Perbedaan Menabung dan Investasi, Jangan Sampai Salah Paham Ya!!

32 views

Seperti yang kita ketahui, kebiasaan menabung sudah ada jauh sebelum kita kenal investasi. Baik orang tua maupun guru selalu mengajarkan kita pentingnya memiliki kebiasaan menabung sejaki dini.

Kebiasaan menabung memang merupakan kebiasaan yang sangat baik, karena kebiasaan ini dapat membantu kita mengelola keuangan dengan lebih baik lagi. Namun pernahkah kamu mendengar kata Investasi? Mungkin beberapa dari kamu sudah tidak asing lagi dengan kata ini. Menabung dan berinvestasi sebenarnya merupakan dua hal yang berbeda. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan Menabung dan Investasi agar kita lebih paham dan lebih baik lagi dalam mengelola keungan kita.

Pengertian

Menabung

Menabung merupakan kegiatan menyimpan atau menyisihkan sebagian uang yang kita miliki pada suatu tempat baik itu konvensional seperti pada celengan maupun secara modern melalui perbankan. Tujuan dari menabung bagi setiap individu tentunya berbeda-beda. Ada yang ingin menabung untuk membeli sesuatu, atau menabung untuk simpanan jika ada kepeluan mendadak.

Kegiatan menabung secara konvensional dan modern memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kekurangan menabung secara konvensional yakni keamanannya. Sedangkan menabung di bank cenderung uang kamu akan lebih terjamin. Namun menabung di bank memiliki kekurangan yakni adanya biaya administrasi bulanan. Hal tersebut tentunya akan membuat saldo tabungan kamu berkurang.

Investasi

Menabung dan berinvestasi pada dasarnya merupakan kegiatan yang hampir sama. Ketika kita menabung atau berinvestasi tujuan kita adalah untuk menyisihkan uang untuk tujuan tertentu. Namun berinvestasi lebih kearah profit atau keuntungan.

Instrumen investasi misalnya saja seperti saham, merupakan aset yang memiliki nilai intrinsik. Pengaruh permintaan dan penawaran dapat mempengaruhi nilai tersebut. Itulah mengapa berinvestasi memiliki kecendrungan untuk menghasilkan profit atau keuntungan.

Secara umum menabung dan berinvestasi merupakan kegiatan yang sama, yakni kegiatan menyisihkan dan menyimpan sebagian uang yang dimiliki untuk tujuan tertentu. Bagi sebagian orang kata investasi memang merupakan hal yang baru, hal tersebut dikarenakan minimnya sumber informasi yang kita dapatkan mengenai investasi ini. Dibangku sekolah maupun didalam rumah kata berinvestasi merupakan hal yang jarang diajarkan sejak dini yang membuat banyak dari kita yang masih belum paham dan kenal kata ini.

Berinvestasi juga memiliki manfaat yang sama baiknya dengan menabung karena pada dasarnya kita diajarkan untuk mengelola uang yang kita miliki agar dapat digunakan dengan lebih baik dan bijak.

Perbedaan

MenabungBerinvestasi
Jangka PendekJangka Panjang
Jumlahnya Tetap (Bahkan Bisa Berkurang)Jumlahnya Bertambah (Tergantung kondisi)
Tidak Perlu AnalisisPerlu Analisis
Semua KalanganHarus Memiliki KTP

Pada tabel dapat kita lihat perbedaan menabung dan berinvestasi yakni dalam jangka waktunya. Jangka waktu menabung cenderung lebih pendek. Artinya kita bisa mengambil uang yang kita tabung sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan kita. Sedangkan investasi umumnya merupakan kegiatan dalam jangka waktu panjang, yang artinya uang yang kita simpan tidak mudah untuk kita ambil begitu saja karena terdapat risiko yang mungkin terjadi seperti turunnya investasi yang membuat nilai uang kita menjadi minus dari jumlah yang kita investasikan.

Kemudian perbedaan lainnya yang mencolok yakni menabung merupakan kegiatan menyimpan uang dimana uang yang kita simpan tidak akan bertambah nilainya, bahkan dapat berkurang akibat biaya administasi bank dan inflasi. Sedangkan investasi merupakan kegiatan menyimpan uang yang dapat mempertahankan nilai uang tersebut agar tidak tergerus inflasi dan bahkan membuat uang kita bertambah.

Namun investasi merupakan kegiatan yang umumnya memerlukan persyaratan berupa KTP sebagai syarat pendaftaran untuk memulai investasi pada suatu instrumen investasi. Kemudian investasi merupakan kegiatan yang sebaiknya memerlukan analisis, yang artinya kita tidak bisa sembarangan dalam menempatkan uang yang kita miliki, karena adanya risiko yang mungkin terjadi.

Kesimpulan

Itulah perbedaan dari menabung dan berinvestasi yang mungkin dapat membuat pemahaman kamu lebih bertambah. Baik menabung maupun berinvestasi merupakan kebiasaan yang baik dan perlu kita biasakan sejak dini, dengan begitu kita bisa memanagement keuangan kita agar lebih berarti tidak hanya untuk masa sekarang melainkan juga untuk masa yang akan datang.

Pada intinya menabung dan berinvestasi merupakan dua hal yang berbeda, layaknya pedagang dan pengusaha. Keduanya juga merupakan hal yang mirip namun sebenarnya berbeda.

Picture on Unsplash

No Responses

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: