people woman relaxation office

Kiat Mencapai 1000 Subscriber di Youtube Channel Kamu

Kiat Mencapai 1000 Subsciber – Mendapatkan uang melalui industri kreatif kini kian hari makin banyak mendapatkan sorotan. Sebut saja platform berbagi video terbesar saat ini yaitu Youtube. Melalui platform ini kita bisa membagikan video keseluruh penjuru dunia dengan mudah dan bahkan mendapatkan uang dari sana.

Tidak sedikit para youtuber yang berhasil dan mendapatkan uang dari karya-karya yang mereka terbitkan pada platform tersebut. Youtuber sendiri merupakan sebutan bagi para kreator yang membuat video di platform youtube, baik itu untuk mendapatkan uang ataupun hanya sebagai hobi.

Saya sendiri akhir bulan kemaren tepatnya 31 Oktober 2021, baru saja mendapatkan 1000 subscriber pertama saya. Dengan begitu persyaratan untuk pengajuan monetisasi pada channel saya sudah bisa saya lakukan. Dengan begitu saya bisa mendapatkan uang melalui iklan yang tampil pada saat orang lain menonton video saya.

Buat kamu yang sedang membangun channel youtube kamu berikut beberapa kiat dari saya untuk mendapatkan 1000 subscriber.

Persyaratan Monetisasi Youtube

Buat kamu yang ingin memulai untuk menjadi youtuber dan mendapatkan uang dari sana, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian. Salah satunya yakni mengenai persyaratan youtube bagi para youtuber yang ingin melakukan monetisasi pada channel mereka.

Agar channel kita bisa menghasilkan uang dari video yang kita upload, channel tersebut harus memenuhi persyaratan monetisasi. Beberapa persyaratan monetisasi channel youtube sampai saat artikel ini dibuat yaitu sebagai berikut.

1. Jumlah Subscriber = 1000

Sebelum bisa mendapatkan iklan, channel youtube kamu harus sudah memiliki 1000 subscriber. Jumlah subscriber tersebut terhitung dari 12 bulan kebelakang. Untuk memantau jumlah subsciber tersebut kamu bisa langsung melihatnya pada tab monetisasi di Youtube Studio channel kamu.

2. Jam Penayangan = 4000 jam

Syarat berikutnya untuk mendapatkan monetisasi youtube adalah waktu tonton channel kamu minimal 4000 jam. Waktu tonton tersebut juga dihitung selama 12 bulan kebelakang.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Membuat Channel Youtube Bisnis

Jam tayang tersebut maksudnya, akumulasi dari berapa lama penonton menonton video-video yang ada di channel kamu. Namun video yang termasuk perhitungan hanyalah video berdurasi lebih dari 1 menit, karena video kurang dari 1 menit akan termasuk sebagai youtube short.

3. Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah

Syarat berikutnya yaitu pastikan akun gmail kamu sudah mengaktifkan sistem keamanan berlapis yakni verifikasi dua langkah. Hal ini bisa dengan mudah kamu penuhi yakni dengan membuka menu pengaturan pada akun google kamu, kemudian pada bagian keamanan aktifkan verifikasi dua langkah.

4. 0 Teguran Pedoman Komunitas

Kemudian syarat terakhir yakni channel youtube kamu tidak boleh mendapatkan teguran komunitas pada saat pengajuan. Artinya jika channel kamu mendapatkan teguran, kamu harus menyelesaikan permasalahan itu terlebih dahulu sebelum mengajukan. Oleh karena itu pastikan untuk tidak melanggar pedoman komunitas youtube, kamu bisa mencarinya di google dengan mudah.

Cara Monetisasi Channel Youtube

Jika semua persyaratan telah terpenuhi, kamu bisa mengajukan permintaan monetisasi pada channel kamu. Dengan begitu kamu bisa menjadi partner youtube, dimana kamu bisa mendapatkan uang melalui iklan yang ditampilkan pada video yang kamu upload.

Untuk mengajukan permintaan monetisasi youtube juga sangat mudah, yang pasti syarat utama harus kamu penuhi. Berikut cara mengajukan permintaan monetisasi youtube.

1. Langkah 1 : Pratinjau Persyaratan Program Partner

Ketika semua persyaratan diatas telah terpenuhi, maka akan ada tombol daftar pada tab monetisasi di Youtube Studio kamu. Kemudian langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu menekan tombol mulai pada langkah pertama. Pada tahap ini youtube hanya memastikan ulang bahwa channel telah memenuhi syarat untuk monetisasi.

2. Langkah 2 : Mendaftarkan Dengan Akun Adsense

Langkah selanjutnya yaitu mendaftarkan atau mengaitkan channel kamu dengan akun adsense guna menerima pembayaran. Nantinya pada tahap ini kamu disuruh memilih untuk mendaftarkan atau mengaitkan akun. Jika kamu sudah memiliki akun adsense sebelumnya, maka pilih opsi “sudah mempunyai akun”. Dengan begitu youtube kamu akan dikaitkan dengan akun adsense yang sudah kamu punya.

Jika belum punya, maka pilih opsi “belum punya akun” nantinya kamu akan diarahkan untuk mendaftarkan akun google kamu dulu dengan adsense. Ikuti tahapan-tahapan yang ada hingga akun adsense kamu sudah berhasil kamu buat. Nantinya akun tersebut akan menjadi akun untuk menerima pembayaran dari channel youtube kamu.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  3 Hal yang Membuat Kita Miskin di Hari Tua

Biasanya pada tahapan ini akan memakan sedikit waktu, dari pengalaman saya kemarin yakni kurang dari 24 jam. Jika proses selesai maka kamu bisa lanjut untuk ketahapan terakhir.

3. Langkah 3 : Peninjauan Channel

Setelah berhasil melalui beberapa tahapan sebelumnya, maka kamu sampai pada tahapan terakhir. Pada tahapan ini channel youtube kamu akan ditinjau oleh pihak youtube terlebih dahulu untuk dipertimbangkan. Jika channel kamu lolos peninjauan maka otomatis kamu akan bisa membuka pengaturan monetisasi pada channel youtube kamu.

Tahapan ketiga ini biasanya memakan waktu sekitar 3 x 24 jam atau mungkin bisa lebih lama. Nantinya jika channel kamu lolos, kamu akan mendapatkan email pemberitahuan.

Kiat Mendapatkan 1000 Subscriber Youtube

Beberapa kiat yang bisa saya bagikan untuk mendapatkan 1000 subscriber youtube berikut saya harap bisa membantu teman-teman. Terutama teman-teman yang masih membangun channel youtubenya, saya harap kiat berikut bisa menjadi solusi buat semuanya.

1. Buatlah Konten yang Bertahan Lama

Salah satu kiat yang saya tanamkan dalam membangun channel youtube saya yaitu dalam hal topik konten. Saya tidak mengincar konten yang viral atau booming sementara saja, melainkan saya mengincar konten-konten yang bisa bertahan lama.

Maksudnya konten tersebut akan selalu diperlukan dan tidak mudah tenggelam dimakan waktu. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan penonton secara stabil, terlebih jika konten kamu sudah lumayan banyak. Contoh konten-konten yang bisa bertahan lama yaitu konten tutorial, informasi, tips dan trik.

2. Buatlah Konten Sebanyak-banyaknya

Mungkin pendapat ini akan berbeda-beda bagi setiap youtuber. Namun yang saya lakukan dalam membangun channel youtube adalah dengan mengejar kuantitas. Artinya saya mencoba membuat video sebanyak mungkin walaupun dengan kualitas yang biasa saja.

Karena jika mengejar kualitas terlebih dahulu saya jujur merasa kesulitan, terlebih untuk bisa terus konsisten dalam membuat video. Karena tentu saja video yang berkualitas memerlukan lebih banyak effort atau usaha yang harus kita keluarkan. Terlebih video berkualitas tidak menjamin video tersebut akan mendapatkan banyak penonton, oleh karena itu saya lebih mengincar kuantitas.

Dari sekian banyak video yang saya buat setiap harinya, saya berpikir pasti akan ada satu atau dua video yang mendapatkan banyak penonton. Hal tersebut terbukti selama saya membangun channel youtube tersebut.

3. Usahakan Untuk Berkomunikasi dengan Penonton

Salah satu hal penting dalam menjadi youtuber adalah bagaimana cara kita berkomunikasi dengan penonton. Ketika kita berhasil mendapatkan hati penonton, maka akan semakin besar peluang kita untuk membangun komunitas yang baik.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Jitu Biar Selalu Semangat Dalam Bekerja

Kita bisa mencoba untuk membuat video sesuai permintaan penonton, membalas komentar-komentar yang ada, ataupun berkomunikasi melalui video.

4. Konsisten, Mulai Dari Apa yang Kita Punya

Hal terpenting lainnya yang juga saya pelajari selama membangun channel youtube saya yakni bagaimana cara agar kita selalu konsisten. Karena selama kita konsisten membuat video akan terasa lebih mudah. Dengan konsisten upload kita juga bisa mendapatkan kesempatan yang lebih besar dalam menjangkau penonton.

Selain itu dalam memulai sesuatu, mulailah dari apa yang kita punya. Jangan merasa bahwa kita tidak punya apa-apa, alhasil kita tidak akan pernah memulai. Orang sukses selalu memulai dari apa yang mereka punya bukan malah mengeluh karena tidak punya apa-apa.

5. Buatlah Channel yang Rapi

Mungkin ini merupakan pendapat pribadi saya, namun channel yang rapi menurut saya akan lebih nyaman untuk kita lihat. Dengan begitu para penonton akan lebih mudah menemukan video-video yang mereka inginkan pada channel kamu.

Oleh karena itu cobalah untuk merapikan channel kamu, misalnya pada bagian foto profil, banner, playlist, beranda, tentang dan lainnya.


Itulah beberapa kiat yang mungkin bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Tentunya ada banyak cara lain yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan 1000 subcriber, bahkan dengan sangat cepat sekalipun. Semua tergantung dengan bagaimana kita untuk mengelola channel kita untuk kedepannya. Karena bagaimanapun penghasilan bukan berasal dari banyaknya jumlah subscriber, melainkan dari banyaknya penayangan atau penonton yang melihat iklan pada video-video kamu.

Buat kamu yang penasaran dengan channel youtube saya, kamu bisa langsung klik disini

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: