Lakukan Ini Biar Akun Whatsapp Kamu Lebih Aman

Keamanan Akun Whatsapp – Whatsapp menjadi salah satu aplikasi messenger yang banyak digunakan di berbagai negara, salah satunya yakni Indonesia. Keberadaan whatsapp di masyarakat cukup kuat yang menjadikannya sebagai aplikasi messenger yang mendominasi masyarakat Indonesia.

Penggunaannya yang cukup populer membuat aplikasi ini rentan menjadi incaran oknum tidak bertanggung jawab. Banyak oknum yang berusaha untuk membobol akun whatsapp untuk berbagai keperluaan salah satunya yakni untuk melakukan penipuan.

Oknum tersebut meretas akun whatsapp dan mencoba menghubungi kenalan atau kerabat korban untuk meminta sejumlah uang dengan berbagai alasan. Tentunya hal tersebut sangat meresahkan kita sebagai pengguna whatsapp, terlebih keberadaan whatsapp sendiri sudah cukup kuat sebagai media komunikasi kita.

Oleh karena itu penting untuk melakukan memperhatikan keamanan akun whatsapp kita agar terhindar dari kejadian yang tidak kita inginkan. Berikut ini beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengamankan akun whatsapp agar tidak rentan mengalami peretasan.

Penyebab Berhasilnya Peretasan

Pelaku peretasan tentunya tidak mudah untuk melakukan aksi mereka, terlebih pada aplikasi-aplikasi dengan tingkat keamanan tinggi. Namun tidak jarang kita lalai dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk melancarkan aksi mereka. Ketika ada kesempatan maka mereka akan memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik untuk membuat aksi mereka dalam meretas akun whatsapp berhasil.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui apa saja penyebab sebuah peretasan berhasil. Dengan begitu kita bisa lebih mengantisipasi hal yang merugikan tersebut terjadi pada kita atau orang yang kita kenal.

1. Human Error

Penyebab yang paling besar kenapa kegiatan peretasan sukses yakni adanya human error atau kesalahan manusia itu sendiri. Semakin berkembangnya zaman, berbagai aspek juga ikut mengalami perkembangan seperti keamanan. Teknologi sekarang dan dahulu tentunya memiliki tingkat keamanan yang jauh berbeda, itulah mengapa tindakan peretasan bukan hal yang mudah, terlebih bagi mereka yang hanya memiliki ilmu standard.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Mendapatkan Uang Melalui Hp, Tanpa Modal dan Terbukti Menghasilkan

Kebanyakan aksi peretasan memerlukan campur tangan kita sendiri yang secara tidak sengaja memberikan jalan atau akses kepada pelaku peretasan untuk menjalankan aksi mereka. Sebagai contoh yakni peretasan melalui link, karena ketidaktahuan membuat kita mengunjungi link yang mereka berikan. Akibatnya kita secara tidak sengaja memberikan akses pada akun atau device kita yang membuat para peretas dapat melancarkan aksi mereka.

2. Penggunaan Program Ilegal

Penyebab lainnya dari berhasilnya aksi peretasan yakni karena penggunaan aplikasi atau program-program ilegal. Tidak jarang aplikasi-aplikasi yang kita download melalui tempat yang tidak resmi memiliki virus ataupun program berbahaya. Tanpa sepengetahuan kita virus atau program tersebut berjalan dan memberikan akses kepada para peretas untuk melancarkan kegiatan peretasan.

Oleh karena itu ada baiknya untuk menggunakan aplikasi-aplikasi yang resmi saja yang dapat kita download melalui tempat resminya seperti playstore, ataupun appstore.

3. Jarang Update Keamanan Pada Device

Pada umumnya setiap device sudah memiliki keamanan yang cukup baik untuk menangkal berbagai hal berbahaya seperti virus. Oleh karena itu untuk meningkatkan kinerja keamanan pada smartphone ataupun desktop kita, rajinlah untuk melakukan update jika tersedia. Dengan begitu tingkat keamanan pada device akan lebih kuat terlebih untuk menghadapi berbagai virus-virus baru yang selalu bermunculan.

Tips Agar Akun Whatsapp Bebas Dari Peretasan

1. Jangan Bagikan Kode OTP Pada Siapapun

Modus peretasan kode OTP seringkali terjadi dan pemicunya yakni karena Human Error atau kesalahan manusia itu sendiri. OTP atau singkatan dari (One Time Password) adalah kode yang akan kamu dapatkan ketika melakukan aktivitas login atau hal yang berkaitan dengan akses pada akun.

Misalnya ketika kamu mencoba login akun whatsapp pada smartphone baru. Ketika kamu login dengan nomor yang sama, nantinya kamu akan mendapatkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor yang terkait. Kode tersebut berguna untuk mengkonfirmasi bahwa yang melakukan akses login adalah benar pemilik akun.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Efektif Mendapatkan Uang Dari Internet

Banyak modus yang dilakukan oleh para peretas yang mencoba untuk meminta kode OTP whatsapp kamu. Mereka akan berusaha untuk memberikan berbagai alasan yang membuat kamu tertipu dan memberikan kode OTP tersebut. Pastikan untuk tidak memberikan kode tersebut kepada siapapun demi keamanan akun whatsapp atau akun kamu yang lainnya.

2. Aktifkan Fitur Verifikasi Dua Langkah

Jenis keamanan ini sudah banyak ada pada berbagai aplikasi salah satunya yakni whatsapp. Dengan fitur verifikasi dua langkah, akun akan semakin aman karena ketika peretas mencoba meretas akun whatsapp mereka perlu mendapatkan akses lebih sulit.

Pada aplikasi whatsapp kamu bisa menemukan fitur ini pada bagian titik tiga yang ada pojok kanan atas, lalu menuju menu setelan. Setelah itu pada menu Akun kamu akan menemui pengaturan Verifikasi Dua Langkah, pilih dan aktifkan. Kemudian masukkan 6 digit pin yang nantinya akan kamu gunakan untuk metode login whatsapp. Setelah itu isikan email aktif untuk tingkat keamanan lebih lanjut jika terjadi hal seperti lupa pin.

Dengan begitu ketika kamu mencoba login akun whatsapp pada perangkat baru, kamu harus memasukkan kode OTP dan PIN. Jika salah satu salah maka kamu tidak bisa masuk dan mengakses akun whatsapp, sehingga hal tersebut akan semakin menyulitkan bagi para peretas.

3. Jangan Asal Klik Link atau Tautan Mencurigakan

Dalam mendapatkan akses para peretas memiliki berbagai cara, salah satunya yakni dengan menanamkan backdoor pada device kita melalui link atau tautan. Ketika pengguna mengklik atau mengunjungi tautan tersebut secara otomatis kita akan memberikan jalan kepada para peretas melalui pintu belakang atau istilahnya yakni backdoor. Dengan akses melalui backdoor tersebut para peretas handal dapat mendapatkan berbagai informasi pada device kita dan melalukan aksi peretasan mereka.

Oleh karena itu ada baiknya untuk berhati-hati ketika menemukan tautan atau link-link mencurigakan yang biasa kita temui pada grub, pesan siaran, maupun sms.

4. Hindari Aplikasi Pihak Ketiga yang Mencurigakan

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa kita unduh dan install untuk memberikan beberapa fitur yang tidak ada pada whatsapp resmi. Sebagai contoh yakni fitur tema yang membuat kita bisa menggunakan tema yang lebih beragam pada whatsapp.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Penyebab Kegagalan Bisnis Online, Perlu Kamu Ketahui!

Tidak jarang aplikasi pihak ketiga tersebut memiliki niat terselubung yang merugikan para penggunanya. Oleh karena itu hindari penggunaan aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan untuk menghindari terjadinya hal yang tidak kita inginkan.

5. Aktifkan Fitur Kunci Pada Aplikasi Whatsapp

Seringkali kelalaian kita ketika menggunakan smartphone membuat akun whatsapp kita rentan di retas. Oknum tidak bertanggung jawab bisa siapa saja, oleh karena itu ada baiknya memberikan keamanan pada whatsapp kamu dengan fitur kunci aplikasi. Sehingga ketika ingin menggunakan whatsapp perlu memasukkan kunci keamanan dengan benar.

Hal seperti ini dapat menghindari terjadinya peretasan pada akun whatsapp, bisa saja kejadian seperti sevice hp membuat akun whatsapp kamu disalahgunakan. Atau ketika hp kamu dipinjam oleh teman atau kenalan kamu, bisa saja mereka membuka whatsapp kamu dan melakukan hal-hal tidak bertanggung jawab.

Kesimpulan

Pada intinya kegiatan peretasan dewasa ini cukup sulit untuk berhasil karena tingkat keamanan yang semakin tinggi. Namun kelalaian atau human error lah yang menjadi pemicu utama berhasilnya para pelaku peretasan melancarkan aksi mereka. Dengan mengetahui apa saja hal-hal yang boleh dan sebaiknya kita hindari tentu akan membuat kita lebih aman dari tindakan merugikan seperti peretasan.

Baca juga artikel menarik lainnya di Berbagi Coretanku

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: