black dslr camera on beige wooden surface

Kriteria Video yang Boleh Untuk Kita Upload di Youtube

Sebelum memulai untuk membangun channel youtube dan menjadi youtuber, ada baiknya untuk memperhatikan mengenai pedoman komunitas youtube.

Dalam pedoman komunitas terdapat beberapa hal yang dilarang oleh Youtube kepada para pengguna atau creator. Apabila kita tidak mematuhinya, maka youtube dapat menindaklanjutinya misalnya dengan penutupan akun dan sebagainya.

Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana kriteria video yang baik untuk youtube. Tentunya agar video tersebut tidak melanggar pedoman komunitas youtube, yang tentunya dapat membahayakan channel kita. Berikut beberapa kriteria video yang boleh untuk kita upload di youtube.

Kriteria Video yang Aman Untuk di Upload ke Youtube

Dalam pedoman komunitas youtube, terdapat tiga hal penting yang perlu diperhatikan. Pertama yakni terkait dengan video itu sendiri, kemudian isi video, dan juga music background pada video. Ketiga hal tersebut perlu kita perhatikan agar sesuai dengan pedoman komunitas youtube.

1. Video

Youtube memiliki regulasi yang ketat dalam menjaga ketertiban komunitas mereka. Setiap video yang di upload ke Youtube akan melalui proses pemeriksaan yang tentunya menggunakan teknologi mutakhir mereka. Pemeriksaan tersebut berguna untuk menguji originalitas video dan hak cipta video.

Youtube sangat ketat terkait dengan hak cipta atau copyright. Apabila kita mengupload konten atau video yang di dalamnya terdapat konten berhak cipta, secara otomatis video tersebut akan terdeteksi.

Ketika kamu menjadi partener youtube, video yang memiliki pelanggaran hak cipta tidak dapat kita uangkan. Karena penghasilan dari video tersebut akan masuk kepada pemilik hak cipta. Terlebih lagi jika pemiliki hak cipta ingin mengambil tindakan penghapusan video, maka video kamu dapat dengan mudah untuk di takedown.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Bisnis Affiliate Marketing, Cara Dapat Uang Tanpa Modal!!

Oleh karena itu pastikan untuk membuat video atau konten yang original, dengan memperhatikan permasalahan terkait hak cipta. Dengan begitu kita akan lebih hati-hati apabila ingin mengambil potongan video atau sumber luar untuk kita masukkan dalam video kita.

2. Isi Video

Hal berikutnya yang perlu menjadi perhatian adalah isi video topik video. Video yang berisikan unsur kekerasan, konten dewasa, SARA, dan beberapa kategori lainnya tidak bisa kita upload ke youtube.

Apabila video kita terdeteksi mengandung unsur yang tidak sesuai dengan pedoman komunitas, maka youtube dapat dengan mudah menghapus video tersebut. Terlebih lagi channel kamu tentunya akan mendapatkan peringatan, dan apabila terus berlanjut sangat mungkin terjadi penutupan akun.

Tindakan paling ringan yang mungkin kamu terima jika video mengandung usur larangan, yaitu tidak bisanya melakukan monetisasi. Hal tersebut tentunya berdampak pada penurunan pendapatan kamu yang berasal dari iklan adsense youtube.

3. Musik Latar atau Background Music

Bukan hanya unsur video yang perlu kita perhatikan, melainkan juga unsur musik dalam video tersebut. Jika video yang kita upload mengandung music yang memiliki hak cipta, maka video tersebut dapat mengalami pelanggaran. Dampak paling ringannya adalah video tersebut tidak bisa kita monetisasi, kemudian pihak youtube atau pemilik hak cipta dapat melakukan takedown pada video tersebut.

Dengan kecerdasan buatan atau AI youtube yang canggih, permasalahan terkait hak cipta tersebut dapat dengan mudah terdeteksi. Oleh karena itu penting adanya untuk menggunakan musik yang memang memiliki lisensi bebas untuk kita gunakan atau Creative Commons.


Itulah beberapa kriteria penting yang harus kamu perhatikan pada video kamu sebelum di upload ke youtube. Dengan begitu channel akan lebih aman dan terhindar dari hal-hal yang tentunya tidak kita harapkan seperti penutupan channel.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Ide Bisnis Terkait Sepeda yang Bisa Kamu Coba

Untuk lebih jelasnya terkait pedoman komunitas youtube, kamu bisa dengan mudah mengaksesnya melalui google. Dengan membaca dan memahami pedoman komunitas tentunya akan memberikan manfaat kepada kamu dalam membangun channel youtube.

Baca juga artikel menarik lainnya di Berbagi Coretanku

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: