Cara Membuat Channel Youtube Bisnis

Cara Membuat Channel Youtube Bisnis – Ada banyak cara untuk mendapatkan uang yang bisa kita lakukan. Terlebih dalam bidang kreatif, kamu bisa menjadi influencer pada berbagai media sosial misalnya youtube. Dengan menjadi youtuber kamu bisa memiliki penghasilan yang berasal dari iklan maupun kerjasama.

Penghasilan besar dari menjadi youtuber membuat banyak orang yang menggeluti bidang ini. Itulah yang membuat youtuber menjadi sebuah profesi yang kini banyak di incar.

Bagi kamu yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu, kamu bisa memulai mencoba menjadi youtuber. Sebagai contoh kamu memiliki kemampuan dalam bidang editing. Kamu bisa membuka channel dengan kategori tutorial desain, dan masih banyak lagi.

Dari Mana Sumber Penghasilan Youtuber?

Mungkin masih banyak dari kamu yang belum mengetahui darimana sumber penghasilan para youtuber. Terutama bagi kamu yang masih seorang youtuber pemula, mungkin masih bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan uang dari youtube.

1. Iklan Adsense – Cara Membuat Channel Youtube Bisnis

Jadi penghasilan utama dari seorang youtuber bisa berasal dari iklan. Sebagai platform milik perusahaan besar google, youtube menyediakan program iklan adsense pada para youtuber yang memenuhi syarat. Dengan mengikuti program adsense ini kita bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditayangkan pada video kita.

Semakin banyak penonton video kita maka akan semakin besar penghasilan yang kita dapat. Hal tersebut karena kita dibayar untuk setiap iklan yang ditonton oleh para pengguna youtube di seluruh dunia. Bayaran tersebut akan masuk ke akun adsense dan apabila sudah memenuhi ambang batas pencairan, maka kita bisa mencairkannya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Menjadi Dropshipper Sukses, Bisnis Tanpa Modal

2. Paid Promote – Cara Membuat Channel Youtube Bisnis

Selain dari iklan adsense, para youtuber biasanya juga mendapatkan penghasilan melalui kegiatan paid promote. Artinya kita diminta oleh suatu perusahaan untuk mengiklankan produk mereka dan mendapatkan bayaran. Biasanya semakin terkenal seorang youtuber maka akan semakin besar pula kemungkinan perusahaan yang mengajak kerja sama untuk meminta jasa kita mengiklankan produk mereka.

3. Kode Refferal – Cara Membuat Channel Youtube Bisnis

Selain paid promote dan iklan adsense, seorang youtuber juga bisa mendapatkan uang dari refferal link. Ada banyak program affiliate yang bisa kita ikuti. Dengan menjadi seorang youtuber kita bisa mempromosikan suatu produk affiliate dan mendapatkan bayaran atas pembelian melalui link kita. Cara seperti ini juga sering dilakukan oleh para penulis website atau blog.

Cara Membuat Channel Youtube Bisnis

Bagi kamu yang belum tahu, channel youtube sendiri terbagi menjadi dua. Pertama yakni channel pribadi dan channel bisnis. Kedua jenis channel ini memiliki perbedaan. Youtube pribadi akan memiliki nama channel yang sama dengan nama akun email kita. Artinya jika kita ingin merubah nama channel kita maka harus merubah nama akun email kita, yang akan berpengaruh dengan aplikasi lainnya.

Sedangkan akun youtube bisnis tidak membuat nama akun pribadi kita berubah ketika kita mengganti nama channel. Hal tersebut karena ketika kita membuat youtube bisnis, kita akan mendapatkan sub akun email baru dari akun utama kita.

Jadi kita bisa bebas mengganti nama channel tanpa perlu merubah nama akun utama email kita. Selain itu kamu juga bisa memiliki banyak akun bisnis dalam satu akun utama, jadi kamu tidak perlu repot untuk membuat banyak email.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Rekomendasi Aplikasi Kasir untuk Optimalkan Bisnis Kamu

Berikut cara membuat channel youtube bisnis yang baik dan benar.

  1. Pastikan kamu sudah memiliki akun email dan sudah login pada halaman youtube
  2. Kemudian pastikan kamu sudah membuat channel pribadi terlebih dahulu, caranya yakni dengan klik foto profile yang ada di pojok kanan atas, kemudian pilih youtube studio dan ikuti instruksi yang diberikan
  3. Kemudian setelah memiliki channel pribadi, buka daftar channel bisnis
  4. Setelah itu klik opsi buat channel atau create channel
  5. Kemudian buat channel sesuai instruksi
  6. Dengan begitu kamu sudah selesai membuat akun bisnis untuk youtube kamu

Kamu bisa mengelola akun bisnis ini dengan mengklik foto profil yang ada dipojok kanan atas. Disana kamu akan menemui akun pribadi dan bisnis kamu, pilih akun bisnis yang sudah kamu buat. Kemudian dibawah nama channel terdapat opsi kelola akun google anda.

Cara Menjadi Youtuber Pemula Sukses

Setelah memiliki akun youtube, kamu sudah bisa memulai membuat video dan menguploadnya. Setelah memenuhi persyaratan untuk monetisasi iklan kamu sudah bisa mendapatkan penghasilan melalui youtube. Persyaratan untuk monetisasi yakni 1000 subsciber dan 4000 jam tayang.

Agar kamu bisa menjadi youtuber yang sukses dan terkenal tentunya penting untuk memperhatikan beberapa hal. Misalnya seperti niche channel, cara membuat video, ciri khas channel dan lain sebagainya. Beberapa tips berikut ini mungkin bisa menjadi wawasan bagi kamu yang bingung bagaimana cara menjadi youtuber sukses.

Picture by Christian Wiediger on Unsplash

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: