Penyebab Kegagalan Bisnis Online, Perlu Kamu Ketahui!

14 views

Bisnis online kini menjadi trend bisnis yang berkembang pesat. Hal tersebut tidak terlepas akibat perkembangan teknologi yang semakin maju. Salah satu dampak dari perkembangan teknologi yakni kemudahan dalam berbelanja. Kini kita bisa mendapatkan produk atau barang yang kita inginkan hanya melalui smartphone kita.

Itulah mengapa bisnis online menjadi trend bisnis yang sangat populer. Banyak pengusaha lawas yang juga mulai ikut terjun dalam bisnis online untuk memperluas pasar. Namun sayang masih banyak pengusaha yang gagal dalam berbisnis online.

Beberapa penyebab kegagalan dalam bisnis online berikut ini sering kali di abaikan. Itulah mengapa bisnis online yang dijalankan kadang sulit untuk berkembang dan akhirnya mengalami kegagalan. Berikut penyebab kegagalan dalam bisnis online yang penting untuk kita ketahui.

Penyebab Kegagalan Bisnis Online

1. Produk yang Tidak Terfokus

Alasan pertama mengapa bisnis online mengalami kegagalan yakni dalam hal produk. Ketika menjual produk secara online melalui market place, penting untuk membangun brand toko yang baik. Artinya kamu ingin membuka toko yang seperti apa, apakah toko kosmetik, kebutuhan pokok, peralatan elektronik atau yang lainnya. Dengan begitu kamu bisa menjual produk yang sesuai dengan brand toko kamu.

2. Penggunaan Foto Produk yang Kurang Maksimal

Foto produk yang digunakan pada market place online penting untuk diperhatikan. Produk yang pada dasarnya bagus akan terlihat jelek apabila foto produk tidak maksimal. Terlebih ketika berbelanja online, konsumen cenderung memilih produk dengan cara melihat foto. Karena pada dasarnya bisnis online memberikan batasan kepada konsumen yakni tidak bisa melihat langsung kondisi barang. Sehingga foto produk sangat penting untuk mewakilkan kondisi produk yang kamu jual kepada pelanggan.

3. Tidak Punya Keunikan

Seperti yang kita ketahui, baik itu bisnis online maupun offline akan selalu memiliki pesaing. Apabila kita tidak bisa bersaing tentu membuat bisnis kita tidak bisa berjalan dengan semestinya. Itulah mengapa penting untuk memberikan keunikan atau inovasi pada produk kita agar dapat bersaing dipasaran. Kamu bisa menemukan strategi yang cocok untuk produk kamu sehingga produk memiliki keunikan dibanding produk pesaing. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan traffic pelanggan yang baik.

4. Komunikasi yang Buruk

Dalam berbisnis penting untuk membangun komunikasi atau hubungan yang baik dengan pelanggan. Seperti yang kita ketahui, sistem pemasaran sekarang berfokus pada pelanggan. Dengan membangun hubungan komunikasi yang baik dengan konsumen dapat meningkatkan loyalitas mereka pada produk kita. Terlebih pada bisnis online, komunikasi memiliki peranan penting bagi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian.

5. Manajemen yang Buruk

Manajemen dalam suatu bisnis adalah hal penting yang tidak boleh disepelekan. Tidak jarang bisnis yang bangkrut akibat manajemen perusahaan yang buruk. Begitupula dengan bisnis online, penting adanya untuk memperhatikan manajemen. Baik itu manajemen pegawai, produk, distribusi, keuangan, dan lain sebagainya. Dengan manajemen yang baik bisnis kamu bisa berkembang dengan lebih baik pula.

Tips Memulai Bisnis Online

Dalam memulai bisnis baik itu online maupun offline, penting untuk memiliki motivasi yang kuat. Dengan adanya motivasi yang kuat, kita bisa menghadapi berbagai rintangan dalam dunia bisnis dengan lebih baik. Tidak jarang bisnis tanpa motivasi yang kuat mengalami kemunduran ketika menghadapi suatu masalah.

Selain motivasi, dalam memulai bisnis juga penting untuk memiliki goals atau tujuan yang kuat. Ketika bisnis memiliki goals atau tujuan, bisnis dapat berjalan dengan terarah. Goals atau tujuan dapat menjadi pemicu suatu bisnis untuk berkembang.

Itulah beberapa hal yang bisa kita bahas mengenai penyebab kegagalan bisnis online. Tentunya kegagalan merupakan sesuatu yang tidak kita harapkan. Namun tanpa adanya kegagalan, keberhasilan juga akan sulit digapai. Itulah mengapa jangan takut dengan kegagalan, selama kita selalu ingin mencapai keberhasilan. Kegagalan bukanlah akhri dari segalanya, melainkan awal dari kesuksesan.

Picture by Tim Gouw on Unsplash

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: