Cara Menjadi Dropshipper Sukses, Bisnis Tanpa Modal

14 views

Jadi lagi-lagi kita membahas mengenai bisnis tanpa modal, yakni dengan menjadi dropshipper. Bagi kamu yang belum tau apa itu dropshipper. Singkatnya dropshipper adalah orang yang menjual suatu barang dengan mengandalkan kekuatan pemasaran. Artinya penjual (dropshipper) ini merupakan pihak ketiga dari produsen utama. Dropshipper tidak perlu menyiapkan modal untuk membeli barang, menyediakan tempat atau gudang, dan bahkan melakukan pengiriman.

Artinya modal yang kita perlukan hanyalah untuk melakukan pemasaran. Mungkin banyak dari kamu yang menyamakan dropshipper ini dengan reseller. Ketahuilah perbedaan dropshipper dan reseller sebelum mencoba berbisnis menjadi dropshipper.

Lalu bagaimana cara memulai menjadi dropshipper, dan apakah penghasilan yang didapat dari bisnis ini menjanjikan? Semua akan kita bahas secara tuntas pada artikel kali ini, yakni cara menjadi dropshipper sukses.

Cara Menjadi Dropshipper Sukses

Kenali Model Bisnis dengan Baik

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, penting untuk memahami model bisnis dropship ini dengan baik. Karena kamu bisa saja salah langkah dan malah merugi karena kurangnya pemahaman.

Kesimpulannya menjadi dropshipper artinya menjual produk tanpa harus memiliki produk tersebut. Bahkan kita tidak perlu repot memikirkan stock produk, pengemasan, pengiriman, dan hal lainnya. Kita hanya perlu mempromosikan atau memasarkan produk tersebut. Penghasilan yang kita dapat berasal dari kontrak yang dilakukan dengan pemilik produk.

Memilih Produk atau Partner yang Cocok

Kunci menjadi dropshipper sukses terletak pada produk dan partner yang dipilih. Produk yang kamu jual tentunya tidak jauh dari kemampuan pemasaran kamu. Jika kamu lebih cocok dalam memasarkan produk fashion, tentu produk seperti peralatan dapur kurang cocok untuk kamu. Dengan memilih produk yang tepat maka akan membuat pemasaran lebih efektif dan potensial.

Selanjutnya memilih partner yang cocok juga sangat penting. Tentu tidak ingin bukan ketika kamu berhasil menjual banyak produk, namun bermasalah dengan partner kamu.

Dengan menemukan partner atau mitra yang cocok, kamu bisa melakukan proses pemasaran dengan lebih efektif lagi. Itulah mengapa penting untuk menemukan partner yang cocok dan menjalin kerjasama yang baik. Hubungan saling ketergantungan seperti ini tentu akan saling menguntungkan kedua belah pihak.

Memberikan Layanan Pelanggan

Sebagai seorang dropshipper tentu membuat kita tidak berhubungan langsung dengan produk. Sehingga kita akan lebih sulit jika ingin menambah nilai jual pada produk.

Jadi solusi yang bisa dilakukan yakni tidak jauh dengan pelanggan. Kamu bisa memberikan nilai tambah pada layanan pelanggan. Misalnya menawarkan pelayanan pelanggan yang andal, memberikan jaminan pengiriman, memberikan poin hadiah dan hal lainnya.

Dengan begitu kamu bisa bersaing dengan penjual lain dengan kategori produk yang sama. Meskipun harga atau produk yang kamu tawarkan bukan milik kamu.

Menjaga Branding dengan Baik

Branding atau merek adalah hal penting yang tidak boleh kamu abaikan dalam bisnis. Perusahaan atau bisnis besar sangat memperhatikan branding dalam bisnis mereka. Karena peranan branding sebagai identitas produk dimata pelanggan memberikan peranan besar dalam loyalitas pelanggan.

Dalam bisnis dropshipper juga berlaku demikian. Branding dari produk yang kamu jual tentu perlu kamu pasarkan dengan baik. Sehingga produk kamu akan lebih dikenal dan memiliki identitas yang kuat dipasaran.

Tips Meningkatkan Penjualan Produk Dropshipper

Pada dasarnya menjadi dropshipper kekuatan yang harus kita miliki yakni dalam hal marketing. Selama kita mempunyai support yang mendukung proses marketing kita, maka langkah kita untuk mendapatkan pelanggan akan semakin mudah.

Beberapa cara membangun marketing yang baik untuk meningkatkan penjualan produk misalnya yakni dengan membangun nama.

Membangun Nama

Artinya kamu bisa membangun branding untuk diri kamu sendiri. Misalnya menjadi seorang influencer di media sosial, atau menjadi orang berpengaruh pada platform tertentu. Dengan background seperti itu akan sangat membantu kamu dalam proses marketing.

Itulah mengapa penting untuk memilih produk yang ingin kita jual, sesuai dengan yang sudah dijelaskan diatas. Dengan memilih produk yang sesuai dengan branding kita, maka akan lebih efektif untuk melakukan kegiatan pemasaran.

Aktif Promosikan Barang

Tips berikutnya yakni jangan pernah bosan untuk mempromosikan barang. Kamu bisa membuat jadwal atau skema promosi kamu. Kemudian mempelajari bagaimana efektiftas promosi yang kamu lakukan. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan promosi yang efektif, artinya tidak terlalu berlebihan atau kekurangan.

Ada berbagai media promosi yang bisa kamu gunakan, baik itu secara offline maupun online. Kamu bisa mempromosikan barang dari mulut kemulut. Tentu akan lebih mudah mendapatkan massa ketika kamu mengikuti sebuah keorganisasian atau perkumpulan.

Selain itu media online juga banyak yang bisa dimanfaatkan secara gratis. Seperti halnya media sosial, media informasi seperti blog, dan berbagai media kreatif lainnya. Semakin menarik promosi yang kamu lakukan tentu akan menarik lebih banyak pengunjung.

Picture by Charles Deluvio on Unsplash

No Responses

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: