Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi

Manajemen keuangan atau pengelolaan keuangan yang buruk menjadi salah satu penyebab permasalahan finansial. Hal tersebut terjadi karena adanya pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan. Dengan mengatur pengeluaran kita secara lebih rapih akan membuat kita bisa melihat apasaja pengeluaran yang mungkin tidak kita perlukan. Sehingga kita bisa menciptakan keuangan pribadi yang lebih baik lagi.

Salah satu alasan mengapa kita males untuk mengatur keuangan yakni karena ribet untuk mencatat apa saja pengeluaran kita setiap harinya. Namun hal tersebut tentu sudah tidak bisa menjadi alasan lagi dizaman yang sudah sangat maju ini. Hanya dengan menggunakan smartphone yang sering kamu gunakan kita sudah bisa melakukan pencatatan keuangan harian kita.

Ada banyak aplikasi pengatur keuangan yang bisa kamu pilih dan gunakan untuk mengatur keuangan pribadi kamu. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi pengatur keuangan yang bisa kamu coba. Dengan begitu kamu bisa membuat keuangan pribadi kamu menjadi lebih teratur.

Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi Yang Mudah Untuk Digunakan

1. Money Lover

Aplikasi satu ini merupakan salah satu aplikasi favorit saya, karena dengan aplikasi ini saya bisa melakukan pencatatan dengan mudah dan praktis.

Aplikasi ini sudah cukup lama saya gunakan karena kemudahan dan fitur-fitur lengkap yang diberikan. Dengan aplikasi ini kita bisa melakukan pencatatan pengeluaran harian, memonitor pengeluaran, mencatat pemasukan, melakukan perencanaan dan yang lainnya.

Kamu bisa menambahkan beberapa dompet sesuai dengan manajemen keuangan kamu dengan mudah. Sehingga kamu bisa memantau pengeluaran masing-masing dompet sekaligus pada satu aplikasi tanpa perlu repot. Dengan adanya fitur tersebut, aplikasi ini juga saya gunakan untuk mencatat keuangan usaha saya, sehingga saya bisa dengan mudah memantau usaha dengan aplikasi ini.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Review: Pengalaman Berbelanja dan Berjualan di Itemku

Salah satu keunggulan yang saya suka dari aplikasi ini yakni tampilannya yang modern dan mudah untuk kita gunakan. Dengan begitu kita tidak perlu bingung untuk mengatur keuangan kita dengan menggunakan aplikasi ini.

2. Buku Warung

Jika kamu ingin mencari aplikasi pencatatan keuangan yang lebih spesifik untuk bidang usaha maka Buku Warung bisa menjadi pilihan. Aplikasi ini memang dirancang khusus untuk kamu yang memiliki usaha agar memudahkan dalam pencatan keuangan usaha kamu.

Salah satu fitur yang sangat berguna yakni Catat Utang, yang bisa kamu gunakan untuk mencatat utang para pelanggan. Sehingga kamu bisa dengan mudah melacak berapa saja hutang pelanggan kamu tanpa perlu takut lupa dan salah. Bahkan fitur tersebut juga memungkinkan kita untuk mengirimkan pesan atau SMS otomatis kepada para pelanggan yang berhutang untuk pengingat mereka agar segera melunasi hutang. SMS yang dikirim menggunakan nomor Buku Warung sehingga kamu tidak perlu memikirkan biaya SMS dan tidak perlu sungkan dengan pelanggan.

Dengan fitur-fitur lengkap untuk bisnis tersebut, kamu bisa mengelola keuangan usaha kamu dengan lebih baik sehingga dapat meraup untung dengan maksimal pula.

3. 1Money

Aplikasi pengatur keuangan pribadi berikutnya yang menjadi rekomendasi untuk kamu coba yakni 1Money. Alasan mengapa aplikasi ini menjadi rekomendasi karena fitur manajemennya yang cukup lengkap terutama dalam melakukan controling dan tracking keuangan kita.

Dengan aplikasi ini kamu bisa mengatur budget pengeluaran yang bisa kamu sesuaikan dengan pemasukan kamu. Sehingga kamu bisa melakukan manajemen keuangan pribadi kamu dengan lebih baik. Terutama untuk kebutuhan pokok, keinginan atau bahkan investasi kamu untuk masa depan.

4. Money Manager

Aplikasi keuangan satu ini cocok untuk kamu yang memiliki manajemen keungan lebih kompleks. Dengan aplikasi ini kamu bisa mencatat keuangan kamu baik itu pada kartu Debit maupun Kredit yang kamu punya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Rekomendasi Aplikasi Kasir untuk Optimalkan Bisnis Kamu

Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini diperangkat desktop kamu. Sehingga kamu bisa melakukan manajemen keuangan dengan lebih leluasa dan kompleks lagi pada perangkat pc yang tentunya tersambung dengan aplikasi yang ada di Hp kamu.

5. Catatan Keuangan – Pembukuan Keuangan

Aplikasi lainnya yang juga tidak kalah dengan aplikasi sebelumnya yakni Catatan Keuangan. Dengan tampilan yang friendly dan menarik membuat aplikasi ini menjadi rekomendasi untuk kamu.

Selain itu fitur-fitur yang ada pada aplikasi ini juga cukup untuk membantu kamu dalam mengatur keuangan. Sehingga keuangan akan menjadi lebih terukur.


Beberapa aplikasi pengatur keuangan diatas merupakan aplikasi pengatur keuangan yang terbilang cukup baik dibandingkan yang lain. Terutama dari segi fitur, tampilan antar muka, kemudahan pemakaian, kinerja dan beberapa hal lainnya.

Karena untuk mengelola keuangan dengan baik tentunya perlu sistem atau aplikasi yang membantu pula. Beberapa aplikasi pilihan diatas menjadi jawaban untuk kamu yang tengah mencari aplikasi pengatur keuangan yang bagus.

Pentingnya Manajemen Keuangan

Seperti yang sudah kita bahas diawal, manajemen keuangan yang buruk menjadi salah satu penyebab terjadinya permasalahan finansial. Peribahasa mengatakan, lebih besar pasak daripada tiang, hal tersebut tentunya tidak berlaku untuk semua aspek, salah satunya keuangan.

Jika pengeluaran lebih besar daripada pemasukan, itulah yang membuat seseorang terlilit masalah finansial. Akibat keuangan yang tidak mencukupi pengeluaran akhirnya tidak jarang dari mereka yang memilih untuk berhutang. Akhirnya ekonomi atau keuangan pribadi akan mengalami kekurangan atau masalah.

Disitulah peranan dari manajemen keuangan untuk mengatur keuangan kita. Karena tanpa kita sadari ada begitu banyak pengeluaran yang mungkin sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan, namun karena tidak adanya manajemen yang baik, pengeluaran tersebut terus dilakukan.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  4 Macam Faktor Produksi Beserta Pengertian dan Tujuannya

Dengan manajemen kita bisa melakukan monitoring atau pemantauan terhadap pengeluaran bulanan kita, sehingga kita bisa melihat apa saja pengeluaran yang tidak diperlukan dan kemudian melakukan perenanaan. Selain itu kita juga dapat mengatur gaya hidup kita agar seimbang dengan pemasukan bahkan jika bisa pemasukan lebih besar daripada gaya hidup.

Selain itu dengan manajemen keuangan yang baik, kita tidak hanya bisa mengatur keuangan kita untuk sekarang, melainkan juga untuk masa yang akan datang. Misalnya dengan menyisihkan sebagian uang setiap bulannya untuk berinvestasi.

Sebagai contoh manajemen keuangan yang cukup terkenal yakni 50,30,20. Maksudnya yakni membagi pendapatan yang kita punya menjadi tiga kebutuhan yaitu 50 persen untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk keinginan, dan 20 persen untuk savings.

Dalam suatu bisnis, perusahaan yang baik tentunya memiliki pengelolaan atau manajemen keuangan yang baik. Karena tanpa adanya hal tersebut tentu perusahaan tersebut tidak bisa bertahan dalam dunia bisnis. Oleh karena itu memiliki manajemen keuangan pada diri kita akan memberikan manfaat yang baik bagi kehidupan kita. Seperti itulah kiranya peranan dari manajemen keuangan tersebut.

Baca juga artikel menarik lainnya di Berbagi Coretanku

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: