Macam-Macam Modus Pinjol Ilegal, Hati-Hati!

Modus Pinjol Ilegal – Akibat kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat membuat banyaknya tindak kriminal yang mulai beragam. Kini para oknum nakal yang berusaha merugikan warga tidak lagi melakukan aksinya secara konvensional. Mereka memanfaatkan kemajuan teknologi untuk melancarkan aksi mereka salah satunya yakni pinjol ilegal.

Dengan kemajuan teknologi informasi membuat kita bisa melakukan berbagai hal secara mudah hanya dengan online. Seperti melakukan investasi online, berbelanja online, dan pinjaman online.

Dengan hanya berbaring dan bermodalkan smartphone, kita sudah bisa melakukan pinjaman melalui lembaga-lembaga pinjaman online yang ada.

Kemudahan tersebut tentunya menjadi kesempatan bagi para oknum nakal untuk mengambil keuntungan dengan cara merugikan orang lain. Maraknya pinjaman online ilegal yang menjerat banyak korban menjadi bukti nyata keberhasilan mereka dalam melancarkan aksinya.

Agar kita terhindar dari modus penipuan dari pinjol atau pinjaman online ilegal penting adanya untuk memperhatikan beberapa hal berikut.

Apa Itu Pinjol?

Pinjol atau pinjaman online merupakan suatu inovasi dalam bidang fintech atau financial technology yang membuat kita bisa melakukan pinjaman melalui online.

Perusahaan atau lembaga yang menawarkan pinjaman online kepada masyarakat umumnya menawarkan produk melalui aplikasi pinjaman online mereka.

Sebagai nasabah, untuk melakukan pinjaman umumnya kita harus melengkapi syarat-syarat seperti mengirimkan data diri, foto KTP, dan foto selfie dengan KTP.

Perusahaan yang menawarkan pinjol mengambil keuntungan melalui bunga yang mereka bebankan pada pinjaman. Bunga pinjaman masing-masing perusahaan juga berbeda sesuai dengan program dan kebijakan mereka. Bunga yang ada seringkali juga menjadi pertimbangan para nasabah untuk melakukan pinjaman.

Apakah Pinjol Aman?

Pinjol sendiri merupakan lembaga atau perusahaan yang diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Sehingga dalam melakukan aktivitasnya mereka tidak bisa menyalahi aturan dan kebijakan yang diterbitkan oleh OJK.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Lakukan Ini Biar Akun Whatsapp Kamu Lebih Aman

Jadi bisa kita simpulkan bahwa Pinjol atau Pinjaman Online merupakan suatu aktivitas yang aman, asalkan melalui pihak resmi dan legal.

Pinjol legal pastinya akan memiliki sertifikat dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK yang membuktikan bahwa aktivitas mereka terdaftar dan diawasi oleh OJK. Daftar aplikasi pinjaman online yang terdaftar dan legal dapat dengan mudah kita lihat melalui situs OJK.

Sehingga kita bisa melakukan verifikasi terlebih dahulu apakah perusahaan atau aplikasi pinjol yang kita pilih legal dan aman.

Bahaya Pinjol Ilegal

Mungkin beberapa dari kamu berpikir, bukan kah kita yang untung ketika melakukan pinjaman melalui pinjol ilegal, karena mereka yang menyerahkan uang kepada kita. Jika pola pikir kita demikian akan membuat kita rentan menjadi korban pinjol ilegal.

Ada beberapa bahaya yang dapat kita dapat jika melakukan pinjaman melalui pinjol ilegal. Bahaya tersebut tentunya akan merugikan kita sebagai nasabah dan menguntungkan para oknum pinjol ilegal.

1. Bunga Tinggi

Pinjaman online ilegal biasanya mengambil keuntungan melalui bunga mereka yang tinggi, bahkan dapat berlipat ganda.

Karena perhatian kita yang teralihkan oleh kemudahan yang mereka berikan atau penawaran lainnya, membuat kita mengabaikan bunga yang mereka miliki. Akibatnya kita akan terjebak pada lingkaran hutang yang akan selalu menjerat kita.

2. Denda Tinggi

Bahaya lainnya yang bisa kita dapatkan dari pinjol ilegal yakni tingginya denda yang mereka bebankan kepada nasabah. Ketika nasabah terlambat melakukan pembayaran beserta bunga yang mereka bebankan, maka kita akan mendapatkan denda yang perlu kita tanggung. Denda yang mereka bebankan umumnya tidak masuk akal dan sangat merugikan bagi kita.

3. Penyalahgunaan Data Pribadi

Hal berbahaya lainnya dari pinjol online yakni terjadinya kebocoran data atau penyalahgunaan data pribadi nasabah. Keamanan data pribadi kita pada pinjol online umumnya tidak terjamin keamanannya, bahkan bisa saja mereka gunakan untuk keuntungan mereka.

Macam-Macam Modus Penipuan Pinjol Ilegal

Walaupun pemerintah terus gencar memberantas aplikasi pinjol-pinjol ilegal, namun sampai saat ini masih banyak yang beraktivitas. Pemerintah sendiri kesulitan untuk melakukan pemberatasan salah satu alasannya karena server yang mereka gunakan tidak berada di dalam negeri.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Pentingnya Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah Pada Akun

Dalam melancarkan aksinya pinjol ilegal akan melakukan berbagai cara untuk dapat membuat nasabah tertarik melakukan pinjaman.

1. Memberikan Iming-Iming Pinjaman Besar

Salah satu modus dan daya tarik dari pinjol ilegal yakni pinjaman besar yang mereka tawarkan. Akibatnya banyak dari kita yang tergiur karena beberapa alasan yang mengharuskan kita untuk mendapatkan dana yang besar untuk suatu keperluan.

2. Menawarkan Bunga yang Rendah

Bunga yang mereka tawarkan seringkali tidak masuk akal dan sangat rendah yang tujuannya tidak lain untuk membuat kita tertarik. Namun ketika kita cermati lagi dengan baik ternyata penawaran bunga yang mereka bicarakan adalah hal yang tidak benar dengan kebijakan bunga yang ada. Akibatnya kita sudah menyetujui melakukan pinjaman dengan bunga yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

3. Meminta Imbalan

Tidak hanya pinjol ilegal yang perlu kita waspadai, melainkan para oknum nakal yang juga memanfaatkan sistem pinjol itu sendiri. Jika ada oknum yang menawarkan pinjaman namun dengan beberapa persyaratan seperti melakukan pembayaran dengan jumlah tertentu. Hal tersebut patut untuk kita curigai dan bahkan yakini bahwa itu adalah penipuan.

4. Transfer Dana tanpa Pengajuan

Salah satu modus pinjol ilegal yang kini marak terjadi yakni adanya transfer dana dari sumber tidak kita ketahui. Hal tersebut patut untuk kita curigai dan laporkan, karena bisa jadi dana tersebut merupakan dana yang berbahaya. Modus ini mulai menjadi perhatian oleh pihak terkait karena bagaimana bisa pinjol ilegal tersebut mengetahui nomor rekening yang bukan nasabah mereka.

Ciri-Ciri Fintech Pinjol Ilegal

Ada beberapa ciri-ciri yang bisa kita lihat dari perusahaan pinjol ilegal, berikut diantaranya.

  • Perusahaan pinjol ilegal tidak terdaftar dan memiliki izin dari OJK
  • Tidak terdaftar pada asosiasi AFPI, yang merupakan asosiasi resmi yang menaungi industri fintech lending
  • Tertutup atau tidak transaparan terkait kebijakan yang mereka miliki
  • Mengabaikan peraturan OJK dan bahkan pada peraturan Undang-Undang lainnya
  • Tidak memiliki pengalaman atau latar belakang yang jelas
  • Tidak memiliki tata cara atau sistem penagihan yang benar
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Alasan Kenapa Saya Memilih IPOT Untuk Investasi Saham

Cara Menghindari Pinjol Ilegal

Walaupun pemerintah terus gencar memberantas pinjol ilegal namun nyatanya masih banyak dari mereka yang beraktivitas dan meresahkan kita. Oleh karena itu kita juga perlu kesadaran dan perhatian dalam diri sendiri agar tidak terjerat penipuan.

1. Tidak mudah Tergiur

Hal penting yang tentunya dapat menjadi tameng kita untuk menghindari aksi para oknum nakal yakni dengan tidak mudah tergiur. Karena umumnya hal yang mereka tawarkan kepada kita sangat menarik dan membuat kita goyah untuk mencobanya.

2. Manajemen Keungan dengan Baik

Melakukan pinjaman atau utang memang menjadi pilihan yang kadang tidak ingin kita lakukan namun harus kita lakukan. Banyak alasan yang mendasarinya seperti kebutuhan yang perlu kita penuhi segera. Oleh karena itu penting adanya untuk melakukan manajemen keuangan dengan baik agar pemasukan dan pengeluaran kita menjadi lebih baik.

3. Cari Tahu Terlebih Dahulu

Budaya males atau tidak ingin tahu masyarakat Indonesia seringkali menjadi pemicu berhasilnya aksi para oknum nakal. Cobalah untuk cari tahu terlebih dahulu sebelum memilih sesuatu seperti melakukan pinjaman online. Pastikan perusahaan peminjam merupakan perusahaan legal dan resmi yang aman.

4. Jangan Gunakan Dana yang Tidak Kita Ketahui Sumbernya

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwa terdapat modus baru yang dilakukan oleh pinjol ilegal. Yakni dengan mengirimkan uang tanpa adanya persetujuan atau perjanjian peminjaman. Akibatnya kita malah merasa senang dengan dana yang tiba-tiba masuk ke rekening dan malah menggunakannya. Alhasil kita malah terjerat hutang yang perlu kita bayarkan.

No Responses

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: