Pengalaman yang Sebaiknya Kamu Miliki Sebelum Berusia 30

Pengalaman apa saja yang kamu miliki sebelum berusia 30 ? Setelah kita menapaki usia kepala 3, tentunya semuanya akan terlihat sangat berbeda. Pada usia ini umumnya akan semakin banyak tanggung jawab yang kita emban. Selain itu pada usia ini manusia telah memasuki fase matang dewasa.

Mungkin kamu sering mendengar motivasi tentang sukses sebelum 30. Pastinya hal tersebut tidak terlepas dari tanggung jawab yang kita emban. Pada usia ini umumnya seseorang sudah memiliki tanggung jawab untuk menghidupi diri sendiri maupun orang lain.

Tahukah kamu ada banyak hal yang bisa kita persiapkan sebelum usia 30. Dengan begitu pada usia tersebut kita bisa menapaki kehidupan dengan lebih baik lagi. Seperti yang kita tahu, kehidupan penuh dengan lika-liku. Jika kita tidak memiliki kesiapan tentu akan membuat kehidupan terasa sangat menyulitkan.

Berikut ini beberapa pengalaman yang sebaiknya kamu miliki sebelum berusia 30. Walaupun nasib seseorang tidak ada yang tahu. Setidaknya kita berusaha memberikan yang terbaik dalam kehidupan ini.

1. Bekerja di bidang yang bukan kesukaan atau keahlian kamu

Tentu akan ada perbedaan jika bekerja di bidang yang kita sukai dan yang tidak kita sukai. Kita cenderung akan lebih semangat dan tidak mudah mengeluh saat bekerja di bidang kita. Namun apa jadinya ketika kita harus bekerja di bidang yang bukan keahlian dan kesukaan kita. Umumnya manusia akan merasa terbebani dan mudah mengeluh dalam melaksanakan pekerjaan mereka.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Investasi Terbaik Menurut Kamu Apa?

Alhasil pekerjaan menjadi tidak maksimal dan hanya akan memberikan beban berlebih. Tidak hanya pada kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental. Namun pola pikir seperti itu sebaiknya perlu kita rubah. Dalam kehidupan sendiri, kita tidak selalu dapat apa yang kita inginkan. Terkadang semesta tidak selalu berputar mengikuti kita. Akan jadi apa kita jika tidak bisa beradaptasi dengan keadaan tersebut. Itulah mengapa pengalaman seperti ini sangat penting untuk kamu miliki sebelum berusia 30-an.

2. Mandiri untuk urusan keperluan finansial kamu

Mungkin pada usia 20-an kita kadang masih mendapat dukungan dari orang tua. Hal tersebut membuat kita berada di zona nyaman kita. Parahnya jebakan zona nyaman seringkali menimpa pada usia 20-an, yang membuat kita terlena di zona tersebut. Pada saat kita berada di usia 30-an kita akan merasakan akibatnya, karena pada usia tersebut tentunya zona nyaman tersebut akan berubah.

Salah satu usaha yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari zona nyaman kamu yakni mandiri dalam hal finansial. Usahakan untuk tidak meminta kepada orang tua untuk kebutuhan bulanan kamu. Kamu bisa mencoba bekerja dan mengelola keuangan bulanan dengan lebih baik untuk mencukupi kebutuhan kamu. Dengan begini kamu akan merasakan manfaat yang luar biasa ketika sudah beranjak di usia 30.

3. Merantau keluar daerah kelahiran kamu

Pengalaman yang sebaiknya kamu miliki sebelum usia 30 selanjutnya yakni merantau. Manfaatkan usia 20-an kamu untuk melihat bagaimana dunia luar. Karena pada usia 30-an nanti kamu akan merasakan berkurangnya kesempatan tersebut. Membuka diri dengan dunia luar tentu akan memperluas wawasan kamu. Selain itu akan banyak hal baru yang akan kamu dapatkan. Terlebih kamu akan mengerti bagaimana cara untuk beradaptasi di daerah lain. Pengalaman seperti ini tentunya sangat berguna ketika kita menapaki usia 30-an

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  3 Hal yang Membuat Kita Miskin di Hari Tua

4. Jangan pernah takut gagal, habiskan tiket gagal kamu sebelum berusia 30

Nasehat yang juga sering kita dengan di usia 20-an yakni jangan takut untuk gagal. Lakukanlah kegagalan dalam berbagai hal dan perbaiki kegagalan tersebut hingga berhasil. Pada usia inilah kita bisa menghabiskan semua kegagalan kita. Karena pada usia 30-an kamu akan mengerti bagaimana tanggung jawab yang harus di emban. Pastinya akan sulit untuk mencoba hal-hal baru pada usia tersebut, karena kita sudah harus bertanggung jawab atas kehidupan sendiri maupun orang lain.

5. Mengambil berbagai keputusan dalam hidup

Dalam kehidupan kita tentu akan di hadapkan oleh berbagai pilihan. Kita harus bisa membuat suatu keputusan atas pilihan tersebut. Pada usia 20-an latihlah diri kamu untuk berani mengambil berbagai keputusan. Karena pada usia 30-an nanti kamu akan di hadapkan dengan berbagai pilihan yang semakin besar. Jika kita masih belum memiliki pengalaman yang cukup dalam mengambil suatu keputusan, tentu kita akan lebih kesulitan.

Picture by aa on Unsplash

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: