Cara Menjadi Youtuber Pemula yang Sukses dan Terkenal

Cara Menjadi Youtuber Pemula – Menjadi youtuber merupakan salah satu profesi yang kini banyak digemari, khususnya kalangan muda. Dari platform ini kita bisa menghasilkan uang dengan nominal yang besar. Tidak sedikit para youtuber sukses yang dapat meraup ratusan juta rupiah perbulannya melalui platform bernama youtube ini.

Bagi kamu yang mencoba terjun di dunia youtube, tentunya banyak hal yang perlu dipersiapkan. Karena menjadi youtuber diperlukan proses hingga bisa mencapai titik sukses.

Berikut ini beberapa kiat atau tips bagaimana cara menjadi youtuber bagi pemula agar bisa sukses dan terkenal.

Cara Menjadi Youtuber Pemula

Cara memulai menjadi youtuber sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah dibawah ini. Dengan begitu kamu sudah bisa memulai upload video kamu di youtube dan mendapatkan pengikut setia kamu.

1. Cara Membuat Channel Youtube

Untuk memulai menjadi youtuber kamu harus mendaftar terlebih dahulu pada halaman youtube studio. Disana kamu akan bisa mengatur channel youtube kamu nantinya.

Pada tahap ini pastikan kamu sudah memiliki email yang nantinya akan digunakan sebagai email akun youtube kamu. Jika belum ada, kamu bisa membuat akun email kamu terlebih dahulu. Ada banyak penyedia layanan email gratis seperti gmail, yahoo ataupun hotmail.

Setelah email siap, kamu bisa mengikuti langkah berikutnya untuk membuat channel youtube pribadi kamu.

  1. Buka halaman youtube di browser baik menggunakan smartphone maupun pc kamu.
  2. Kemudian login youtube dengan akun email yang ingin kamu gunakan sebagai akun youtube. Caranya tinggal klik pada bagian login yang berada di ujung kanan atas
  3. Kemudian klik pada bagian foto profil yang terletak pada bagian kanan atas, dan pilih menu youtube studio
  4. Buat channel dengan mengikuti instruksi
  5. Dengan begitu maka channel pribadi kamu sudah jadi.
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Membuat Channel Youtube Bisnis

Cara mendaftar channel youtube bisnis

  1. Buka halaman youtube dan pastikan kamu sudah login dengan email kamu
  2. Kemudian buka daftar channel bisnis
  3. Langkah selanjutnya yakni klik opsi buat channel baru yang ada
  4. Isi detail channel sesuai keinginan seperti nama channel, deskripsi dan lainnya
  5. Verifikasi akun dan selesai
  6. Dengan begitu channel bisnis kamu sudah siap untuk digunakan

Perbedaan dari channel bisnis dan channel pribadi yakni kamu bisa merubah nama channel youtube kamu dengan mudah apabila menggunakan email bisnis. Sedangkan nama channel pribadi akan mengikuti nama akun google kamu, jadi apabila kamu merubah nama channel akan merubah nama akun google kamu.

2. Cara Optimalisasi Channel Youtube

Setelah berhasil membuat channel youtube, langkah selanjutnya yakni mengoptimalkan channel kamu. Kamu bisa mengotak-atik channel youtube kamu pada halaman youtube studio. Ada berbagai hal yang bisa kamu atur misalnya seperti foto profil, banner channel, deskripsi channel dan lainnya.

Pastikan untuk mempersiapkan channel dengan baik terlebih dahulu sebelum memulai mengupload video. Dengan begitu channel kamu akan terlihat profesional dan mudah mendapatkan pelanggan.

Cara optimalisasi channel youtube yang bisa kamu lakukan yakni seperti

  1. Menentukan niche channel, agar lebih fokus dan memiliki ciri khas
  2. Mengatur kategori video, agar lebih terorganisir
  3. Membuat logo atau ciri khas pada channel kamu
  4. Merancang thumbnail video ciri khas kamu
  5. Mengamankan akun

3. Menguatkan Niat dan Tujuan

Sebelum lanjut lebih jauh tentunya penting untuk memastikan niat dan tujuan kamu terlebih dahulu. Jangan sampai berhenti ditengah jalan akibat niat dan tujuan yang tidak kuat.

Oleh karena itu pastikan niat kamu terlebih dahulu, dan tanamkan niat tersebut. Dengan begitu kamu bisa terus konsisten walaupun menghadapi berbagai rintangan kedepannya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Perbedaan Pedagang dan Pengusaha, Jangan Sampai Salah Paham Ya!!

Tujuan atau goals juga penting untuk kamu miliki sehingga muncul motivasi untuk meraihnya. Dengan begitu channel kamu bisa berkembang dengan lebih pesat dengan adanya tujuan atau goals yang ingin dicapai. Terlebih jika kamu membuat channel youtube sebagai sumber penghasilan utama kamu, tentu penting untuk menetapkan goals.

4. Memulai Membuat Video Sesuai dengan Niche Channel

Langkah selanjutnya yakni membuat video, pada tahap ini kamu bisa melakukannya dengan modal yang kamu miliki terlebih dahulu. Nantinya setelah channel berkembang kamu bisa menambah modal agar video yang kamu buat lebih berkualitas.

Manfaatkan modal yang kamu miliki, jangan berpikir bahwa semuanya harus dimulai dengan modal yang besar. Pemikiran seperti itu kadang kala sering muncul dalam memulai suatu bisnis. Pada kenyataannya tidak semua bisnis dengan modal besar dapat berhasil, dan tidak sedikit bisnis dengan modal seadanya bisa berhasil.

Pada intinya memanfaatkan apa yang kamu miliki adalah kuncinya. Tidak ada orang sukses yang membuat sesuatu yang sempurna ketika memulainya. Semuanya perlu proses dan mereka juga memulainya dari berbagai kekurangan.

5. Konsisten Dalam Membuat Konten

Tips dalam memulai menjadi youtuber bagi pemula yakni konsisten. Walaupun pada awal mungkin akan terasa melelahkan terlebih ketika penonton yang masih kecil. Namun dengan membangun konsistensi dari awal kamu bisa membuat channel kamu berkembang dengan baik.

Pastikan untuk membuat video dan menguploadnya secara konsisten. Kemudian konsisten dalam membuat konsep sehingga channel kamu memiliki ciri khas.

Konsisten dalam hal promosi juga penting, terlebih ketika channel youtube kamu masih baru. Dengan melakukan promosi yang konsisten kamu bisa meningkatkan dan mengembangkan youtube kamu dengan lebih baik.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Mencari Uang Melalui Situs Freelance

6. Lakukan Analisis

Langkah terkahir yang juga penting untuk kamu lakukan dalam mengembangkan channel yakni analisis. Penting untuk melakukan analisis pada channel youtube kamu. Dengan begitu kamu bisa mengetahui berbagai hal yang berguna untuk mengembangkan channel dengan lebih baik.

Tools untuk menganalisis channel youtube juga sudah diberikan secara gratis di laman youtube studio kamu. Sehingga kamu bisa dengan mudah menganalisis channel kamu secara akurat.

Langkah ini biasanya bisa kamu lakukan setelah rutin mengupload video setidaknya selama satu bulan. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan data yang lengkap tentang channel kamu. Seperti waktu tonton, gender, negara, jam aktif dan lain sebagainya.

Cara Menjadi Youtuber Pemula

Itulah beberapa langkah atau tips dan kiat yang bisa kamu lakukan sebagai youtuber pemula. Dengan begitu kamu bisa memulai menjadi youtuber terkenal dan sukses ketika sudah menempuh semua proses yang diperlukan.

Bagaimanapun kesuksesan tergantung bagaimana cara kamu meraihnya. Tidak ada kesuksesan yang diraih secara instant, semua perlu proses dalam menggapainya. Nikmatilah semua proses dalam menggapai kesuksesan, karena dengan begitu kamu akan bisa terus melangkah dan mencapai titik yang kamu inginkan.

Picture by Szabo Viktor on Unsplash

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: