Pentingnya Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah Pada Akun

Pentingnya Verifikasi Dua Langkah – Keamanan menjadi hal penting yang tentunya menjadi keinginan setiap individu. Itulah mengapa keamanan menjadi salah satu perhatian utama dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya yakni dalam dunia maya.

Perkembangan zaman terutama dalam bidang teknologi memberikan dampak positif seperti memberikan kemudahan dalam berbagai kegiatan. Dengan adanya teknologi internet, berbagai kegiatan dapat kita lakukan secara online atau tidak langsung.

Namun tentu saja setiap hal memiliki dampak positif dan negatif yang tidak terpisahkan. Seiring dengan perkembangan teknologi juga meningkatkan terjadinya kegiatan merugikan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Sebagai contoh yakni kegiatan peretasan akun pribadi seperti media sosial, messenger, m-banking dan sebagainya. Kegiatan tidak bertanggung jawab tersebut merupakan salah satu perkembangan tindak kriminal akibat semakin berkembangnya zaman.

Namun sebagaimana kita ketahui, tindak kejahatan seringkali terjadi karena adanya peluang atau kesempatan. Selama kita tidak memberikan peluang atau kesempatan tersebut akan membuat kita lebih terhindari dari tindakan tidak merugikan tersebut.

Untuk mengurangi terjadinya tindak peretasan oleh oknum tidak bertanggung jawab, para ahli terus melakukan berbagai inovasi keamanan. Salah satunya yakni sistem Verifikasi Dua Langkah yang saat ini sudah banyak ada pada berbagai aplikasi seperti media sosial, e-mail, m-banking, dan lain sebagainya.

Agar kita terhindar dari tindakan yang merugikan, ada baiknya untuk segera mengaktifkan tingkat keamanan Verifikasi Dua Langkah pada berbagai akun penting kita, berikut informasi lebih lanjut dan cara mengaktifkannya.

Apa Itu Verifikasi Dua Langkah?

Sesuai dengan katanya, tingkat keamanan ini mengharuskan kita untuk melakukan tindakan verifikasi lebih lanjut pada akun kita.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi

Pada umumnya setiap aplikasi memiliki metode verifikasi yang mereka gunakan untuk mencegah terjadinya peretasan. Metode verifikasi tersebut menunjukkan bahwa memang benar adanya pemilik akun tersebut yang saat ini sedang mencoba melakukan akses pada akun.

Pada saat melakukan login metode yang kita gunakan yakni mengisi username/email dan sandi dari akun kita. Ketika email dan sandi benar kita bisa login dan mendapatkan akses atas akun tersebut. Hal seperti ini tentunya lebih rentan karena keamanan hanya berada pada sandi akun saja.

Itulah fungsi dari verifikasi dua langkah yang mana setelah proses login berhasil, kita harus melakukan verifikasi lebih lanjut sesuai dengan metode yang mereka gunakan seperti kode OTP, PIN, ataupun E-mail berisi tautan. Dengan adanya verifikasi dua langkah sama halnya dengan memberikan tembok ganda pada akun kita.

Dengan metode verifikasi dua langkah ini tentunya para peretas akan lebih kesulitan dalam menjalankan aksi peretasan mereka. Terlebih biasanya ketika terjadi tindakan login akan ada pemberitahuan, sehingga ketika hal tersebut terjadi kita bisa langsung mengamankan akun misalnya dengan mengganti sandi.

Sehingga ketika masuk pada pintu pertama para peretas sudah bisa langsung kita tangkap dan mereka tidak sempat untuk masuk ke pintu selanjutnya.

Metode Verifikasi Dua Langkah

Ada beberapa metode verifikasi dua langkah yang saat ini banyak menjadi pilihan berbagai aplikasi dalam mengamankan akun para penggunanya. Bahkan beberapa perusahaan besar seperti Google memberikan banyak pilihan verifikasi dua langkah kepada pengguna, sehingga kita bisa memilih mana yang lebih cocok.

1. Dengan Menggunakan Nomor Telpon

Salah satu metode verifikasi dua langkah yang banyak digunakan yakni dengan menggunakan nomor telpon. Dengan menggunakan nomor telpon, pada saat proses login kita akan mendapatkan pesan berupa kode akses untuk login. Jika kita bukan merupakan pemilik akun tentunya pada saat login kita tidak tahu kode OTP yang di kirimkan pada nomor telpon terkait.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Macam-Macam Modus Pinjol Ilegal, Hati-Hati!

2. Menggunakan E-Mail

Pada saat pendaftaran akun seringkali kita diminta untuk mengisikan alamat email kita. Selain untuk keperluan lebih lanjut seperti lupa password, E-Mail tersebut juga seringkali digunakan sebagai metode verifikasi dua langkah. Proses verifikasi berupa link atau tautan yang masuk pada alamat email yang terkait dengan akun.

3. Menggunakan Kode PIN

Metode verifikasi dua langkah lainnya yakni menggunakan kombinasi angka (PIN). Metode verifikasi dua langkah ini cukup membantu bagi para pengguna karena memudahkan pada proses verifikasi. Namun tingkat keamanan dari metode ini cukup rendah karena kombinasi PIN tersebut yang lebih mudah untuk di retas menggunakan program. Itulah mengapa kadang penggunaan PIN ini juga dibarengi dengan metode verifikasi lainnya.

4. Menggunakan Sidik Jari

Metode verifikasi sidik jari seringkali menjadi metode yang menggantikan password. Dengan menggunakan sidik jari kita bisa login lebih mudah dan cepat tanpa perlu mengisi password atau data lainnya. Namun tentunya untuk keamanan sendiri, metode ini cukup rentan. Karena seperti kita tahu kita tidak bisa selalu siap siaga 24/7, mungkin saja sidik jari kita disalahgunakan pada saat kita tidur.

5. Menggunakan Device Terkait

Metode verifikasi dua langkah satu ini juga menjadi salah satu metode verifikasi dua langkah yang digunakan raksasa Google. Dengan metode ini kita akan mendapatkan kode yang akan muncul pada device yang terkait dengan akun tersebut yang nantinya perlu kita singkronkan atau izinkan ketika proses login pada perangkat lain.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan yang dapat saya berikan mengenai fitur keamanan verifikasi dua langkah. Demi meningkatkan keamanan data-data pribadi dan sensitif yang kita miliki dari ulah para oknum tidak bertanggung jawab, tentunya ada baiknya untuk memperhatikan keamanan akun-akun pribadi kita.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Mendapatkan Uang Melalui Hp, Tanpa Modal dan Terbukti Menghasilkan

Perkembangan zaman membuat keamanan tidak hanya menyangkut hal fisik melainkan juga hal-hal non fisik seperti kegiatan para cyber nakal. Oleh karena itu sama halnya dengan keamanan fisik kita dan keluarga, keamanan non fisik juga perlu menjadi perhatian kita.

Baca juga artikel menariknya di Berbagi Coretanku

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: