Cara Jualan di Shopee untuk Pemula dan Tips Sukses

5 views

Cara Jualan di Shopee Untuk Pemula – Bisnis online kini menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan untuk kita lakukan di era modern seperti sekarang. Dengan perkembangan zaman yang sangat pesat membuat manusia lebih mudah dalam berbagai hal salah satunya berbelanja.

Kini kita bisa berbelanja berbagai kebutuhan pokok maupun sekunder dengan mudah hanya melalui smartphone. Kegiatan belanja online di Indonesia sendiri belakangan meningkat sangat pesat. Hal tersebut tentunya membuka peluang bagi kamu yang juga ingin bergabung.

Belanja atau berjualan online kita lakukan melalui marketplace seperti misalnya Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan masih banyak lagi. Pada artikel kali ini kita akan bahas salah satu marketplace terbesar di Indonesia yakni Shopee.

Dengan banyaknya pengguna aktif shopee tentu menjadi salah satu point penting bagi kamu yang ingin memulai bisnis online. Berikut cara atau langkah berjualan di Shopee terutama bagi kamu yang masih pemula, beserta kiat menjadi pebisnis online sukses.

Cara Jualan di Shopee Untuk Pemula

Untuk menjadi seller atau penjual di Shopee bisa kamu lakukan melalui aplikasi di smartphone maupun laman seller centre.

Berikut ini langkah-langkah atau cara jualan di shopee yang perlu kamu ketahui.

1. Melakukan Pendaftaran Akun

  1. Unduh aplikasi Shopee di smartphone kamu terlebih dahulu baik melalui Playstore maupun Appstore
  2. Pastikan untuk mendaftar terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan akun Facebook atau Email untuk melakukan proses pendaftaran.
  3. Kemudian pastikan untuk memasukan nomor handphone yang aktif kamu gunakan
  4. Isi seluruh data yang ada dengan benar, dan perlu di perhatikan pada bagian username tidak bisa kita ganti setelah proses registrasi.
  5. Setelah semua proses selesai, maka akun Shopee kamu sudah selesai di buat. Kamu bisa langsung berbelanja maupun berjualan.

2. Menjual Produk Melalui Aplikasi Shopee

  1. Buka aplikasi Shopee di smartphone kamu, kemudian Pilih Menu Saya
  2. Setelah itu pilih opsi Mulai Jual yang ada di pojok kiri atas, lalu Tambah Produk
  3. Langkah selanjutnya lengkapi semua detail produk yang kamu perlukan seperti foto, deskripsi, harga dan lain-lain
  4. Kemudian pilih opsi Tampilkan untuk mempublikasikan produk kamu

3. Menjual Produk Melalui Laman Seller Centre

  1. Buka browser di Laptop atau Pc kamu, kemudian kunjungi laman Shopee Seller Centre berikut https:/seller.shopee.co.id/
  2. Kemudian pastikan untuk login dengan akun Shopee yang sudah kamu miliki
  3. Pilih bagian Produk Saya, lalu Tambah Produk
  4. Atur semua detail produk yang kamu perlukan, lalu klik tombol simpan
  5. Dengan begitu produk kamu sudah live di Shopee

4. Manajemen Toko

Hal yang tidak kalah penting untuk kamu perhatikan ketika menjadi seller di Shopee yakni Toko kamu. Pastikan untuk membuat toko kamu tampak menarik dan profesional dengan melakukan berbagai penyesuaian.

Untuk memudahkan melakukan mengelola toko, kamu bisa menggunakan laman Seller Centre karena lebih lengkap. Jadi pastikan untuk melakukan manajemen toko dengan baik pada toko online kamu.

Tips Sukses Berjualan Online di Shopee

Beberapa tips atau kiat berikut ini mungkin bisa membantu kamu dalam meningkatkan penjualan produk kamu. Bagaimanapun dalam berbisnis penerapan berbagai strategi penting untuk kita lakukan. Begitu pula dalam bisnis online, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Melakukan Variasi Pada Produk

Strategi satu ini umumnya sering dilakukan oleh para pebisnis pada produk mereka. Dengan memberikan varian atau variasi akan membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan yang bisa mereka sesuaikan. Dengan begitu kamu bisa meningkatkan penjualan produk tersebut, dan menarik lebih banyak pelanggan.

2. Naikkan Produk

Pada merchant Shopee kamu bisa mendapatkan fitur Naikkan Produk yang bisa kamu gunakan setiap 4 jam sekali. Dengan menggunakan fitur ini kamu bisa menyorot produk kamu agar lebih banyak terlihat. Dengan rajin menggunakan fitur ini kamu bisa meningkatkan penjualan produk kamu.

3. Rajin Promosi

Melakukan promosi yang baik dapat membuat peningkatan penjualan. Ada berbagai media promosi yang bisa kamu pilih seperti media sosial. Dengan rajin membuat konten menarik mengenai produk dapat membuat toko kamu lebih ramai pembeli.

4. Buat Voucher Toko

Selain fitur Naikkan Produk, kamu juga bisa menggunakan fitur Voucher di Merchant Shopee. Dengan fitur ini kamu bisa membuat pelanggan lebih loyal terhadap produk kamu, dan menarik pelanggan baru. Dengan manajemen yang baik tentu kamu bisa membuat fitur ini lebih optimal untuk toko kamu.

5. Daftarkan Ongkir Gratis

Salah satu cara meningkatkan penjualan lainnya yakni dengan menyediakan voucher ongkir gratis. Dengan begitu kamu bisa membuat pelanggan lebih tertarik berbelanja di toko kamu dengan adanya ongkir gratis tersebut. Kamu bisa melakukan pendaftaran ongkir gratis dengan melengkapi berbagai dokumen yang diperlukan.

Picture by Laura Chouette on Unsplash

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: