Maksud Dari Jangan Dengarkan Kata Orang, Teruslah Melangkah Maju

Dalam proses kamu mencapai tujuan kita, tentu akan banyak rintangan yang kita hadapi. Salah satu rintangan terbesar adalah pandangan orang lain. Pasti kamu sering mendengar nasehat seperti jangan dengarkan kata orang, teruslah fokus dengan tujuan kamu.

Apakah kamu paham makna dari nasehat tersebut? Apakah ketika kita ingin mencapai tujuan kita, kita harus mengabaikan perkataan orang lain?

Masih banyak orang yang salah paham dengan nasehat tersebut. Akibatnya banyak dari kita yang memilih untuk mengabaikan nasehat tersebut, atau bahkan salah memahami nasehat itu. Itulah mengapa pada artikel kali ini kita akan membahas tuntas mengenai nasehat “jangan dengarkan perkataan orang lain”

Apasih Maksud Dari “Jangan Dengarkan Perkataan Orang Lain”

Jika kita mengartikan nasehat tersebut secara gamblang, maka artinya adalah mengabaikan perkataan orang. Tidak mendengarkan perkataan yang keluar dari mulut orang lain. Namun ketika mendapat nasehat seperti ini, ada baiknya untuk tidak mengartikannya secara sepintas.

Makna jangan mendengarkan perkataan orang tersebut berkaitan dengan sikap kita menanggapi omongan dari orang lain. Ketika kita berusaha melakukan sesuatu, tidak jarang kita akan mendapatkan respon dari orang lain. Respon tersebut bisa memiliki arti yang positif dan juga tidak jarang negatif.

Ketika kita mendapatkan respon positif, tentu akan memberikan dampak atau energi yang positif pula. Namun ketika respon yang kita dapat negatif maka kita cenderung akan terpengaruh energi negatif pula. Akhirnya kita menjadi tidak fokus dalam melakukan kegiatan kita.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Jitu Biar Selalu Semangat Dalam Bekerja

Omongan negatif atau respon negatif dari orang lain itulah yang sebaiknya tidak perlu kita dengarkan. Jadi bukan berarti ketika kita melakukan sesuatu, kita harus mengabaikan pendapat orang lain. Ada baiknya untuk mendengar pendapat atau respon orang lain, namun kita harus menyaringnya.

Ketika kita menemukan respon yang negatif yang sebenarnya tidak kita butuhkan, maka ada baiknya untuk mengesampingkan hal tersebut. Selain mengganggu fokus respon negatif tersebut tentunya berdampak buruk bagi diri kita.

Pentingnya Filter Dalam Diri

Karena tidak semua respon memiliki dampak yang negatif. Beberapa respon juga dapat membangun dan menambah semangat. Itulah mengapa kita memerlukan filter dalam diri kita. Filter tersebut berguna untuk menyaring apa yang baik untuk kita ambil, dan apa yang tidak harus kita ambil.

Filter setiap orang tentunya berbeda-beda. Baik untuk A belum tentu baik untuk B, begitupula sebaliknya. Jadi ketika menyaring sesuatu kita perlu menyesuaikannya dengan diri kita. Bagaimanapun yang paling mengenal diri ini adalah kita sendiri.

Kamu Tidak Harus Membuat Semua Orang Senang

Ketika menyaring respon dari orang lain, ada baiknya untuk menguatkan mental kamu. Jangan masukan kehati perkataan yang menyakitkan kamu. Tidak ada kewajiban menyenangkan setiap orang, oleh karena itu kamu tidak harus membuat semua orang senang dengan kamu.

Selama kita berbuat sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku, maka kita sudah berada dijalan yang benar. Tidak ada kewajiban bagi kita untuk membuat setiap orang bahagia, dan senang dengan kita. Karena pada dasarnya akan selalu ada orang yang tidak suka dengan apa yang kita kerjakan, walaupun itu benar.

Fokus Pada Tujuan Kamu, Bukan Pandangan Orang Lain

Maksud dari jangan dengarkan perkataan orang lain juga berarti kamu harus fokus. Banyak orang yang gagal dalam hal ini. Ketika mereka ingin mencapai sesuatu, pandangan atau respon dari orang lain membuat mereka menjadi goyah.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Aplikasi Pantau Latihan 10000 Jam Untuk Jadi Ahli

Akibatnya mereka lupa dengan tujuan mereka dan malah memperdulikan pandangan orang lain. Sebagai contoh ketika kamu mencoba untuk mulai usaha. Kemudian ada orang lain yang memberikan pandangan mereka mengenai usaha kamu. Mereka memberikan pandangan bahwa usaha kamu akan gagal dan tidak berhasil, atau kamu tidak mampu melakukannya.

Bagaimanapun semua keputusan ada ditangan kamu. Tetap fokus pada tujuan adalah hal yang benar, karena tidak ada yang tahu mengenai keberhasilan seseorang. Setidaknya kamu tahu ketika gagal, dan mencoba memperbaiki kegagalan.

Picture by Joshua Rodriguez on Unsplash

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: