Cara Mencari Uang Melalui Situs Freelance

Beragam cara kini bisa kita lakukan untuk mencari uang. Hal itulah yang membuat banyaknya jenis pekerjaan yang bermunculan. Salah satunya yaitu freelancer atau orang yang bekerja secara mandiri. Bekerja menjadi freelancer tentunya terdapat suka duka tersendiri.

Salah satu kendala terbesar para freelancer yakni sedikitnya job yang bisa mereka ambil. Hal tersebut seringkali menimpa freelancer baru, yang membuat mereka menjadi putus asa. Oleh karena itu penting untuk mengetahui tips-tips agar bisa mendapatkan banyak job dengan menjadi freelancer.

Apa itu Freelancer dan Situs Freelance

Freelancer adalah sebutan bagi orang yang bekerja secara freelance. Seorang freelancer adalah orang yang bekerja mandiri tanpa terikat kontrak dalam jangka waktu panjang.

Freelancer dan pegawai tentunya memiliki perbedaan. Jika pegawai umumnya terkait dan terikat oleh kontrak dengan atasan. Sementara freelancer bekerja tanpa terikat kontrak dengan siapapun, yang artinya ia bekerja atas dasar kemauannya sendiri.

Situs freelance sendiri merupakan pihak ketiga yang menghubungkan antara owner job dan worker. Dengan adanya situs freelance ini maka project dapat lebih aman dan terjamin bagi kedua belah pihak. Sebagai contoh owner job harus melakukan pembayaran terlebih dahulu. Kemudian bayaran tersebut ditahan oleh situs yang nantinya diberikan kepada worker setelah pekerjaan dinyatakan selesai. Biaya yang diberikan kepada worker sudah dipotong dengan biaya jasa oleh situs sesuai dengan kebijakan masing-masing situs.

Kelebihan Menjadi Freelancer

Pekerjaan yang kita pilih tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagaimanapun memiliki pekerjaan yang benar atau tidak menyalahi aturan adalah hal yang utama.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Memulai Usaha Kursus Online, Cocok Bagi Kamu Dengan Jiwa Pengajar!

Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat ketika menjadi freelancer yakni sebagai berikut.

1. Kemudahan dalam Mengatur Waktu

Keuntungan pertama menjadi seorang freelancer yakni dalam hal waktu. Bekerja menjadi freelance memungkinkan kamu dalam mengatur waktu kerja yang kamu inginkan. Kamu bisa mengambil job dan menyesuaikannya dengan waktu kamu.

Itulah mengapa banyak orang yang menjadi freelancer untuk mendapatkan uang sampingan. Dengan sistem waktu kerja yang fleksibel mereka bisa bekerja sesuai dengan waktu yang mereka miliki.

2. Penghasilan yang Besar

Tidak sedikit orang yang memilih bekerja menjadi freelancer. Alasannya karena penghasilan yang bisa mereka dapatkan sesuai dengan kebutuhan bahkan lebih. Terlebih ketika kamu bisa meningkatkan kualitas diri kamu, tentunya bayaran yang mungkin kamu dapatkan juga akan lebih besar.

3. Tempat Kerja Flexibel

Bekerja menjadi freelancer memungkinkan kamu untuk bekerja secara bebas. Bekerja seperti ini tentunya hal yang memberikan kenyamanan. Kamu bisa mengerjakan project-project yang kamu ambil dimanapun. Dengan manajemen yang baik tentunya bekerja bisa jadi lebih nyaman ditengah kesibukan kamu.

Cara Menjadi Freelancer

Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai freelancer. Tentunya kita perlu tahu terlebih dahulu bagaimana cara atau langkah-langkah menjadi freelancer. Berikut ini beberapa langkah menjadi freelancer yang perlu kamu perhatikan sebelum melangkah.

1. Menentukan Status Pekerjaan

Sebelum memulai bekerja sebagai freelancer ada baiknya untuk menentukan status pekerjaan kamu. Apakah kamu ingin menjadi freelancer penuh atau hanya sampingan. Dengan begitu kamu bisa lebih fokus untuk membangun nama atau reputasi kamu dan memilih job-job yang tepat.

2. Memilih Situs Freelance

Cara mendapatkan job-job untuk kamu kerjakan yakni melalui situs freelance. Ada banyak situs freelance yang bisa kamu pilih baik yang dalam negeri maupun luar negeri. Penting untuk memilih situs freelance yang menurut kamu cocok dengan kamu.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Kiat Menjadi Penulis Sukses, Usaha Tanpa Modal yang Menjanjikan

Dengan begitu kamu bisa lebih fokus untuk mengerjakan job-job yang kamu ambil tanpa perlu khawatir. Selain itu kebijakan-kebijakan yang ada pada setiap situs tentunya berbeda-beda. Penting untuk mempelajari terlebih dahulu kebijakan setiap situs. Dengan begitu apabila kamu mengalami kendala, kamu bisa langsung mencari solusinya.

3. Melakukan Pendaftaran

Setelah memilih situs freelance yang kamu rasa cocok, langkah selanjutnya yakni melakukan pendaftaran. Langkah melakukan pendaftaran pada setiap situs umumnya kurang lebih sama. Nantinya kamu akan diminta untuk mengisi data diri, email atau nomor telepon. Setelah itu nantinya mereka akan mengirimkan verifikasi akun melalui email atau nomor yang kamu daftarkan sebelumnya. Ikuti langkah pendaftaran pada situs sesuai dengan permintaan.

4. Memilih Bidang yang Kamu Kuasai

Setelah proses pendaftaran selesai. Langkah selanjutnya yakni memilih bidang job yang kamu inginkan. Pilih bidang sesuai dengan skill dan kemampuan kamu. Dengan begitu nantinya situs akan menampilkan job-job yang bisa kamu bid sesuai dengan bidang yang sudah kamu pilih tadi.

5. Melakukan Bid Pada Job

Setelah semua proses diatas telah kamu lewati, langkah selanjutnya yakni mencari job dan melakukan bid. Bid maksudnya yakni melakukan penawaran atas job yang ditawarkan. Pemilik job nantinya akan memeriksa penawaran setiap freelance yang melakukan bid, dan memilih satu diantaranya.

Pada langkah ini penting untuk kamu perhatikan, karena menentukan apakah nantinya kamu terpilih atau tidak. Beberapa hal yang bisa kamu perhatikan yakni seperti, membuat akun kamu terlihat profesional. Kemudian ketika mengisi deskripsi saat melakukan bid, harap isi dengan formal dan baik. Kamu juga bisa memberikan portofolio atau contoh job yang pernah kamu kerjakan untuk menunjang. Dengan begitu kemungkinan kamu untuk dipilih akan semakin besar.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Efektif Mendapatkan Uang Dari Internet

6. Menyelesaikan Project

Setelah kamu terpilih untuk mengerjakan project, langkah selanjutnya yakni mengerjakan project tersebut. Penting untuk membicarakan mengenai ketentuan-ketentuan job lebih lanjut kepada owner job. Dengan begitu kamu bisa mengerjakan job dengan lebih baik dan sesuai permintaan.

Setelah pekerjaan selesai, lakukan submit job pada situs dan tunggu proses peninjauan oleh owner. Setelah proses peninjauan selesai maka uang akan langsung kamu terima. Hal yang perlu kamu perhatikan pada langkah ini yakni, jangan mengerjakan job sebelum owner melakukan pembayaran. Umumnya setiap situs freelance akan memberitahukan apabila owner sudah melakukan pembayaran. Kemudian kirimkan project hanya pada situs, agar menghindari terjadinya gugatan yang dapat merugikan kamu.

Tips Menjadi Freelancer Sukses

Menjadi sukses dalam bidang apapun tentunya merupakan tujuan setiap orang. Baik itu sukses dalam berbisnis, maupun sukses menjadi freelancer. Beberapa kiat atau tips yang bisa kamu lakukan agar bisa menjadi freelancer sukses antara lain yaitu.

  • Membangun reputasi yang baik
  • Memilih job yang sesuai dengan keahlian
  • Menyelesaikan job tepat waktu
  • Mengerjakan job dengan sungguh-sungguh
  • Menjaga hubungan baik dengan client

Picture by Davide Baraldi on Unsplash

No Responses

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: