Kiat Menjadi Penulis Sukses, Usaha Tanpa Modal yang Menjanjikan

Tips atau kiat menjadi penulis sukses pastinya ada banyak versi. Hal tersebut karena menjadi seorang penulis merupakan salah satu usaha yang menjanjikan. Menjadi penulis hanya memerlukan modal keahlian dan laptop dengan koneksi internet saja, yang artinya tanpa modal yang besar.

Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi seorang penulis sukses. Ada banyak penulis sukses yang berawal dari mencoba-coba, dan ternyata menulis merupakan bakat dan pashion mereka. Itulah mengapa tidak ada salahnya untuk mencoba terjun dan mempelajari dunia content writer.

Tahukah kamu berapa besar penghasilan seorang penulis? Penulis sukses bahkan mampu meraup untung puluhan juta tiap bulannya dari hasil tulisan mereka. Tertarik bukan? Berikut ini beberapa tips atau kiat menjadi penulis sukses.

Apa Itu Content Writer?

Penulis atau sebutan kerennya yakni Content Writer adalah seorang yang menggeluti bidang menulis seperti artikel, berita, informasi, jurnal dan lainnya. Seorang penulis harus memiliki keterampilan dalam membuat tulisan yang menarik minat pembaca.

Kemudian seorang penulis juga harus memperhatikan hal-hal teknis dan non teknis berkaitan dengan penulisan konten tersebut.

Apa Saja Kemampuan Wajib Seorang Penulis?

Seorang penulis harus memiliki kemampuan atau skill dalam bidang menulis. Sehingga ketika terjun dalam dunia ini mereka bisa bersaing dan bertahan dengan baik. Pasalnya ada banyak penulis baru yang tidak bisa bertahan ketika karena kurangnya perhatian mengenai pentingnya skill.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Tips Menghasilkan Uang Tambahan Ditengah Kerjaan Full Time Kamu

Ada beberapa skill yang harus kamu miliki dan latih ketika terjun dalam dunia ini. Beberapa skill tersebut pastinya akan membantu kamu dalam menulis berbagai konten.

1. Skill Editorial

Seorang penulis harus memiliki kemampuan editorial yang baik. Sebuah konten yang menarik tentunya harus melewati tahapan editorial yang baik pula. Dengan begitu konten menjadi jauh lebih berkualitas dan menarik minat pembaca. Secara tidak langsung tentunya tulisan tersebut dapat meningkatkan traffic pendapatan.

2. Skill Dalam Bidang SEO

Beberapa penulis sering mengabaikan hal ini dalam menulis konten. Padahal ketika menulis konten untuk sebuah website, aturan SEO penting untuk diperhatikan. SEO (Search Engine Optimization) merupakan cara guna membuat tulisan menjadi daya tarik bagi search enggine seperti google. Dengan memperhatikan aturan ini maka tulisan yang kamu buat bisa menempati posisi utama di pencarian google. Dengan begitu traffic akan mudah kamu dapatkan.

3. Tata Bahasa

Menjadi seorang penulis penting untuk memiliki kemampuan tata bahasa yang baik. Tulisan yang baik tentunya memiliki tata bahasa yang baik. Setiap topik tulisan tentunya memiliki tata bahasa masing-masing. Itulah mengapa kamu harus bisa memiliki skill ini.

4. Memiliki Kemampuan Melihat Trend

Dalam menulis penting untuk mengikuti trend. Dengan kemampuan seperti ini tentunya penulis bisa mendaptkan lebih banyak pembaca. Dengan adanya kemampuan melihat trend dan beberapa kemampuan sebelumnya kamu bisa membuat tulisan kamu lebih berkualitas dan dapat bersaing degan tulisan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Penulis

Bagaimanapun menulis merupakan sebuah profesi yang juga memiliki kekurangan dan kelebihannya. Sama halnya dengan profesi-profesi lainnya. Penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan menjadi seorang penulis sebelum kamu terjun. Dengan begitu kamu bisa mempersiapkan diri terlebih dahulu agar ketika sudah terjun nantinya kamu bisa lebih enjoy.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Menjadi Youtuber Pemula yang Sukses dan Terkenal

Kelebihan Menjadi Penulis

  • Waktu kerja yang lebih fleksibel
  • Salah satu cara memiliki passive income
  • Profesi dengan penghasilan yang menjanjikan
  • Bisa sebagai profesi sampingan
  • Menambah wawasan dalam berbagai bidang

Kekurangan Menjadi Penulis

  • Memiliki pendapatan yang tidak menentu
  • Tidak adanya asuransi pekerjaan
  • Bekerja sesuai deadline
  • Rentan terkena penipuan

Tips Menjadi Penulis Sukses

Setelah mengenal dunia Content Writer lebih jauh, mungkin kamu sudah bisa menentukan pilihan kamu. Sebagai seorang pemula, penting untuk memperhatikan beberapa hal berikut. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah untuk terjun dalam dunia menulis.

1. Memiliki Skill Menulis

Pastikan untuk memiliki skill dalam menulis sebelum terjun. Dengan begitu ketika kamu mengambil project, maka tidak akan terlalu membebani kamu. Kamu bisa melatih kemapuan ini dengan membuat website kamu sendiri dan menulis beberapa artikel. Dengan begitu kemampuan kamu dalam menulis akan terus terasah.

2. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Teknologi yang terus berkembang tentunya menuntut kita untuk terus beradaptasi. Begitupula dalam dunia Content Writer, penting untuk memiliki kemampuan yang baik dalam bidang ini. Misalnya seperti menggunakan laptop, pc, smartphone dan lainnya.

3. Mengikuti Perkembangan Trend

Banyak penulis yang menulis sesuka mereka, yang membuat traffic pengunjung selalu rendah. Ketika menulis penting untuk mengikuti perkembangan trend yang ada. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan traffic pengunjung yang lebih baik. Hal ini penting terutama jika kamu menulis untuk website kamu sendiri.

4. Hindari Melakukan Plagiat

Hal fatal yang seringkali dilakukan pemula yakni copy paste. Tindakan seperti ini merupakan hal yang sangat menyalahi dalam bidang content writter. Oleh karena itu penting untuk menulis konten yang original bukan dengan copy paste tulisan orang lain.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Menjadi Dropshipper Sukses, Bisnis Tanpa Modal

Picture by Nick Morrison on Unsplash

No Responses

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: