Peranan Growth Mindset dalam Membangun Karir Suksesmu

Peranan Growth Mindset – Pola pikir yang positif memberikan banyak manfaat dalam keseharian kita, dan sebaliknya pola pikir yang negatif menjadi pemicu suatu masalah. Sudah banyak studi yang menjelaskan betapa kuatnya peranan pola pikir dalam mempengaruhi berbagai aspek kehidupan kita.

Berbicara mengenai pola pikir, mungkin beberapa dari kamu belum kenal dengan istilah Growth Mindset. Artinya yakni pola pikir yang bertumbuh dan berkembang, lawannya yakni fixed mindset.

Memiliki mindset atau pola pikir yang bertumbuh merupakan salah satu hal penting yang menentukan bagaimana nasib kita kedepannya.

Ada baiknya untuk memahami lebih lanjut mengenai Growth Mindset ini untuk menambah wawasan kita agar dapat berkembang dan bertumbuh dengan lebih baik. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai pentingnya peranan growth mindset dalam berbagai aspek kehidupan kita, salah satunya yakni dalam membangun karir.

Apa Itu Growth Mindset

Pengertian dari Growth Mindset secara sederhana yakni bagaimana cara kita mengelola pola pikir yang kita miliki agar dapat berkembang dan bertumbuh bukan malah merasa hebat dan puas.

Sebagai contoh kamu memiliki bakat dalam bidang musik, dan menguasai beberapa jenis alat musik. Kemudian kamu merasa hebat dan merasa puas dengan apa yang sudah kamu gapai. Itulah contoh dari pola pikir fixed growth atau pola pikir yang stuck.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Maksud Dari Jangan Dengarkan Kata Orang, Teruslah Melangkah Maju

Padahal dari sekian miliar manusia, ada banyak yang memiliki keahlian, pengalaman dan wawasan yang lebih luas dalam bidang musik dibandingkan kamu. Mengapa kamu merasa hebat dan merasa puas dengan apa yang kamu capai sekarang, dan malah bermalas-malasan.

Seperti itulah kiranya gambaran dari Growth Mindset ini, mereka yang memiliki pola pikir bertumbuh akan selalu merasa kurang. Sehingga mereka akan terus menambah wawasan dan mengasah kemampuan mereka agar menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

Perbedaan Orang dengan Growth Mindset dan Tidak

1. Memiliki Tujuan atau Goals Besar

Seorang dengan mindset bertumbuh pastinya memiliki tujuan dalam hidup yang ingin mereka capai. Tidak jarang tujuan atau goals tersebut bahkan seperti mustahil untuk mereka gapai. Namun dengan growth mindset mereka selalu mencoba mencari jalan agar dapat mewujudkannya. Misalnya dengan memecah tujuan besar tersebut menjadi tujuan-tujuan kecil yang nantinya dapat menuntun kita kepada tujuan besar yang seakan mustahil kita raih itu tadi.

2. Memiliki Semangat dan Tekad yang Kuat

Seorang dengan growth mindset paham betul bahwa tidak hal yang instan, terdapat proses panjang yang perlu kita lalui dalam menggapai sesuatu. Terdapat pengorbanan seperti waktu, tenaga dan biaya yang perlu kita keluarkan untuk bisa sampai pada titik yang kita inginkan. Tentunya hal tersebut tidak akan bisa kita lakukan tanpa adanya semangat dan tekad yang kuat dari dalam diri kita pribadi.

3. Selalu Belajar dan Merasa Kurang

Perbedaan jelas lainnya dari mereka dengan mindset growth yakni mereka akan selalu belajar dan mengasah kemampuan atau hal yang mereka miliki. Seorang dengan pola pikir seperti ini tidak mudah merasa puas dan selalu berusaha untuk terus berkembang dan lebih baik lagi.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Investasi Terbaik Menurut Kamu Apa?

4. Terbuka dalam Menerima Kritikan

Kritik dan saran adalah suatu komponen penting yang juga tidak boleh kita abaikan. Tidak jarang dari kita yang merasa kritik dan saran merupakan suatu bentuk negatif yang dilontarkan oleh orang lain terhadap kita. Seorang dengan mindset growth mereka terbuka dalam menerima kritik maupun saran dan menganggapnya sebagai suatu pelajaran dan masukan penting untuk memperbaiki diri dan bertumbuh.

Pentingnya Peranan Growth Mindset dalam Membangun Karir

Dari gambaran diatas, tentunya kita sudah bisa menggambarkan secara lebih baik mengenai growth mindset ini. Terutama peranannya dalam aspek kehidupan kita misalnya dalam membangun karir dan menjadi seorang yang sukses dan berhasil di masa yang akan datang.

1. Membuat Kita Sadar Untuk Menjadi Sukses Perlu Proses

Pola pikir growth ini dapat memberikan kita kesadaran dalam kehidupan. Tidak ada hal yang bisa kita dapatkan secara instan, perlu proses untuk mendapatkannya, terlebih bagi kita yang bukan berasal dari keluarga yang berkelebihan. Oleh karena itu untuk menjadi sukses kita harus berani untuk menjalani proses tersebut dan tidak pantang menyerah, rintangan dan hambatan merupakan hal yang wajar.

2. Menonjolkan Sisi Kewibawaan

Seorang dengan pola pikir bertumbuh cenderung memiliki sisi kewibawaan yang menonjol. Sisi kewibawaan atau profesionalisme yang kita miliki dapat menunjang jalan kita untuk menjadi seorang yang berguna. Itulah mengapa dalam membangun karir penting untuk memiliki pola pikir yang baik seperti growth mindset.

3. Memberikan Keberanian untuk Keluar dari Zona Nyaman

Berada di zona nyaman yang kita miliki tidak selamanya baik untuk diri kita. Namun kenyamanan yang kita dapatkan terkadang membuat kita sulit untuk keluar dari zona tersebut dan malah terperangkap. Akhirnya ketika kita berhadapan dengan berbagai hal yang ada di luar zona nyaman kita, kita akan lebih sulit untuk menghadapinya. Dalam membangun karir tidak selalu jalan mulus yang kita hadapi, itulah mengapa zona nyaman kita tidak akan membantu banyak.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Kunci Sukses yang Padahal Kita Semua Sudah Tahu, Tapi?

Kesimpulan

Pada intinya, memiliki pola pikir atau mindset yang positif akan berdampak positif pula dalam berbagai aspek kehidupan kita. Mungkin kita bisa belajar dari banyaknya tokoh-tokoh besar dan sukses di dunia, tentunya mereka memiliki pola pikir sukses, pola pikir miliarder, pola pikir sehat yang merupakan bagian dari growth mindset itu sendiri.

Baca juga artikel menarik lainnya di Berbagi Coretanku

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: