Peranan Teknologi Informasi Dalam Mendorong Kemajuan Bisnis

Peranan Teknologi Informasi Dalam Bisnis – Teknologi informasi merupakan salah satu bukti perkembangan manusia dari waktu ke waktu. Seperti kita ketahui kemajuan teknologi dalam berbagai bidang terjadi sangat pesat yang memberikan dampak sangat besar pada kehidupan kita.

Teknologi pada dasarnya dirancang guna memermudah berbagai kegiatan manusia dalam berbagai aspek. Sebagai contoh dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi membuat banyak pelaku usaha yang terbantu dalam mengembangkan bisnis mereka.

Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi suatu bisnis dapat berkembang dengan lebih pesat. Sebagai contoh dalam kegiatan promosi, para pelaku usaha sangat mudah untuk mempromosikan bisnis mereka. Bahkan dengan pemanfaatan teknologi informasi yang baik, kita bisa dengan mudah menjangkau konsumen bahkan hingga ke belahan negara lain.

Sebagai pebisnis tentunya penting untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi ini dengan sebaik mungkin. Terlebih mengenal betapa pentingnya manfaat atau peranannya dalam sebuah bisnis.

Manfaat dari Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Suatu Bisnis

1. Kemudahan Dalam Menjangkau Berbagai Informasi

Informasi merupakan hal penting yang bisa memberikan kita suatu pandangan atau gambaran mengenai suatu hal. Dalam suatu bisnis, peranan informasi tentunya sangatlah penting. Sebagai contoh informasi sektor atau bidang bisnis yang kamu jalankan, atau informasi keadaan ekonomi dan lain sebagainya.

Semua informasi tersebut dapat memberikan pengaruh atau dampak yang signifikan dalam bisnis kita. Bayangkan bagaimana mudahnya kini informasi kita dapatkan, bahkan hanya melalui genggaman tangan.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Tips Belanja Bahan Baku Franchise Untuk Para Franchisor

2. Lebih Dekat dengan Pelanggan

Dalam bisnis apapun, peranan konsumen atau pelanggan merupakan salah satu faktor penting yang membuat suatu bisnis dapat berjalan. Tanpa adanya pembeli atau konsumen tentunya suatu bisnis akan sulit untuk berjalan atau bertahan.

Itulah mengapa ada pepatah yang menyatakan “pelanggan adalah raja” yang artinya pelanggan merupakan seorang bak raja yang perlu kita layani dengan baik. Dalam dunia bisnis kita kenal dengan loyalitas pelanggan yang artinya tingkat kesetiaan konsumen pada suatu produk atau jasa. Dengan adanya teknologi informasi sebagai pelaku usaha kita dapat mudah terhubung dan lebih dekat dengan pelanggan.

3. 24/7

Dengan adanya sistem yang sangat maju dalam perkembangan teknologi informasi kita tidak mengenal lagi batasan ruang dan waktu. Seperti kita tahu berbagai kegiatan dapat kita lakukan secara online yang terintegrasi selam 24 jam penuh setiap harinya.

Sistem tersebut menjadi peluang bagi para pelaku bisnis yang mau memanfaatkannya. Dengan teknologi informasi tersebut kita bisa melakukan kegiatan promosi, pencatatan, atau bahkan transaksi jual beli selama full 24 jam setiap harinnya atau tanpa batasan ruang dan waktu.

4. Kemudahan Dalam Memantau Bisnis

Dengan kemajuan teknologi informasi kita bisa dengan mudah memantau bisnis kita bahkan hanya melalui genggaman tangan. Sebagai contoh dengan adanya teknologi POS (Point of Sell) kita bisa dengan mudah melakukan pencatatan arus kas, memeriksa stock barang, mendapatkan laporan real time dan lain sebagainya melalui aplikasi kasir atau POS tersebut.

Itulah bukti nyata bahwa peranan teknologi informasi sangat penting dalam berbagai aspek salah satunya yakni dalam dunia bisnis.

5. Kemudahan Dalam Sistem Pembayaran

Salah satu keuntungan lainnya yang tidak kalah penting yakni dalam hal pembayaran. Seperti kita ketahui jika kita ingin bisnis kita semakin besar dan maju tentu kita harus bisa menjangkau konsumen yang lebih luas. Dengan adanya sistem pembayaran online yang mudah para pembeli dari berbagai daerah bisa dengan mudah melakukan pembelian.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Jitu Biar Selalu Semangat Dalam Bekerja

Terlebih dengan berbagai bantuan lain seperti marketplace, agen pengiriman, seperti Shopee, tokopedia, JNT, JNE dan lainnya membuat kita semakin mudah dalam menjangkau konsumen. Sehingga kegiatan pemasaran bisa lebih luas yang berdampak pada kemajuan bisnis yang lebih baik.

6. Memulai Bisnis Modal Kecil

Keuntungan lainnya dengan adanya kemajuan teknologi informasi dalam dunia bisnis yakni memberi kesempatan bagi siapa saja untuk berbisnis. Dengan bermodalkan niat dan tekad yang kuat kita bahkan bisa memulai bisnis tanpa harus keluar modal yang besar.

Sebagai contoh dengan berjualan online, menjadi dropshipper, dan lainnya. Dengan pemanfaatan teknologi informasi kita bisa memulai bisnis dengan modal yang lebih kecil. Sehingga tidak ada alasan untuk bingung dalam memulai berbisnis, modal terpenting adalah niat dan tekad yang kuat.

Contoh Teknologi Informasi yang Bisa Kita Manfaatkan Dalam Bisnis

1. Media Sosial

Dengan media sosial kita bisa dengan mudah melakukan kegiatan promosi produk atau bisnis kita. Bahkan tidak mustahil untuk menjangkau konsumen secara luas dengan strategi promosi yang baik. Bahkan seperti kita lihat sekarang, hampir tidak ada bisnis yang tidak menggunakan media sosial sebagai media promosi mereka.

2. Aplikasi Kasir

Aplikasi kasir juga penting untuk kita gunakan dalam berbisnis, beberapa manfaat lebih lanjutnya bisa kamu baca pada artikel Manfaat Aplikasi Kasir berikut ini. Pada intinya aplikasi ini dapat memberikan kemudahan dalam mengelola bisnis secara lebih profesional dan baik lagi untuk meningkatkan keuntungan yang maksimal.

3. Marketplace

Dengan adanya marketplace kita bisa memulai suatu bisnis bahkan tanpa perlu modal sekalipun seperti sistem dropshipper. Kita hanya perlu melakukan strategi promosi yang baik untuk meningkatkan penjualan. Bahkan dengan marketplace ini kita bisa memulai bisnis dari rumah secara online tanpa harus memikirkan sewa tempat.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Rekomendasi Aplikasi Kasir untuk Optimalkan Bisnis Kamu

4. Startup

Contoh lain pemanfaatan teknologi informasi yakni pada bisnis stratup atau perusahaan rintisan. Perusahaan rintisan sangat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam menjalankan kegiatan bisnis, seperti dengan meluncurkan aplikasi yang inovatif. Bahkan perusahaan stratup besar atau yang kita kenal dengan istilah Unicorn dapat tumbuh dengan cepat dan pesat karena adanya teknologi informasi ini.

Kesimpulan

Pada intinya perkembangan teknologi informasi sangat berdampak dalam berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya dalam dunia bisnis. Bisnis-bisnis yang sukses tidak terlepas dengan pemanfaatan teknologi informasi dengan baik dan optimal, sebut saja seperti perusahaan Stratup. Perusahaan rintisan memang dirancang untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan pesat. Itulah bukti pentingnya peranan teknologi informasi dalam mendorong kemajuan suatu bisnis dengan maksimal.

Baca juga artikel menarik lainnya di Berbagi Coretanku

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: