Cara Mengatur Keuangan Bulanan Kamu, Biar Gak Hilang Entah Kemana!

Cara mengatur keuangan menjadi topik yang menarik untuk kita bahas. Banyak orang yang mengabaikan manajemen keuangan dalam kehidupan mereka. Padahal peranan manajemen keuangan dalam mengatur keuangan kita sangatlah penting.

Dengan manajemen keuangan yang baik kita bisa mengelola pemasukan yang kita miliki secara optimal. Sehingga tidak ada yang namanya uang bulanan tiba-tiba hilang dari dompet kamu. Padahal nyatanya karena tidak adanya manajemen akhirnya kita seringkali melakukan pengeluaran yang tidak jelas.

Mengatur keuangan pribadi adalah salah satu langkah untuk mencapai kesuksesan. Tidak sedikit orang gagal yang berawal dari manajemen keuangan yang buruk. Jadi jangan biarkan uang bulanan kamu habis begitu saja seakan penghasilan yang kamu miliki selalu kurang.

Tips Mengatur Uang Bulanan

1. Pahami Makna Uang Sesungguhnya

Apasih uang itu? Secara umum uang merupakan alat yang kita gunakan untuk bertansaksi jual beli. Dengan adanya uang kita bisa membeli barang-barang yang kita inginkan.

Namun penting untuk memiliki pola pikir yang lebih tepat mengani uang itu sendiri. Sebagai contoh, anak-anak atau remaja mungkin menganggap uang sebagai alat untuk membeli barang-barang yang mereka inginkan. Misalnya seperti handphone, baju, sepatu, dan lain sebagainya.

Jika pola pikir kita terhadap uang masih seperti itu, kemungkinan akan sulit untuk mengelola keuangan pribadi. Ketika mendapatkan uang, tidak jarang uang akan cepat habis. Padahal masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Itulah mengapa penting untuk memiliki pemahaman terhadap uang yang benar.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Jangan Sampai Terjerat Hutang, Berikut Tips Melunasinya

2. Mengatur Prioritas Kebutuhan

Setiap manusia tentunya memiliki kebutuhan atau prioritas yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat pengeluaran setiap individu berbeda. Kenali kebutuhan pribadi kamu, kemudian tentukan berdasarkan skala prioritas. Urutkan kebutuhan yang terpenting terlebih dahulu untuk dipenuhi.

Kamu bisa membagi kebutuhan kamu menjadi beberapa bagian misalnya seperti, kebutuhan pokok, keinginan dan investasi. Aturan seperti ini dikenal sebagai aturan 50/30/20 yang dipopulerkan oleh Elizabeth Warren. Artinya penghasilan bulanan kamu dibagi menjadi 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk investasi.

Dengan manajemen seperti ini, pengeluaran bulanan kamu bisa lebih jelas dan berarti. Tidak hanya untuk kebutuhan sekarang, melainkan untuk kebutuhan yang akan datang.

3. Utamakan Untuk Membayar Cicilan

Jika kamu memiliki cicilan, pastikan untuk memisahkan uang untuk membayar cicilan bulanan. Sehingga uang untuk cicilan tidak akan tergerus untuk hal lain.

Dengan begitu setiap bulannya kamu bisa membayar cicilan dengan teratur. Sehingga tidak ada yang namanya gagal membayar cicilan, jika kamu sudah mengalokasikan dana untuk cicilan setiap bulannya.

4. Atur Uang Darurat Kamu

Menyisihkan sebagian penghasilan kamu sebagai uang darurat juga penting untuk dilakukan. Sesuai dengan namanya, uang ini bertujuan apabila ada kebutuhan darurat. Dengan adanya uang darurat maka keuangan bulanan kamu akan lebih terkelola dengan baik. Karena kamu tidak harus mengambil bagian lainnya ketika terjadi keadaan darurat.

5. Menentukan Anggaran Masing-Masing Kebutuhan

Setelah menentukan apa saja kebutuhan bulanan kamu, langkah selanjutnya yakni menentukan anggaran masing-masing kebutuhan. Ketika anggaran masing-masing kebutuhan sudah kamu tentukan, penting untuk tidak melebihkan atau menguranginya dengan alasan apapun.

6. Pastikan Untuk Jujur Terhadap Diri Sendiri

Hal yang paling penting dalam mengatur keuangan bulanan kamu yakni jujur terhadap diri sendiri. Pastikan anggaran yang telah kamu buat tidak kamu gunakan sembarangan, karena yang mengatur keuangan adalah diri kamu sendiri. Tentunya sangat mudah untuk melakukan hal-hal yang menyalahi aturan.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Sebenarnya Kebutuhan Tersier Itu Penting Enggak Sih?

Pastikan rencana keuangan yang sudah kamu susun dijalankan dengan jujur. Sehingga keuangan bulanan kamu dapat sesuai dengan perencanaan yang kamu lakukan.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil yakni, penting untuk melakukan manajemen keuangan untuk mengatur keuangan bulanan kamu. Dengan melakukan manajemen yang baik, kamu bisa mengelola keuangan dengan lebih baik pula. Sehingga setiap gajian, uang gajian kamu tidak ludes habis begitu saja.

Picture by Michael Longmire on Unsplash

No Responses

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: