Contoh Kerangka Proposal Usaha Untuk Bisnis Makanan dan Minuman

Contoh Kerangka Proposal Usaha – Dalam merancang suatu bisnis kita perlu merancang proposal usaha. Dengan begitu kita bisa mengetahui kebutuhan seperti, cara produksi, modal yang diperlukan dan lain sebagainya. Sehingga kita bisa merealisasikan usaha dengan lebih baik dan terencana.

Selain itu dengan adanya proposal usaha, kita juga bisa mencari tambahan pendanaan dari investor. Proposal usaha akan sangat membantu menggambarkan usaha kita secara mendetail, sebagai bahan pertimbangan investor. Semakin matang proposal usaha yang kita rancang akan sangat menentukan pertimbangan investor.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui kerangka proposal usaha yang baik. Sehingga kita bisa merancang proposal sesuai dengan ketentuan yang ada.

Berikut contoh kerangka proposal usaha untuk bisnis makanan dan minuman yang bisa menjadi referensi untuk kamu yang tengah membangun bisnis kamu.

Kerangka Proposal Usaha

Umumnya kerangka dalam membuat proposal usaha baik itu makanan, minuman, maupun proposal usaha lainnya yakni sebagai berikut.

  1. LATAR BELAKANG
  2. TUJUAN
  3. PROFIL PERUSAHAAN
  4. ANALISIS SWOT
  5. RENCANA USAHA
  6. ANALISIS PASAR
  7. ESTIMASI ANGGARAN
  8. PENUTUP

Itulah inti dari proposal usaha yang harus kamu penuhi. Dengan kerangka demikian kamu bisa membuat proposal usaha kamu menjadi lebih berbobot. Sehingga kemungkinan usaha kamu mendapatkan pendanaan akan semakin besar.

Contoh Proposal Usaha Untuk Bisnis Makanan

Ayam Geprek Maknyus

LATAR BELAKANG – Contoh Proposal Usaha

(Pada bagian ini tuliskan alasan kalian mengapa ingin membuka bisnis ayam geprek ini. Tulis dalam bentuk uraian singkat padat dan jelas, usahakan tidak lebih dari satu halaman)

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Tips Membuat Proposal Usaha, Biar Makin Profesional

Bisnis makanan adalah bisnis yang populer, karena pangan sendiri merupakan kebutuhan utama manusia. Ada berbagai jenis bisnis makanan yang kini bisa kita temui, salah satunya yakni ayam geprek. Menu makanan ini merupakan variasi menu dari ayam tepung dengan tambahan sambal khas.

Menu ayam geprek belakangan ini menjadi menu populer di masyarakat. Salah satu alasannya yakni karena konsepnya yang unik dan rasanya yang bersahabat dengan lidah masyarakat Indonesia. Rasa gurih dari ayam tepung dengan pedasnya sambal khas, membuat selera makan menjadi meningkat.

Itulah alasan utama mengapa kami ingin membangun bisnis ayam geprek ini. Dengan menghadirkan cita rasa khas dari bumbu sambal yang kami miliki akan memberikan nuansa baru kepada masyarakat.

TUJUAN – Contoh Proposal Usaha

(Pada bagian ini tuliskan beberapa tujuan utama dari bisnis Ayam Geprek Makyus)

Adapun tujuan dari didirikannya usaha ini adalah untuk :

  1. Membuka lapangan usaha baru
  2. Membuat inovasi dalam bisnis ayam geprek
  3. dan lain-lain

PROFIL PERUSAHAAN

(Pada bagian ini tuliskan profil singkat perusahaan atau team kamu)

  • Nama perusahaan
  • Jenis Perusahaan
  • Alamat
  • Manajer Umum, Pemasaran, Keuangan dan Pelaksanaan

ANALISIS SWOT

(Pada bagian ini berikan penjelasan mengenai Strenght, Weakness, Opportunities, dan Threats dari bisnis yang ingin kamu jalankan)

STRENGHT (Kekuatan)

  • Inovasi ayam geprek terbaru
  • dll

WEAKNESS (Kelemahan)

  • Modal yang cukup besar
  • dll

OPPORTUNITIES (Peluang)

  • Ketertarikan masyarakat dengan ayam geprek tinggi
  • dll

THREATS (Ancaman)

  • Banyaknya pesaing bisnis
  • dll

RANCANGAN USAHA

(Pada bagian ini jelaskan secara lebih detail gambaran dari usaha yang ingin kamu jalankan, umumnya terdiri dari beberapa hal berikut)

  • Branding Usaha
  • Tempat Usaha
  • Waktu Operasional
  • Anggaran

ANALISIS PASAR

(Pada bagian ini berikan penjelasan detail mengenai analisis pasar yang meliputi beberapa hal sebagai berikut)

  • Target Pasar
  • Metode Pemasaran
  • Strategi Pemasaran
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  List Drama Korea Tentang Bisnis dan Keuangan Wajib Tonton

ESTIMASI ANGGARAN

(Pada bagian ini jelaskan dengan rinci estimasi biaya yang diperlukan untuk menjalankan bisnis. Selain itu tuliskan juga target yang ingin dicapai dan estimasi keuntungan yang didapat)

PENUTUP

(Pada bagian ini berikan uraian mengenai kesimpulan dari rancangan bisnis yang telah kamu jelaskan diatas)

Contoh Proposal Usaha Untuk Bisnis Minuman

Untuk usaha bisnis minuman sendiri, kerangka proposal yang perlu kamu buat tidak jauh berbeda seperti yang dijelaskan diatas.

Intinya berikan uraian yang jelas, padat dan singkat terhadap model usaha atau bisnis yang ingin kamu jalankan. Sehingga orang lain bisa memahami bisnis kamu dengan baik tanpa banyak pertanyaan.

Sehingga ketika mencari pendanaan, proposal memiliki peluang yang besar untuk diterima oleh lembaga pendanaan. Baik swasta maupun lembaga pendanaan pemerintah. Pasalnya ada banyak program pemerintah dalam membantu masyarakat khususnya mahasiswa dalam membangun bisnis.

Picure by Gabrielle Henderson on Unsplash

No Responses

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: