Rekomendasi Aplikasi Kasir untuk Optimalkan Bisnis Kamu

Rekomendasi Aplikasi Kasir – Keberadaan aplikasi kasir cukup penting dalam sebuah bisnis, dengan adanya aplikasi ini kita akan lebih mudah dalam melakukan transaksi dan juga mengelola bisnis kita. Aplikasi kasir lebih akrab dengan istilah POS (Point of Sell) yang fungsi utamanya yakni untuk melakukan pencatatan transaksi keluar dan masuk secara otomatis.

Dengan menggunakan aplikasi kasir sebagai pemilik suatu bisnis kita bisa memantau arus kas dengan lebih mudah bahkan tanpa perlu mengunjungi tempat kerja. Terlebih beberapa aplikasi kasih tidak hanya memberikan fitur untuk mencatat arus kas saja, melainkan juga fitur berguna lainnya seperti manajemen stock, analisis laba/rugi dan lainnya.

Bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis bisa mulai memperhatikan manajemen bisnis kamu dengan lebih baik seperti penggunaan aplikasi kasir. Alasanya karena aplikasi kasir umumnya dapat kita gunakan bahkan melalui smartphone saja, sehingga sangat membantu bagi kamu yang keterbatasan modal.

Manfaat Aplikasi Kasir (Point of Sell)

1. Manajemen Arus Kas

Manfaat utama dari aplikasi POS ini yakni untuk memantau arus masuk dan keluar pada bisnis kita. Sebagai pengelola bisnis hal tersebut tentunya sangat penting karena dengan manajemen kas yang baik tentu membuat keuntungan yang kita dapat bisa lebih maksimal.

2. Menghindari Oknum Nakal

Dengan aplikasi kasir kita juga bisa menghindari oknum nakal terutama bagi kamu yang menggunakan pekerja pada bisnis kamu. Tidak jarang terjadi kasus dimana para pekerja yang mengambil keuntungan dari penjualan dengan memalsukan transaksi. Dengan adanya struck pembayaran yang ada pada aplikasi kasir dapat menghindari terjadinya aksi nakal oleh para pegawai.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Macam-Macam Modus Pinjol Ilegal, Hati-Hati!

3. Manajemen Stock

Umumnya aplikasi kasir memiliki fitur berguna seperti manajemen stock yang dapat kita gunakan untuk memantau persediaan bahan baku. Dengan adanya fitur ini kita bisa dengan mudah memantau keperluaan bahan baku yang harus kita penuhi, sehingga kita bisa memperlancar kegiatan bisnis.

4. Meningkatkan Profesionalisme Pada Bisnis

Aplikasi kasir juga dapat membantu meningkatkan profesionalisme bisnis kamu di mata para konsumen atau pelanggan kamu. Itulah mengapa bisnis-bisnis besar pastinya memperhatikan penggunaan aplikasi POS pada bisnis mereka, selain dari memudahkan kegiatan transaksi juga meningkatkan profesionalisme.

5. Memudahkan Pencatatan

Aplikasi kasir menjadi salah satu inovasi yang sangat berguna di kalangan para pebisnis, karena dengan adanya aplikasi ini kegiatan pencatatan akan lebih mudah. Kegiatan pencatatan dalam suatu bisnis penting untuk kita laksanakan, dengan begitu kita bisa melakukan evaluasi dan menghindari terjadinya kebocoran dana yang tentunya dapat merugikan suatu bisnis. Aplikasi kasir sangat membantu dalam proses pencatatan oleh kasir, dan sebagai pemilik usaha kita bisa melihatnya dengan mudah melalui aplikasi.

Rekomendasi Aplikasi Kasir untuk Bisnis

Ada beberapa aplikasi kasir yang bisa saya rekomendasikan yang mungkin bisa menjadi pilihan untuk bisnis kamu. Tentunya penting untuk memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sehingga aplikasi tersebut dapat lebih membantu kita dalam menjalankan bisnis.

Berikut akan saya berikan beberapa rekomendasi aplikasi kasir yang bisa anda coba dengan ulasan singkat untuk setiap aplikasinya.

1. Olsera POS

Salah satu aplikasi kasir yang pernah saya coba yakni Olsera POS. Waktu itu saya bekerja pada salah satu rumah makan dari situlah saya mengenal aplikasi ini. Menurut saya penggunaan aplikasi ini cukup mudah dengan tampilan yang simpel dan nyaman. Terlebih fitur-fitur yang mereka berikan juga cukup lengkap seperti pengaturan meja, stock bahan, metode pembayaran, cloud server dan lainnya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Menghasilkan Uang Bermodalkan Smartphone Kentang

2. POST.

Aplikasi kasir lainnya yang juga menjadi pertimbangan saya waktu itu yakni POST. Aplikasi kasir satu ini cukup membuat saya tertarik dengan fitur-fitur yang mereka berikan dan tampilan yang lebih menarik yang cukup premium. Fitur lengkapnya saya rasa sangat cukup untuk berbagai jenis bisnis yang ada, sehingga tidak perlu khawatir dengan fitur yang mereka tawarkan. Alasan saya memilih aplikasi Olsera POS waktu itu yakni karena adanya pihak Olsera yang datang dan menjelaskan secara detail tentang aplikasi mereka.

3. Majoo

Aplikasi kasir berikutnya yang juga bisa menjadi pertimbangan untuk bisnis anda yakni Majoo. Aplikasi ini cukup mendapatkan review yang bagus oleh para pengguna dengan keandalan yang mereka miliki. Sama halnya dengan aplikasi kasir lainnya, fitur umum aplikasi kasir tentunya ada pada aplikasi Majoo ini, bahkan mungkin lebih lengkap. Dari segi tampilan sendiri aplikasi ini cukup user friendly yang memudahkan dalam penggunaannya, serta tampilannya menarik dan terkesan premium.

4. Gobiz

Bagi kamu mitra Go-food pastinya sudah tidak asing dengan aplikasi Gobiz. Bagi para mitra go-food mereka bisa melakukan pendaftaran fitur POS pada kedai mereka. Aplikasi POS Gobiz ini cukup simpel namun sangat berguna bagi para mitra untuk bisnis mereka. Saya sendiri juga merupakan mitra Go-Food yang sangat terbantu dengan adanya fitur POS ini. Kita bisa melakukan pencatatan, mencetak struck dan menerima pembayaraan QR Code dengan fitur POS Gobiz ini.

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi kasir atau POS yang pernah saya coba dan menurut saya cukup bagus untuk menjadi pilihan. Tentunya sebelum memilih salah satu aplikasi untuk berlanggan ada baiknya untuk mencari lebih lanjut kelebihan dan kekurangan masing-masing aplikasi.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Mengenal Pentingnya Program Kerja Dalam Suatu Bisnis

Sehingga kita bisa memutuskan pilihan yang lebih cocok dengan kebutuhan kita, khususnya dengan budget yang tersedia. Karena untuk mendapatkan fitur yang lengkap kita perlu berlangganan dengan paket harga yang berbeda-beda untuk masing-masing aplikasi.

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: