Perbedaan Pedagang dan Pengusaha, Jangan Sampai Salah Paham Ya!!

Istilah pedagang dan pengusaha merupakan istilah yang disematkan pada seseorang yang melakukan kegiatan bisnis untuk menuai profit atau keuntungan. Namun sayangnya masih banyak dari kita yang masih belum paham arti sesungguhnya atau perbedaan dari kedua istilah ini.

Pedagang dan pengusaha merupakan pelaku usaha yang sama-sama memiliki tujuan untuk mencari profit dengan cara yang berbeda yakni berdagang dan berbisnis. Pada hal inilah perbedaan pedagang dan pengusaha yang sangat terlihat. Bagi seorang pengusaha berdagang bukan merupakan fokus utama mereka dalam menjalankan suatu bisnis. Sementara berdagang bagi pedagang merupakan fokus utama yang mereka lakukan, sehingga orientasi dari kedua pelaku usaha ini berbeda.

Pada intinya berdagang menitikberatkan pada hasil atau keuntungan instan yang dapat langsung dirasakan oleh pelaku. Sedangkan berbisnis lebih menitikberatkan pada hasil yang lebih besar dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Tidak sedikit orang yang salah pengertian mengenai kedua pelaku usaha ini. alhasil ketika mereka mencoba untuk terjun dalam dunia bisnis mereka malah terjebak kedalam kegiatan atau lingkup yang tidak sesuai. Banyak dari mereka yang berjualan bertahun-tahun namun tidak bisa mencapai impian karena terjebak pada orientasi yang salah itu tadi.

Oleh karena itu penting adanya untuk mengetahui perbedaan dari Pedagang dan Pengusaha secara lebih lanjut agar kamu tidak salah ketika ingin terjun dalam kegiatan bisnis untuk mencari profit atau keuntungan.

Pengertian

Pedagang

Pengertian dari pedagang adalah orang atau pelaku usaha yang melakukan kegiatan membeli suatu barang untuk kemudian dijual demi mendapatkan selisih harga atau keuntungan. Artinya seperti yang disinggung diatas tadi, pedagang memiliki fokus utama untuk mencari keuntungan atau selisih harga secara instan. Namun hal tersebut bukan berarti menunjukan bahwa pengusaha tidak memiliki orientasi untuk mencari profit atau keuntungan.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Mengetahui Akun Media Sosial Asli atau Palsu

Pengusaha

Pengertian dari pengusaha adalah orang atau pelaku usaha yang memiliki kemampuan dalam melihat dan menilai peluang-peluang bisnis. Pengusaha memiliki mindset atau orientasi yang lebih panjang atau jauh terhadap bisnis yang ia jalankan. Sehingga risiko yang dimiliki seorang pengusaha akan lebih besar dibandingkan dengan pedagang. Karena orientasi yang panjang tersebut membuat keuntungan yang didapat oleh seorang pengusaha tidak bisa dengan mudah didapat secara instan. Umumnya keuntungan akan digunakan atau diinvestasikan lagi untuk mengembangkan usaha yang dijalankan agar dapat berkembang dan lebih maju.

Perbedaan

PedagangPengusaha
Perencanaan Jangka PendekPerencanaan Jangka Panjang
Konsumen adalah pemberi uangKonsumen merupakan pelanggan
Kita Bekerja Untuk UangUang Bekerja Untuk Kita
Tidak ada Sistem KerjaTerdapat Sistem Kerja
Jam Kerja PenuhJam Kerja Longgar

Jika dilihat dari tabel diatas dapat kita tarik secara garis besar perbedaan dari pedagang dan pengusaha. Sebagai contoh dalam hal perencanaan, umumnya pedagang hanya memiliki perencanaan jangka pendek yakni untuk mendapatkan keuntungan dari produk yang mereka miliki. Sedangkan pengusaha memiliki perencanaan yang jauh lebih panjang kedepan.

Kemudian seorang pedagang dan pengusaha memiliki sudut pandang yang berbeda terhadap konsumen. Pedagang memandang konsumen sebagai pemberi uang, oleh karena itu mereka berusaha merebut uang para konsumen. Sedangkan pengusaha lebih memandang konsumen sebagai pelanggan yang harus kita jalin hubungan yang baik. Dengan kata lain pengusaha lebih mementingkan kenyamanan dan kepuasan konsumen.

Pedagang memiliki orientasi yakni bekerja untuk menghasilkan uang. Hal tersebut membuat mereka bekerja lebih keras agar mendapatkan uang yang lebih banyak. Sementara pengusaha akan berfokus pada bagaimana membuat sistem agar usaha yang ia jalankan dapat berjalan dengan efisien. Dengan demikian jam kerja dapat lebih optimal dan uang atau keuntungan tetap maksimal.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Rekomendasi Aplikasi Kasir untuk Optimalkan Bisnis Kamu

Kesimpulan

Setelah memahami penjelasan diatas tentunya kita sudah bisa mengambil kesimpulan dari pebedaan pedagang dan pengusaha. Dengan begitu kita bisa memperbaiki maindset atau orientasi yang salah ketika ingin terjun dalam dunia bisnis. Sehingga impian kita untuk menjadi orang yang sukses bisa tercapai dengan baik.

Photo by Annie Spratt on Unsplashf

No Responses

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: