7 Pertimbangan Dalam Memilih Perusahaan Sekuritas

7 views

Bagi para calon investor, memilih sebuah perusahaan sekuritas untuk membuka rekening saham tidak jarang menjadi dilema. Hal tersebut juga terjadi pada saya ketika hendak memulai untuk berinvestasi di pasar modal.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa pertimbangan yang bisa kita perhatikan dalam memilih perusahaan sekuritas. Dengan begitu kita bisa memilih perusahaan sekuritas yang tepat atau sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Sehingga kegiatan transaksi di pasar modal menjadi lebih lancar.

Apa Itu Perusahaan Sekuritas?

Jadi bagi teman-teman yang masih bingung atau belum tau mengenai perusahaan sekuritas, kita akan bahas secara singkat terlebih dahulu.

Pada awalnya saya juga mengalami kebingungan yang sama ketika masuk ke pasar modal.

Apa sih perusahaan sekuritas itu? pertanyaan itulah yang tersirat di pemikiran saya pertama kali.

Jadi singkatnya perusahaan sekuritas ini adalah lembaga yang bertindak sebagai perantara perdagangan efek yang memiliki lisensi untuk memperdagangkan atau memperjualbelikan saham.

Jadi perusahaan sekuritas ini bertindak sebagai perantara antara investor dengan pasar modal dalam melakukan transaksi jual beli efek.

Pertimbangan Dalam Memilih Perusahaan Sekuritas

Setelah mengenal perusahaan sekuritas, tentunya pertanyaan yang timbul berikutnya yakni bagaimana cara memilih perusahaan sekuritas yang baik.

Dari sekian banyak perusahaan sekuritas yang ada baik itu perusahaan lokal maupun mancanegara. Mereka tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam berbagai aspek. Beberapa hal perlu kita pertimbangkan ketika memilih perusahaan sekuritas, dengan begitu kita bisa bertransaksi dengan lebih nyaman untuk kedepannya.

1. Customer Service (CS) yang Baik

Hal yang paling penting yang perlu kamu perhatikan ketika memilih perusahaan sekuritas adalah layanan CS yang mereka miliki. Ada baiknya untuk memilih perusahaan sekuritas yang memiliki CS dengan pelayanan yang baik.

Dari pengalaman pribadi saya, peranan CS pada sekuritas sangatlah penting, karena tidak jarang terjadi berbagai kendala saat kita melakukan transaksi. Dengan adanya dukungan Customer Service yang baik, kendala atau permasalahan yang kita hadapi dapat terselesaikan.

Pastikan untuk mempertimbangkan hal ini dalam memilih perusahaan sekuritas. Beberapa perusahaan sekuritas memiliki layanan CS yang baik, seperti fast response, mudah di hubungi, aktif di berbagai media seperti media sosial. Dengan begitu kita sebagai nasabah akan lebih senang ketika mendapatkan pelayanan yang baik.

2. Layanan Online yang Diberikan

Pertimbangan berikutnya dalam memilih perusahaan sekuritas yakni terkait layanan yang mereka berikan. Di era modern seperti sekarang, berbagai hal dapat kita lakukan tanpa harus keluar rumah yakni dengan online.

Layanan online tersebut penting untuk kamu perhatikan pada perusahaan sekuritas, sebagai contoh seperti pada saat pembukaan rekening. Beberapa sekuritas memberikan layanan full online untuk proses pembukaan rekening, sehingga kita tidak perlu pergi ke kantor terdekat ketika ingin membuka rekening saham.

Dengan proses online ini tentunya akan lebih menghemat waktu, tenaga maupun biaya. Saya sendiri sangat terbantu dengan layanan online ini, karena saya berada di kampung sehingga kantor cabang perusahaan sekuritas berada jauh dari daerah saya. Sehingga dengan adanya layanan ini saya bisa membuka rekening saham dengan mudah tanpa perlu repot.

3. Fee Transaksi yang Terjangkau

Bagi kamu yang belum tau, ketika bertransaksi baik jual maupun beli di pasar modal kita akan di bebankan biaya tambahan dari perusahaan sekuritas. Biaya tersebut kita kenal dengan sebutan fee transaksi, yang mana besaran atau nominal pada setiap perusahaan berbeda-beda sesuai dengan kebijakan masing-masing.

Untuk fee transaksi sendiri menurut saya pribadi merupakan hal yang memiliki pertimbangan berbeda-beda untuk setiap investor. Karena saya pribadi saat ini memilih perusahaan sekuritas dengan fee transaksi yang cukup tinggi dengan mempertimbangkan aspek lainnya.

Jika perusahaan sekuritas yang memberikan fee lebih besar memiliki kelebihan dan layanan yang kamu butuhkan tentu tidak ada salahnya untuk memilih perusahaan sekuritas tersebut. Terlebih ketika nominal transaksi yang kita lakukan tidak terlalu besar, fee tersebut umumnya tidak membebankan.

Rata-rata fee transaksi yang diberikan perusahaan sekuritas yakni 0,15% – 0,19% untuk fee beli, dan 0,25% – 0,29% untuk fee jual. Artinya jika kita membeli saham dengan nominal uang sebesar Rp. 500.000, artinya kita akan di bebankan biaya Rp. 950 untuk fee beli sebesar 0,19%. Berbeda jika transaksi kita cukup besar dan sering seperti 1 Miliar dengan fee 0,19 kita besaran fee yang perlu kita bayarkan yakni sebesar Rp. 1.900.000.

4. Setoran Awal yang Diperlukan

Syarat pembukaan rekening saham di sebuah sekuritas antara lain yakni setoran awal. Setiap perusahaan sekuritas memiliki kebijakan yang berbeda-beda mengenai setoran awal saat pembukaan rekening.

Penting untuk memilih perusahaan sekuritas yang memberikan setoran awal yang sesuai dengan keuangan kamu. Sehingga kita tidak perlu ambil pusing pada saat pembukaan rekening.

Beberapa perusahaan sekuritas bahkan tidak memiliki persyaratan setoran awal pada saat pembukaan rekening, sehingga sangat membantu bagi kamu yang merasa terbebani dengan setoran awal ini. Pada dasarnya setoran awal tersebut tetap seutuhnya ada di tangan kita.

5. RDN yang Mereka Sediakan

Ketika membuka rekening saham di sebuah perusahaan sekuritas, kita akan mendapatkan RDN atau Rekening Dana Nasabah yang memiliki peranan layaknya rekening bank. Perbedaanya RDN tidak memiliki buku tabungan ataupun ATM dan hanya bertindak sebagai wadah untuk menampung dana nasabah di pasar modal.

Uang yang ada pada RDN dapat kita cairkan ke rekening bank sewaktu-waktu jika kita perlukan. Itulah mengapa pada saat pembukaan rekening pada perusahaan sekuritas kita diminta untuk memberikan data rekening bank kita. Beberapa perusahaan sekuritas mewajibkan kita untuk memiliki rekening bank yang sama dengan RDN yang mereka miliki.

Sebagai contoh perusahaan sekuritas seperti Mirrae Asset, dan MNC Sekuritas, mewajibkan nasabahnya untuk memiliki rekening bank BCA sebagai syarat pembukaan akun di perusahaan sekuritas mereka. Karena RDN atau rekening dana nasabah yang mereka sediakan merupakan RDN BCA.

Oleh karena itu penting untuk mempertimbangkan hal ini ketika ingin membuka rekening di sebuah perusahaan sekuritas.

6. Kelengkapan Fitur Aplikasi

Setiap perusahaan sekuritas memiliki aplikasi mereka masing-masing yang memiliki fungsi untuk melakukan transaksi jual beli saham, analisa, informasi dan sebagainya. Aplikasi yang mereka tawarkan umumnya memiliki versi desktop dan juga smartphone.

Sehingga kita bisa melakukan transaksi saham melalui komputer maupun smartphone kita.

Hal yang perlu kamu perhatikan disini yakni mengenai kelengkapan fitur dan kenyamanan yang mereka berikan. Tentunya semakin lengkap fitur yang ada akan membuat para investor semakin nyaman ketika menggunakan aplikasi tersebut. Terlebih jika aplikasi tersebut memiliki fungsi-fungsi yang baik dan nyaman.

7. Menawarkan Berbagai Produk Investasi lainnya Seperti Reksadana dan ETF

Jika kamu tidak asing dengan produk investasi lain seperti Reksadana, obligasi, ETF, dan lainnya. Ada baiknya untuk memilih perusahaan sekuritas yang tidak hanya menawarkan produk efek saja, melainkan juga produk investasi lainnya.

Dengan begitu ketika kamu ingin berinvestasi pada produk yang lain, kamu bisa langsung membelinya di satu perusahaan sekuritas yang sama tanpa perlu menggunakan perusahaan sekuritas lainnya.

Hal ini tentunya akan lebih memudahkan kita dalam berinvestasi pada berbagai produk investasi. Sehingga penting untuk menjadi pertimbangan ketika ingin memilih perusahaan sekuritas.


Itulah beberapa pertimbangan yang bisa menjadi perhatian ketika ingin membuka rekening di sebuah perusahaan sekuritas. Ada baiknya untuk mempertimbangkan berbagai hal sesuai dengan keperluan, kebutuhan dan kemampuan kita agar dapat memilih perusahaan sekuritas yang tepat.

Semoga artikel kali ini membantu teman-teman dalam memahami dunia investasi. Jika ada pertanyaan ataupun pengalaman menarik ketika membuka rekening di sebuah perusahaan sekuritas, teman-teman bisa bagikan di kolom komentar.

Picture Get From Unsplash

No Responses

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: