6 Media Pemasaran Populer untuk Promosikan Bisnis Kamu

Media Pemasaran Populer – Dalam berbisnis, kegiatan pemasaran menjadi salah satu hal yang penting untuk kita perhatikan. Dengan pemasaran yang tepat dan optimal dapat membuat suatu bisnis dapat berjalan dan bertahan dalam sengitnya persaingan yang ada.

Salah satu strategi pemasaran yang umumnya dilakukan yakni kegiatan promosi. Dengan melakukan promosi suatu bisnis dapat menjangkau konsumen secara lebih agresif sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Media promosi atau media pemasaran sendiri sudah jauh berkembang seiring perubahan zaman. Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat perubahan yang sangat signifikan dalam berbagai hal, salah satunya dalam kegiatan pemasaran.

Seperti kita tahu media pemasaran yang sudah lama kita kenal seperti televisi, koran, majalah, sudah mulai tergeser dengan berbagai media yang ada.

Saat ini ada banyak media pemasaran atau promosi yang bisa kita gunakan sebagai seorang pebisnis untuk meningkatkan penjualan. Dengan strategi promosi yang tepat tentunya media-media promosi populer berikut dapat memberikan dampak yang sangat besar dalam suatu bisnis.

Media Pemasaran Populer

1. Media Sosial

Seperti kita tahu, perkembangan media sosial atau sosial media kian hari makin menjadi-jadi. Berbagai macam media sosial bermunculan dan berusaha mendapatkan posisi yang kuat di hati para pengguna internet.

Beberapa media sosial yang kita kenal yakni seperti Instagram, Twitter, Tiktok dan yang lainnya dengan keunggulan dan ciri khas masing-masing. Keberadaan media sosial yang populer tentunya menjadi perhatian bagi banyak pihak, salah satunya yakni pelaku bisnis.

Dengan banyaknya audiens atau pengguna dari suatu media sosial menjadi peluang bagi para pelaku usaha untuk melakukan promosi.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Mendapatkan Uang Dari Sosial Media

2. Email Marketing

Penggunaan elektronik mail atau surat elektronik sudah lumayan lama kita kenal, sehingga membuat keberadaan email sangat kuat di masyarakat. Umumnya setiap pengguna internet pasti mempunyai email pribadi untuk berbagai keperluan mereka.

Bagi beberapa pelaku usaha hal ini menjadi peluang untuk melakukan kegiatan promosi. Dengan fitur subscribe atau berlangganan para pelaku usaha dapat mengumpulkan data pelanggan berupa email. Dengan kumpulan data email pelanggan tersebut, mereka rutin melakukan pesan siaran melalui email yang berisi konten promosi.

Cara promosi seperti ini terbilang cukup efektif, karena calon pelanggan yang kita tuju sebagian besar merupakan calon pelanggan potensial. Ketika mereka memutuskan berlangganan pada toko atau website kita, umumnya mereka melakukan hal itu karena terdapat ketertarikan.

3. Afiliation Marketing

Media pemasaran populer berikutnya yakni Afiliation Marketing atau pemasaran afiliasi. Sistem promosi seperti kita terbilang cukup efektif terlebih ketika banyaknya para afiliator yang bergabung.

Bagi kamu yang belum paham bagaimana sistem dari pemasaran afiliasi, kamu bisa membacanya pada artikel berikut ini. Singkatnya kegiatan promosi kita lakukan dengan mengajak masyarakat untuk bergabung dengan program afiliasi yang kita laksanakan. Nantinya mereka yang bergabung akan mendapatkan kode khusus atau link khusus yang nantinya dapat dibagikan atau dipromosikan. Ketika ada yang melakukan pembelian produk melalui link milik kamu, secara otomatis kamu akan mendapatkan presentasi dari penjualan yang sudah sama-sama di sepakati.

Sehingga cara seperti ini bersifat simbiosis mutualisme, yang mana menguntungkan bagi pemilik bisnis dan juga menguntungkan bagi mereka yang bergabung mempromosikan produk kita.

4. Influencer Marketing

Pada dasarnya influencer marketing dan afiliate marketing tidak jauh berbeda. Bedanya influencer marketing menargetkan tokoh-tokoh publik yang memiliki cukup banyak pengikut misalnya pada media sosial. Sehingga impact promosi bisa lebih besar dengan ajakan dari seorang tokoh publik.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Beriklan Yang Baik, Menangkan Hati Pelanggan!

Sedangkan afiliate marketing lebih terbuka untuk umum yang mana siapa saja bisa bergabung walaupun memiliki sedikit pengikut. Karena tidak jarang dari para afiliator yang memiliki pemahaman dan pengalaman yang baik dalam kegiatan promosi.

5. Platform Ads Besar

Ada banyak platform ads atau pengiklanan besar yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan bisnis kita. Misalnya seperti Facebook Ads yang merupakan platform pengiklan milik perusahaan media sosial besar seperti Facebook, dan Instagram.

Selain itu juga ada Google Ads yang juga milik perusahaan raksasa dunia yakni Google yang tentunya tidak perlu kita ragukan lagi media promosinya. Sebut saja seperti Google Adsense yang menjadi media program iklan oleh google dan para kreator di dunia dalam platform website atau video.

6. SEO

Search Engine Optimization atau lebih akrab dengan sebutan SEO juga menjadi media promosi populer yang banyak menjadi pilihan. Seperti kita ketahui ketika kita berselancar di internet dan mencari suatu topik tertentu, pasti ada beberapa website yang selalu berada di halaman awal pencarian.

Itulah salah satu sistem SEO yang mana berfokus untuk membuat suatu konten dapat berada pada halaman awal pencarian. Metode promosi seperti ini biasanya kita lakukan pada website atau toko online yang kita miliki. Dengan memperhatikan SEO kita bisa membuat produk atau website kita berada pada halaman awal pencarian.

Kesimpulan

Itulah beberapa media pemasaran atau media promosi populer yang bisa kamu pilih untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu. Tentunya masih ada banyak lagi media promosi yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan sesuatu misalnya melalui messenger, konten kreator, seminar, event dan lain sebagainya. Pada intinya memilih media promosi yang tepat dengan bisnis kamu adalah hal terpenting, sehingga kegiatan promosi bisa lebih efektif.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Pengertian Harga Pasar Dalam Ilmu Ekonomi

Picture by Merakist on Unsplash

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: