Review: Pengalaman Menggunakan Aplikasi Dompet Digital DANA

DANA adalah salah satu aplikasi dompet digital yang saat ini banyak menjadi pilihan masyarakat Indonesia, khususnya di kalangan milineal.

Keberadaan dompet digital atau e-wallet belakangan ini menjadi sorotan masyarakat. Berbagai kemudahan transaksi non-tunai dan non-kartu menjadi poin penting dari keberadaan dompet digital ini.

Melihat hal tersebut membuat saya tertarik untuk mencoba menggunakan e-wallet, dan DANA merupakan salah satu e-wallet pertama yang saya coba. Alasan saya mencoba menggunakan DANA adalah karena pada saat ini saya berdomisili di kota untuk menempuh pendidikan di bangku perkuliahan.

Seperti kita ketahui kawasan perkotaan cenderung lebih maju jika kita bandingkan dengan daerah perdesaan. Berbagai pusat perbelanjaan di perkotaan tidak jarang yang menyediakan sistem pembayaran digital menggunakan QR Code untuk memudahkan transaksi.

Bahkan tidak jarang berbagai keuntungan bisa kita dapatkan dengan bertansaksi menggunakan dompet digital. Itulah yang membuat saya tertarik untuk menggunakan e-wallet seperti DANA.

Apa Itu DANA?

DANA adalah aplikasi e-wallet atau dompet digital yang dapat kita unduh di plasytore maupun appstore secara gratis. Aplikasi ini rilis pertama kali pada bulan September 2018 oleh PT Espay Debit Indonesia Koe dan hingga saat ini sudah di unduh lebih dari 10 juta pengguna.

Sama halnya dengan aplikasi dompet digital lainnya, DANA juga memiliki fungsi utama yakni untuk mempermudah transaksi non-tunai atau non-kartu. Artinya kita bisa melakukan berbagai transaksi digital menggunakan saldo yang ada pada akun DANA kita.

Fitur-Fitur Dompet Digital DANA

Menurut saya pribadi, dompet digital DANA merupakan salah satu dompet digital dengan fitur yang lengkap yang memanjakan penggunanya. Itulah yang menjadi daya tarik aplikasi ini hingga bisa menempati posisi teratas dalam kategori aplikasi keungan gratis di Playstore hingga pada saat artikel ini ditulis.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Macam-Macam Modus Pinjol Ilegal, Hati-Hati!

Beberapa fitur andalan DANA yang mereka tawarkan kepada para penggunanya yakni seperti

  • DANA Protection, yang menjamin keamanan transaksi dan memberikan garansi uang kembali kepada para pengguna jika mengalami permasalahan terkait transaksi yang mereka lakukan
  • Scan QR Code, yang memudahkan para pengguna untuk melakukan transaksi digital seperti mengirim uang, menerima uang dan melakukan pembayaran hanya dengan scan kode QR
  • Kirim & Terima Uang Semudah Kirim Pesan, yang memudahkan para pengguna untuk mengirim atau menerima uang sesama pengguna DANA maupun antara BANK
  • Bayar Tagihan Bebas Repot, yang memudahkan para pengguna untuk membayar berbagai jenis tagihan hanya melalui smartphone
  • Simpan Kartu, yang memungkinkan para pengguna untuk menambahkan kartu debit atau kredit mereka dan menggunakannya sebagai metode pembayaran
  • DANA Surprize, yang memberikan berbagai keuntungan kepada para pengguna seperti cashback dan voucher menarik

Pengalaman Selama Menggunakan Aplikasi Dompet Digital DANA

Selama menggunakan aplikasi ini selama kurang lebih 1 tahun, setidaknya saya sudah merasakan banyak hal baik dari aplikasi ini. Terlebih saya juga menggunakan aplikasi dompet digital lainnya seperti LinkAja, OVO, ShopeePay, dan Gojek, sehingga saya dapat memberikan pandangan saya mengenai aplikasi DANA ini.

1. Proses Daftarnya yang Mudah

Ketika saya mencoba DANA untuk pertama kali, saya tidak mengalami kendala yang berarti dalam proses pendaftaran. Proses pembukaan akun berjalan dengan lancar tanpa kendala dan juga cepat sehingga membuat saya senang.

Untuk proses pendaftaran bisa kamu lakukan dengan mudah pada aplikasinya langsung. Jadi kamu perlu mengunduh aplikasi tersebut di playstore atau appstore terlebih dahulu atau melalui link berikut. Setelah proses unduh selesai, kamu bisa langsung membuka aplikasi tersebut dan mengikuti langkah-langkah pendaftaran.

  • Masukkan nomor telpon aktif yang nantinya menjadi nomor DANA kamu
  • Kemudian masukan kode OTP yang kamu dapat melalui SMS masuk di nomor yang kamu daftarkan
  • Kemudian kamu diminta untuk memasukkan kode promo, kamu bisa masukkan cX2k69
  • Setelah itu ikuti langkah lainnya hingga selesai

Ketika proses sudah selesai, maka kamu akan mendapatkan akun DANA Reguler dan kamu bisa melakukan upgrade akun menjadi premium.

Untuk proses upgrade akun menjadi premium sendiri bisa kamu lakukan dengan mudah dan gratis. Kita hanya perlu mengisi persyaratan tambahan seperti KTP, dan Foto Selfie dengan KTP, guna langkah verifikasi.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Mendapatkan Uang Dari Tiktok, Emang Bisa??

Pengalaman saya pribadi, proses upgrade akun menjadi premium ini terbilang cukup cepat. Kalo tidak salah hanya memakan waktu sekitar satu hari, dan akun saya sudah di setujui dan menjadi Premium.

Perbedaan akun Reguler dan Premium yakni terdapat pada keuntungan yang diberikan. Dengan akun premium kamu bisa mendapatkan seluruh akses aplikasi tersebut seperti nominal transfer, tarik tunai dan sebagainya.

2. Gratis Biaya Transfer Antar Bank dan Top Saldo Melalui Rekening Bank

Selama menggunakan DANA saya sangat terbantu dengan adanya gratis transfer antar bank sebanyak 10 kali setiap bulannya dengan minimal transfer 50 ribu rupiah.

Selain biaya transfer antar bank yang gratis, biaya isi saldo atau top saldo dengan rekening Bank juga gratis. Layanan tersebut sangat membantu saya dalam melakukan transaksi keuangan.

Sebagai contoh ketika saya hendak melakukan transfer ke Bank yang berbeda, dari pada terkena biaya admin sekitar 6.500 saya lebih memilih transfer menggunakan DANA. Jadi saya pindahkan terlebih dahulu saldo dari rekening Bank saya ke DANA, kemudian dari DANA saya gunakan jatah gratis transfer antar bank yang saya miliki untuk mengirim uang ke Bank tujuan. Dengan begitu biaya 6.500 bisa kita gunakan untuk keperluan yang lain.

3. Metode Top Up yang Mudah

Selama menggunakan DANA saya juga tidak pernah mengalami kendala dalam hal top up atau pengisian saldo. Metode Top Up yang ada pada aplikasi ini cukup beragam sehingga kita tidak perlu bingung. Kita bisa isi saldo menggunakan E-Money seperti Oneklik, atau melalui M-Banking, maupun Agen mitra DANA seperti Alfamart, Alfamidi, DAN-DAN, Lawson, Pegadaian, Kantor Pos dan masih banyak lagi.

4. Terintegrasi dengan Samsung Pay

Bagi pengguna smartphone Samsung seperti saya akan lebih di untungkan jika menggunakan DANA, karena kita bisa menghubungkan akun DANA kita dengan SamsungPay. Sehingga kita bisa dengan mudah melakukan transkasi dari DANA tanpa perlu membuka aplikasinya. Seperti cek saldo, bayar, isi saldo, terima dana, cek riwayat transaksi dan lainnya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Rekomendasi Aplikasi Kasir untuk Optimalkan Bisnis Kamu

5. Transaksi yang Lengkap

Terkahir pengalaman saya selama menggunakan DANA yakni dalam hal berbagai transaksi yang mereka sediakan sangat lengkap. Kita bisa melakukukan berbagai transaksi seperti beli pulsa, bayar air, listrik, E-Commerce, investasi, patungan, cicilan, asuransi, amal, transportasi, kesehatan dan lainnya. Sehingga kita bisa melakukan semuanya hanya dengan satu aplikasi saja tanpa ribet.

6. Aplikasi Dompet Digital DANA Lumayan Berat

Selama pengalaman saya menggunakan berbagai dompet digital, aplikasi milik DANA saya rasa lumayan berat dibandingkan aplikasi yang lain. Sebagai contoh ketika saya membuka tab “Saya” terkadang informasi yang diberikan dimuat cukup lama, bahkan membuat saya harus keluar masuk aplikasi berulang-ulang.

Padahal aplikasi dompet digital lainnya juga saya install di hp yang sama, dan berjalan dengan baik. Tetapi aplikasi milik DANA kadang mengalami loading yang cukup berat. Apakah mungkin karena Hp saya yang jadul dan spesifikasi yang kurang tinggi (Samsung A8 2018).


Kesimpulan yang dapat saya berikan untuk aplikasi dompet digital DANA yakni bagus untuk kamu coba. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki aplikasi ini akan membuat kita semakin nyaman dalam melakukan transaksi non-tunai atau digital. Terlebih dengan jangkauannya yang luas dan penggunanya yang semakin banyak tentu membuat aplikasi ini menjadi salah satu pilihan dompet digital yang patut kamu miliki.

Untuk kedepannya jika ada update lebih lanjut mengenai aplikasi dompet digital DANA ini akan saya update pada artikel ini. Agar teman-teman bisa mengetahui informasi atau layanan terbaru yang ditawarkan dompet digital DANA ini.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: