Bisnis Minuman Kekinian? Berikut Alat-alat yang Dibutuhkan

Belakangan ini bisnis minuman kekinian merupakan salah satu bisnis menarik yang bisa kita coba. Dengan bermodalkan peralatan sederhana kamu sudah bisa memulai untuk berjualan minuman kekinian dengan omzet yang tentunya menjanjikan.

Daya tarik masyarakat terhadap minuman kekinian juga menunjukkan trend yang positif, sehingga hal tersebut tentunya menjadi peluang bagi para pebisnis.

Ada berbagai jenis minuman kekinian yang bisa kamu coba, seperti kopi, teh, boba, maupun jenis minuman kekinian lainnya. Dengan bermacam variasi minuman tersebut kita bisa lebih menarik minat dan memanjakan pelanggan dengan banyaknya pilihan.

Adapun beberapa alat yang kamu butuhkan jika ingin memulai usaha atau bisnis minuman kekinian juga cukup mudah untuk kita dapatkan. Berikut beberapa peralatan yang umumnya akan kamu perlukan untuk memulai bisnis minuman kekinian.

Peralatan Memulai Bisnis Minuman Kekinian

1. Booth/Tempat Berjualan

Salah satu hal utama yang perlu kamu siapkan untuk memulai bisnis minuman kekinian yaitu Booth atau tempat untuk berjualan. Kamu bisa membeli booth yang sudah siap pakai atau membuat versi costum kamu sendiri. Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan budget yang kamu punya untuk menyiapkan booth jualan tersebut.

2. Blender

Alat untuk memulai bisnis minuman kekinian berikutnya yang juga tidak kalah wajib yaitu Blender. Pasalnya tidak jarang minuman kekinian yang memerlukan blender untuk mengolahnya, sehingga alat ini tentunya perlu untuk kita miliki ketika ingin membuka bisnis minuman kekinian.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Jitu Biar Selalu Semangat Dalam Bekerja

Untuk menghemat budget tentunya kamu bisa memilih blender dengan harga yang terjangkau terlebih dahulu, namun memiliki kualitas yang tidak kalah bagus. Sehinggga kamu bisa meminim pengeluaran untuk memulai bisnis minuman kamu.

3. Cup Sealer

Tidak kalah wajib, alat berikutnya yang juga harus kita miliki yaitu cup sealer. Dengan menggunakan alat ini kita bisa dengan mudah menyajikan minuman kekinian dengan lebih aman dan rapih.

Terlebih salah satu target konsumen para penjual minuman kekinian yaitu konsumen online. Sehingga dengan menggunakan alat ini minuman akan lebih aman sampai ke konsumen.

4. Cream Whipper Dispenser

Salah satu daya tarik dari minuman kekinian adalah bermacam topping yang bisa kita pilih pada minuman kita. Sehingga membuat cita rasa dari minuman menjadi lebih unik lagi.

Salah satu alat yang perlu kamu punya untuk melakukan hal demikian yakni cream whipper dispenser. Dengan alat ini kita bisa menambahkan whip cream pada minuman.

5. Cool Box

Salah satu kendala yang dihadapi para penjual minuman kekinian yakni menjaga es batu agar tahan lama. Apabila stand atau booth tempat kamu berjualan tidak terdapat listrik tentu dengan adanya cool box ini kita bisa menyimpan es batu menjadi lebih lama.

6. Jigger

Jigger atau gelas ukur juga menjadi peralatan yang umumnya perlu kamu punya. Dengan adanya jigger kamu bisa menentukan takaran bahan minuman dengan lebih tepat, sehingga rasa dari resep minuman kamu menjadi lebih konsisten.

Harga dari jigger sendiri juga tidak terlalu mahal, sehingga alat ini tentunya tidak akan memberatkan dalam memulai bisnis minuman kamu.

7. Shaker

Agar dapat mencampur berbagai bahan minuman dengan baik, kamu bisa menggunakan alat bernama shaker. Walaupun tidak semua jenis minuman memerlukan shaker untuk proses pencampuran, namun tidak sedikit pula jenis minuman kekinian yang membutuhkan shaker untuk pencampurannya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Strategi Bisnis: Macam-Macam Jenis Kerjasama Bisnis

Untuk harga sendiri, shaker bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp. 70 ribu hingga Rp. 100 ribu tergantung jenis bahan dan kualitas yang diberikan.

8. Thermos

Beberapa bahan minuman tentunya sulit tercampur apabila dalam keadaan dingin, sehingga kadang untuk mencampurnya perlu menggunakan air yang hangat. Dengan menggunakan thermos kamu bisa menyimpan air hangat tersebut lebih lama, sehingga dapat langsung kamu gunakan apabila diperlukan.

Tidak jarang pula thermos tersebut digunakan untuk menyimpan ramuan teh, ataupun kopi yang sudah diracik. Sehingga untuk menyajikannya tidak memerlukan waktu yang lama.

Kiat Memulai Bisnis Minuman Kekinian

Sebagaimana kita tahu dalam memulai suatu bisnis tentunya banyak hal yang perlu dipersiapkan, mulai dari modal, peralatan, dan bahkan niat yang kuat.

Sehingga bisnis tersebut dapat terus berjalan dan memberikan hasil yang menjanjikan. Begitupula dengan memulai bisnis minuman kekinian. Selain mempersiapkan perlatan yang diperlukan tentunya ada hal lain yang juga tidak kalah penting untuk kita persiapkan.

1. Tekad dan Semangat

Tanpa adanya tekad dan semangat yang kuat tentunya akan sulit dalam memulai dan mempertahankan sebuah bisnis. Banyaknya tantangan dan rintangan yang menghadang tentu akan menjadi ujian yang berat apabila tidak kita barengi dengan tekad dan semangat yang kuat.

2. Melakukan Inovasi

Dalam suatu bisnis, inovasi merupakan salah satu poin penting yang harus dimiliki setiap pebisnis. Terlebih banyaknya penjual minuman kekinian yang ada tentu akan menimbulkan persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu dengan terus melakukan inovasi dapat membuat usaha minuman kekinian kita dapat bersaing dan bertahan dengan lebih baik.

3. Memilih Lokasi yang Tepat

Salah satu cara untuk mendapatkan perhatian para calon pelanggan yakni dengan memilih lokasi berjualan yang tepat. Artinya kita perlu menyesuaikan lokasi berjualan dengan apa yang kita jual. Misalnya bisnis minuman kekinian, tentu akan semakin ramai apabila bertempat di dekat sekolah, kampus, atau pusat perbelanjaan, karena konsumen yang ada merupakan target dari minuman kekinian tersebut.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Tips Belanja Bahan Baku Franchise Untuk Para Franchisor

4. Ciri Khas

Agar dapat bersaing dengan para penjual minuman kekinian lainnya, perlu adanya ciri khas pada bisnis kita. Dengan begitu para konsumen dapat membedakan dan bersikap loyal dengan produk minuman kekinian kita. Ciri khas juga sangat membantu dalam menarik para pelanggan pada saat grand opening nantinya.


Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin memulai bisnis minuman kekinian. Dengan begitu kita sudah bisa menggambarkan bagaimana bisnis minuman kekinian yang ingin kita jalankan, dan berapa modal yang kita perlukan.

Jenis Minuman Kekinian Seperti Apa yang Kamu Suka?

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: