang memiliki jiwa bisnis, umumnya akan menganggap hal terpenting dalam memulai bisnis adalah niat. Selama ada niat maka jalan selalu akan terbuka untuk kita. Setelah adanya niat penting untuk memperhatikan aksi, jangan hanya berniat namun tidak beraksi.

Affiliate marketing adalah salah satu bisnis yang bisa kamu lakukan tanpa modal. Bukan berarti dalam memulainya tidak ada modal yang keluar. Minimal kamu harus memiliki device dan juga internet, dengan begitu kamu bisa memulai mencari uang dengan cara ini.

Tentunya akan lebih sulit dipahami jika kita tidak memahami secara lebih lanjut mengenai affilate marketing ini. Oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara mendapatkan uang dari affiliate marketing.

Apa itu Affiliate Marketing?

Bisnis Affiliate Marketing merupakan usaha mempromosikan produk atau usaha orang lain. Ketika ada pelanggan yang membeli produk tersebut menggunakan link affiliate kamu, maka kamu akan mendapatkan komisi.

Itulah mengapa bisnis ini bisa kamu mulai tanpa modal. Karena kita hanya perlu menjualkan produk barang atau jasa orang lain, dan mendapatkan komisi setiap penjualan yang berhasil.

Lalu apa bedanya dengan salles?

Jawabanya yakni bisnis affiliate marketing memungkinkan kamu untuk menjualkan lebih dari 1 produk dari perusahaan yang sama ataupun berbeda.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Kunci Sukses yang Padahal Kita Semua Sudah Tahu, Tapi?

Menarik bukan, semakin banyak penjualan yang masuk melalui affiliate link kamu, maka akan semakin besar keuntungan yang kamu dapatkan.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Setelah paham pengertiannya, tentunya akan timbul pertanyaan selanjutnya yakni bagaimana cara kerjanya?

Pasti banyak yang masih bingung, bagaimana caranya perusahaan mendeteksi penjualan yang mereka terima berasal dari promosi kamu.

Link affiliate yang kamu dapatkan merupakan link khusus yang dibuat oleh perusahaan untuk melakukan tracking. Artinya dengan link tersebut secara simpelnya akan melacak siapa saja costumer yang berbelanja karena link milik kamu.

Link tersebut berisikan cookie yang bekerja untuk memberikan informasi mengenai atribut kamu kepada perusahaan, dan menyimpan expiration date link. Artinya walaupun calon pembeli melakukan delay pembayaran, kamu tetap bisa menerima komisi selama calon pembeli melakukan pembayaran sebelum experition date link kamu.

Contoh Cara Kerja Affiliate Marketing

Agar kamu lebih bisa memahami konsep kerja affiliate marketing, berikut contoh bagaimana cara kerja dari affiliate marketing.

Sebuah website atau platform kursus online membuka program affiliasi untuk pengenalan kepada konsumen. Kemudian kamu tertarik untuk mendaftar program tersebut. Pasalnya kamu merasa mampu untuk mempromosikan produk yang mereka miliki.

Kemudian setelah mendaftar, kamu mempromosikan produk yang ada pada blog atau sosial media kamu. Lalu ternyata kamu mendapatkan calon pembeli yang menggunakan link affiliasi kamu. Namun sayangnya calon pembeli tersebut sedang ada kesibukan dan membuatnya menunda untuk melakukan pembayaran.

Kemudian beberapa jam berikutnya calon pembeli tersebut menyelesaikan proses pembayaran. Bahkan pembeli tersebut juga menambah produk lainnya karena tertarik. Karena link affilate kamu masih berlaku, maka kamu akan mendapatkan komisi dari kedua pembelian yang dilakukan tersebut.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Tips Membuat Proposal Usaha, Biar Makin Profesional

Apakah Bisnis Affiliate Marketing Menguntungkan?

Konsep dari bisnis ini yakni semakin banyak kamu bisa menjual barang maka semakin banyak keuntungan yang kamu dapatkan. Oleh karena itu penghasilan yang kamu dapatkan tergantung dari kinerja yang kamu lakukan.

Jika kamu memiliki kemampuan atau modal untuk melakukan promosi yang baik, tentunya penghasilan yang besar bisa kamu dapatkan. Bahkan tidak sedikit orang yang bisa meraup penghasilan puluhan hingga ratusan juta dari bisnis ini.

Selain itu perlu kamu ketahui, penghasilan affiliate marketing merupakan penghasilan pasif loh. Dengan memilih bisnis yang tepat dan membuat branding yang kuat kamu bisa mendapatkan penghasilan tanpa batasan.

Bagaimanapun ketika ingin terjun dalam bisnis ini, jangan berekspektasi terlalu besar diawal. Karena semuanya itu perlu proses terlebih dahulu untuk bisa mencapai kesuksesan.

Cara Memulai Bisnis Affiliate Marketing

Setelah memahami konsep dasar dari affiliate marketing, langkah selanjutnya yakni memulai untuk melangkah. Berikut adalah langkah yang perlu kamu lakukan untuk memulai bisnis affiliate marketing.

1. Memilih Platform

Ada banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan bisnis affiliate ini. Misalnya seperti website, sosial media, dan yang lainnya. Penting untuk memilih platform yang sesuai dengan bidang dan keahlian kamu. Dengan begitu kamu bisa lebih nyaman dalam melakukan promosi dan promosi bisa lebih efektif.

2. Memilih Niche atau Bidang

Langkah selanjutnya yakni memilih bidang yang kamu inginkan. Usahakan untuk memilih bidang yang kamu sukai dan sesuai. Dengan begitu kamu bisa memasarkan produk dengan lebih baik. Selain itu dalam memilih niche ada baiknya untuk memfokuskan niche. Sehingga kamu akan lebih mudah dalam mendapatkan pembeli potensial.

3. Memilih Program

Setelah kedua hal diatas dilakukan, selanjutnya yakni memilih program yang sesuai. Ada banyak perusahaan yang menawarkan program afiliasi. Sehingga kamu bisa mencari program yang kamu cocok dan mendaftar agar bisa bergabung. Kamu juga bisa memilih program afiliasi dari luar negeri jika kamu memang merasa mampu. Tentunya cuan yang akan kamu dapatkan juga bisa lebih besar.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Review: Pengalaman Berbelanja dan Berjualan di Itemku

4. Membuat Konten Promosi

Setelah mendaftar langkah terakhir yakni membuat atau membangun konten yang baik. Konten yang tepat dan unggul akan membuat promosi semakin efektif. Konten dengan kualitas yang baik akan membuat daya tarik konsumen untuk membeli menjadi lebih besar. Oleh karena itu membangun konten baik itu pada website atau media sosial perlu diperhatikan.

Itulah penjelasan lengkap mengenai bisnis affiliate marketing. Tidak ada alasan lagi untuk bingung membangun bisnis karena tidak adanya modal. Selama ada niat dan aksi maka selalu akan ada jalan.

Picture by Maxim Ilyahov on Unsplash

No Responses

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: