man people creative laptop

Salam kenal, Semoga teman-teman semua suka dengan artikel mengenai investasi dan dunia finance yang saya tulis, serta selalu mendukung website ini agar terus maju dan berkembang.

Modal Untuk Menjadi Youtuber – Youtuber kini menjadi sebuah profesi yang kini banyak menjadi perhatian masyarakat. Hal tersebut tidak luput karena banyaknya cerita sukses para youtuber yang mampu memenuhi kebutuhannya melalui platform bernama youtube tersebut.

Berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa mulai mencoba untuk menggeluti bidang ini. Hal tersebut tentunya merupakan langkah yang baik, terlebih banyak orang yang menjadikan youtube sebagai ladang passive income mereka.

Bagi kamu yang juga tertarik dengan profesi satu ini, tentunya ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Namun jangan berpikir bahwa untuk menjadi youtuber kita harus memiliki modal besar. Karena bagaimanapun semuanya bisa kita mulai dari apa yang kita punya. Berikut modal yang kamu perlukan untuk menjadi seorang youtuber dengan penghasilan jutaan.

Modal Untuk Menjadi Youtuber

1. Perangkat Desktop ataupun Smartphone

Untuk menjadi seorang youtuber kamu harus memiliki device atau perangkat digital seperti komputer ataupun smartphone. Karena perangkat tersebut berguna untuk proses pembuatan video yang nantinya akan kamu publikasikan di channel youtube kamu.

Setidaknya kamu memiliki smartphone standard untuk menjadi seorang youtuber. Selanjutnya adalah bagaimana cara kamu mempergunakan smartphone tersebut agar bisa membuat konten yang bisa dinikmati orang banyak. Ada banyak konten sederhana namun menarik yang bisa kamu ciptakan hanya dengan smartphone. Terlebih seperti kita tahu kemampuan smartphone dalam hal pengambilan gambar, hingga proses editing sudah cukup canggih. Sehingga kita bisa melakukan semua proses dari perekaman hingga penguploadan hanya melalui smartphone.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Menjadi Dropshipper Sukses, Bisnis Tanpa Modal

2. Internet

Sebagaimana kita tahu, untuk proses upload kita harus menyediakan kouta internet. Oleh karena itu kamu perlu menyediakan kouta internet sebagai modal untuk menjadi youtuber. Jika kamu merasa mampu untuk memasang wifi, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan wifi untuk keperluaan youtube kamu.

Namun jika kamu terbatas dengan dana, maka solusinya yaitu dengan mencari kouta data yang murah. Salah satu pilihan yang bisa aku rekomendasikan untuk ini yaitu kouta internet byU. Provider satu ini memiliki pilihan paket unlimited yang menjanjikan yang bisa membantu kamu dalam hal uploading video kamu, tentunya dengan harga yang juga bersahabat. Untuk kamu yang tertarik dengan provider byU ini, kamu bisa membaca review aku selama penggunaan provider milik Telkomsel satu ini disini.

3. Ide Konten

Modal berikutnya yang kamu perlukan untuk menjadi youtuber adalah ide konten. Kamu bisa menyesuaikan konten dengan keahlian atau minat kamu, sehingga dalam proses pembuatan kamu akan lebih terbantu.

Yang perlu kamu perhatikan adalah bagaimana cara kamu memanfaatkan apa yang kamu miliki. Dengan begitu kamu akan terbiasa dan kemampuan kamu lama-kelamaan akan semakin terasah.

4. Aplikasi Rekaman (Optional)

Bagi kamu yang ingin membuat konten seperti game, tutorial atau yang lainnya yang mengharuskan kamu untuk merekam layar hp atau pc kamu. Maka tentunya kamu perlu aplikasi atau software perekam layar, sehingga layar hp atau pc kamu bisa terekam dalam bentuk video.

Ada banyak pilihan aplikasi perekam layar yang bisa kamu cari, mulai dari yang berbayar hingga gratis. Sebagai contoh seperti AZ Screen Recorder untuk smartphone, dan OBS untuk pc atau laptop. Namun biasanya yang perlu kamu perhatikan adalah, aplikasi perekam layar kadang mengharuskan perangkat kita memiliki spek yang cukup baik. Pasalnya kegiatan perekaman sembari menjalankan aplikasi memerlukan kinerja yang baik dari device tersebut.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  3 Hal yang Membuat Kita Miskin di Hari Tua

5. Headset atau Microphone

Untuk mendapatkan suara yang jernih kamu bisa memerlukan alat tambahan seperti headset atau micrphone. Jika dana kamu terbatas, maka microphone yang ada pada headset sudah sangat cukup untuk mendapatkan kualitas suara yang baik.

Namun tentunya kamu bisa meningkatkan kualitas video kamu kedepannya dengan menggunakan microphone. Dengan begitu kualitas video yang kamu hasilkan akan lebih professional.

6. Percaya Diri dan Konsisten

Selain modal dalam bentuk materi, kamu juga perlu memperhatikan modal lainnya seperti kepercayaan diri dan konsisten. Karena untuk bisa membuat konten perlu adanya pembawaan diri yang baik, terlebih ketika kita berhadapan dengan kamera.

Selain itu untuk menjadi youtuber kita juga harus menanamkan konsisten dalam diri. Dengan begitu kita bisa membuat channel kita lebih aktif dan memiliki kesempatan lebih besar untuk dapat berkembang lebih baik lagi. Karena bagaimanapun sikap konsisten penting adanya dalam mencapai suatu tujuan dalam hidup.


Tentunya beberapa modal diatas merupakan gambaran modal minimal yang kita perlukan untuk menjadi youtuber. Namun tentunya ada banyak hal yang masih perlu kita tingkatkan agar menghasilkan konten yang lebih baik dan professional. Dengan begitu channel youtube kita akan memiliki kualitas konten yang memanjakan penonton.

Karena bagaimanapun penonton merupakan raja yang perlu kita berikan perlakuan terbaik. Namun ingat, bukan berarti kita harus memulai semuanya dengan modal yang besar, namun perlu bertahap. Manfaatkan apa yang kita miliki sebagai modal dasar dalam mencapai tujuan yang lebih besar.

Baca juga artikel menarik lainnya di Berbagi Coretanku

Tinggalkan Balasan