Mengenal Pentingnya Program Kerja Dalam Suatu Bisnis

Pentingnya Program Kerja – Dalam industri bisnis ada banyak hal yang perlu kita manajemen, salah satunya yakni proker atau program kerja. Suatu bisnis yang baik tentu memiliki program kerja yang jelas. Tidak jarang para pebisnis yang belum tahu atau mengabaikan hal ini ketika membangun sebuah bisnis dari nol.

Alhasil tidak jarang dari bisnis mereka yang mengalami kegagalan atau mengalami pertumbuhan yang lambat. Program kerja yang terstruktur dengan baik dapat memberi arah atau petunjuk bagi suatu bisnis.

Oleh karena itu bagi kamu yang ingin memulai sebuah bisnis, ada baiknya untuk memperhatikan program kerja atau agenda kerja bisnis kamu. Berikut beberapa hal yang bisa saya bagikan mengenai program kerja baik seputar pengertian, tujuan hingga manfaat dari program kerja itu sendiri.

Pengertian Program Kerja

Mungkin beberapa dari kamu sudah mengenal istilah ini sejak di bangku sekolah ataupun kuliah. Dalam suatu organisasi keberadaan program kerja selalu menjadi hal penting yang wajib untuk di miliki.

Program kerja adalah suatu rencana kegiatan organisasi yang sengaja disusun untuk jangka waktu atau periode tertentu. Program kerja tersebut merupakan hasil persetujuan setiap anggota organisasi yang kemudian digunakan sebagai pedoman bagi organisasi tersebut.

Tujuan Penyusunan Program Kerja

Bagi suatu organisasi program kerja memiliki peranan penting dalam memberikan arah jalannya organisasi. Begitupula dalam suatu bisnis, program kerja juga memiliki peranan dan tujuan yang tidak jauh berbeda. Karena pada dasarnya bisnis merupakan sebuah organisasi yang bergerak untuk tujuan profit atau keuntungan dengan menjual suatu produk atau jasa.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Menjadi Youtuber Pemula yang Sukses dan Terkenal

1. Sebagai Panduan Dalam Mencapai Tujuan (Visi dan Misi)

Visi dan Misi merupakan hal yang mendasari arah dari sebuah organisasi. Setiap organisasi umumnya memiliki visi dan misi mereka masing-masing yang ingin mereka capai.

Program kerja merupakan suatu alat yang dapat membantu dalam mencapai tujuan tersebut. Dengan menyusun program kerja untuk periode waktu tertentu, akan mempermudah kita dalam mencapai tujuan. Karena tentunya untuk mencapai tujuan perlu adanya proses dan tahapan-tahapan yang perlu kita lalui. Tahapan dan proses dalam mencapai tujuan akan menjadi lebih tersusun dan jelas ketika dimuat dalam program kerja.

2. Meningkatkan Efektivitas Kerja

Dengan adanya program kerja, suatu organisasi atau perusahan akan memiliki pedoman yang baik dalam mengambil keputusan. Sehingga akan berdampak pada peningkatan efektivitas kerja yang lebih baik sehingga penggunaan sumber daya akan lebih efektif.

Itulah mengapa penting untuk melakukan penyusunan program kerja dengan terperinci dan jelas. Terlebih ketika kita mengelola suatu bisnis dengan skala yang besar.

3. Membantu Menjawab Kebuntuan

Dalam menjalankan suatu bisnis mengalami kebuntuan merupakan hal yang tidak jarang terjadi. Apabila kebuntuan tersebut terus menerus berdatangan tentu akan berdampak buruk pada kinerja organisasi atau bisnis.

Kembali lagi itulah fungsi penyusunan program kerja sebagai pedoman dalam mencapai tujuan. Dengan adanya pedoman atau gambaran yang jelas tentu akan meminimalisir terjadinya kebuntuan dan menjawab berbagai pertanyaan yang akan dihadapi kedepannya.

4. Membuat Pekerjaan Lebih Terstruktur dan Sistematis

Dengan adanya program kerja perusahaan atau organisasi akan bergerak secara lebih terstruktur dan sistematis. Langkah seperti ini akan mendongkrak kinerja suatu perusahaan atau organisasi dalam mencapai tujuan mereka. Terlebih ketika sistem kerja yang ada cukup kompleks, pastinya bekerja secara terstruktur dan sistematis adalah poin yang penting.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Review: Pengalaman Berbelanja dan Berjualan di Itemku

Manfaat Program Kerja

1. Memunculkan Etos Kerja dan Kebersamaan

Suatu program kerja merupakan hasil persetujuan bersama setiap anggota yang terlibat. Hal tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan rasa kebersamaan dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Kondisi demikian akan meningkatkan etos kerja setiap anggota yang akan berdampak baik terhadap perusahaan atau organisasi.

2. Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab

Manfaat lain dari adanya program kerja yakni dapat meningkatkan rasa tanggung jawab setiap anggota yang terlibat. Dengan pembagian dan manajemen untuk setiap tugas dalam program kerja tentu akan menciptakan rasa tanggung jawab. Cara seperti ini tentunya akan sangat berdampak pada kinerja perusahaan atau organisasi.

3. Menciptakan Citra atau Pandangan yang Baik

Manfaat yang tidak kalah penting dari program kerja yakni dapat menciptakan citra yang baik kepada masyarakat. Peranan citra bagi sebuah perusahaan atau organisasi tentunya merupakan hal yang penting. Dengan citra yang baik suatu perusahaan atau organasisi akan memiliki nilai tersendiri di hati masyarakat. Program kerja yang baik dapat menunjukkan keseriusan suatu perusahaan atau organisasi dalam bergerak.

Cara Menyusun Program Kerja yang Baik

Setelah mengenal pentingnya program kerja bagi suatu perusahaan atau organisasi, tentunya tidak ada alasan untuk mengabaikan hal ini.

Beberapa langkah atau cara menyusun sebuah program kerja yang bisa kamu perhatikan yakni sebagai berikut,

1. Menentukan Tujuan yang Jelas

Sebagai sebuah alat untuk mencapai tujuan, tentunya program kerja harus memiliki tujuan atau goals yang jelas. Oleh karena itu kita perlu menentukan tujuan yang jelas dan layak sebelum menyusun program kerja. Sehingga langkah dan proses dalam mencapai tujuan tersebut dapat kita gambarkan dengan terstruktur dan sistematis.

2. Menentukan Jangka Waktu

Baik organisasi maupun perusahaan tentunya memiliki target waktu tertentu dalam mencapai tujuan tersebut. Itulah mengapa penting untuk menentukan jangka waktu yang jelas ketika akan menyusun program kerja. Karena dalam mengembangkan dan merelasiasikan tujuan yang lebih besar di perlukan proses atau langkah yang kompleks.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Tips Belanja Bahan Baku Franchise Untuk Para Franchisor

3. Memperhatikan Poin Penting Program Kerja

Dalam menyusun sebuah program kerja, penting untuk memperhatikan poin-poin dari program kerja itu sendiri. Beberapa poin yang ada pada program kerja yakni seperti:

  • Planning (Perencanaan)
  • Organizing (Pengorganisasian)
  • Evaluating (Evaluasi)

4. Menyusun Langkah-Langkah

Setelah semua hal tersebut kita tentukan, barulah kita susun keseluruhan langkah dalam mencapai tujuan tersebut dalam sebuah program kerja. Menyusun langkah-langkah tersebut perlu mempertimbangkan berbagai faktor seperti waktu, tujuan, dan sumber daya. Sehingga kita bisa menentukan prioritas langkah yang lebih baik.


Itulah beberapa hal yang bisa saya paparkan mengenai pentingnya program kerja dalam suatu bisnis. Kesimpulannya yakni dengan adanya program kerja suatu bisnis dapat berjalan dengan lebih tertata dalam mencapai tujuan, salah satu tujuan utamanya yakni dalam meraup profit atau keuntungan yang maksimal.

Walaupun bisnis yang kita miliki masih memiliki skala yang kecil keberadaan program kerja tetap penting untuk kita perhatikan. Semakin kompleks bisnis yang kita miliki tentu akan semakin kompleks pula program kerja yang ada.

Picture by Leon Oalh on Unsplash

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: