Pengertian Harga Pasar Dalam Ilmu Ekonomi

Pengertian Harga Pasar – Dalam kegiatan transaksi jual beli atau kegiatan ekonomi kita kenal istilah harga pasar. Istilah tersebut dapat menjadi acuan baik bagi para penjual maupun pembeli.

Dalam ilmu ekonomi terdapat sebuah alasan mengapa harga pasar itu bisa terbentuk, yakni berkaitan dengan penawaran dan permintaan.

Kedua hal tersebut menjadi faktor utama dalam memicu terbentuknya harga pasar. Sebagai pelaku ekonomi, ada baiknya untuk mengetahui apa itu harga pasar dengan lebih baik.

Pada artikel kali ini kita akan membahas secara lebih lanjut mengenai harga pasar. Mengenai pengertian, jenis, dan cara terbentuknya.

Pengertian Harga Pasar

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, harga pasar merupakan harga yang terbentuk karena faktor penawaran dan permintaan suatu barang di pasar.

Ketika penawaran dan permintaan yang dilakukan oleh penjual dan pembeli mendapati kesepakatan, maka terbentuklah harga pasar itu (market price).

Sehingga harga pasar juga bisa kita artikan sebagai harga equilibrium atau harga keseimbangan pada suatu produk di pasar. Dengan kata lain harga pasar adalah harga aktual dari suatu unit barang atau jasa yang terbentuk dari hasil penawaran dan permintaan.

Dalam dunia pasar modal atau sekuritas, harga pasar adalah harga yang sedang berlaku dalam perdagangan yang berasal dari nilai permintaan dan penawaran yang terakhir tercatat. Permintaan dan penawaran yang terjadi berasal dari para investor dan dealer yang melakukan transaksi dalam pasar modal pada hari itu.

Proses Terbentuknya Harga Pasar

Harga pasar secara umum terbentuk karena adanya permintaan dan penawaran yang terjadi pada suatu produk atau jasa. Keseimbangan atau equilibrium terbentuk apabila harga permintaan dan penawaran bertemu pada satu titik yang sama.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  6 Tips Aman Beli HP Second, Tetap Oke Walaupun Bekas

Sehingga pada intinya, harga pasar terbentuk karena hal-hal berikut:

  • Proses tawar menawar antara penjual dan pembeli
  • Adanya kesepakatan harga yang terjadi antara penjual dan pembeli
  • Bertemunya harga permintaan dan penawaran pada satu titik yang sama

Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Harga Pasar

Setidaknya ada dua faktor yang mempengaruhi tingkat harga pasar yakni:

1. Kondisi Ekonomi

Kondisi perekonomian dapat menjadi faktor yang mempangaruhi ketersediaan produk atau jasa. Sehingga dapat mempengaruhi permintaan dan penawaran itu sendiri. Sebagai contoh ketika kondisi perekonomian sedang buruk maka permintaan terhadap produk atau jasa bisa mengalami penurunan karena menurunnya daya beli masyarakat akibat dampak kondisi perekonomian.

Dalam kondisi demikian harga pasar tentunya akan memiliki tingkat harga yang tidak wajar atau tidak normal. Karena perubahan permintaan dan penawaran akibat adanya pengaruh dari suatu hal yang mempengaruhi kondisi ekonomi misalnya seperti wabah Covid-19 yang sedang melanda ini.

2. Biaya

Faktor berikutnya yang mempengaruhi tingkat harga pasar yakni biaya. Ketika menetapkan harga barang atau jasa, produsen tentunya memperhitungkan biaya operasional atau bahan baku yang mereka keluarkan. Hal tersebut tentunya guna mendapatkan keuntungan dari produk atau jasa yang kita jual.

Sehingga ketika terjadi perubahan biaya khususnya seperti bahan baku tentunya akan berdampak pada tingat harga pasar. Sebagai contoh ketika terjadi kelangkaan cabe dan membuat harga cabe menjadi mahal, tentu akan berdampak pada para produsen yang memiliki produk dengan bahan baku cabe.

Mengapa Harga Pasar Penting Kita Ketahui

Sebagaimana telah kita pahami, harga pasar memiliki peranan dari dua belah pihak yakni produsen dan konsumen. Ketika terjadi kesepatakan harga antara produsen dan konsumen maka terbentuklah harga pasar.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Rekomendasi Film Tentang Saham Terbaik, Yakin Gak Suka?

Bagi produsen sendiri menentukan harga pasar yang tepat menjadi faktor yang penting. Karena ketika mereka menaruh harga yang terlalu tinggi tentu akan mengurangi daya tarik konsumen untuk membeli.

Begitupula dengan konsumen, ketika mereka membeli suatu produk atau jasa dengan harga yang wajar tentu mereka akan mendapatkan kepuasaan dalam pembelian. Sehingga harga pasar seringkali menjadi acuan bagi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.

Baca juga artikel menarik lainnya di Berbagi Coretanku

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: