Strategi Investasi Untuk Ibu Rumah Tangga Tanpa Ribet!

Tugas mengelola keuangan seringkali menjadi tanggung jawab seorang istri. Terlebih jika istri tidak bekerja dan menjadi ibu rumah tangga. Namun masih banyak ibu rumah tangga yang belum paham bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik. Dalam mengelola keuangan rumah, ibu perlu mengetahui strategi investasi yang tepat. Investasi sendiri merupakan pondasi dalam manajemen keuangan yang penting untuk dimiliki.

Berikut ini adalah strategi investasi untuk ibu rumah tangga yang masih bingung mengelola keuangan yang benar. Pastikan keuangan keluarga tercinta terkelola dengan baik. Dengan begitu keluarga akan lebih sejahtera khususnya dalam hal ekonomi.

Pentingnya Investasi Dalam Rumah Tangga

Kesadaran akan investasi di Indonesia sendiri masih cukup rendah. Hal tersebut tentunya perlu menjadi perhatian setiap orang. Menyisihkan sebagian uang untuk berinvestasi adalah pilihan yang tepat untuk menjamin kesejahteraan. Salah satu cara mencapai financial freedom sendiri adalah investasi. Beberapa manfaat investasi dalam rumah tangga yakni sebagai berikut.

1. Mengelola Keuangan

Investasi penting untuk manajemen atau mengelola keuangan. Dengan menyisihkan pemasukan rumah tangga untuk investasi secara tidak langsung membuat keuangan lebih terkelola. Tidak hanya untuk jangka waktu dekat, keuangan juga akan lebih terkelola untuk jangka waktu panjang.

2. Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga

Keluarga yang sejahtera tentuya menjadi impian setiap pasangan. Tentu dalam meningkatkan kesejateraan perlu adanya manajemen yang baik. Salah satunya yakni dalam mengeloa keuangan rumah tangga. Tidak jarang buruknya manajemen keuangan membuat kesejahteraan keluarga menjadi menurun.

3. Mempersiapkan Kebutuhan yang Akan Datang

Salah satu manfaat terbesar investasi dalam keluarga yakni sebagai persiapan kebutuhan yang akan datang. Dengan berinvestas kebutuhan keluarga di masa yang akan datang menjadi lebih terjamin. Misalnya kebutuhan pendidikan anak, kesehatan, pensiun dan sebagainya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Panduan Cara Beli Emas ANTAM yang Benar

Strategi Investasi Untuk Ibu Rumah Tangga

Mempersiapkan Dana Darurat

Strategi investasi untuk ibu rumah tangga pertama yakni mempersiapkan dana darurat. Kita bisa menggunakan dana ini pada saat keadaan tertentu. Dengan adanya dana ini maka manajemen keuangan akan menjadi lebih baik. Karena kita tidak perlu mengambil jatah dari kebutuhan lainnya.

Umumnya besaran dana darurat yang harus ada yakni minimal 6 bulan biaya hidup. Salah satu cara mempersiapkan dana darurat yakni dengan membagi sekitar 5% dari total penghasilan bulanan. Misalkan penghasilan suami setiap bulannya sebesar 10 juta, maka ibu bisa sisihkan sebanyak 500 ribu setiap bulannya.

Mempersiapkan Beberapa Asuransi

Salah satu cara meningkatan kesejahteraan keluarga yakni dengan mempersiapkan asuransi. Sedia payung sebelum hujan adalah penggambaran yang tepat mengenai asuransi.

Salah satu asuransi yang penting untuk dimiliki yakni asuransi jiwa. Ibu bisa menyisihkan penghasilan bulanan suami untuk membeli asuransi jiwa untuk suami. Dengan adanya asuransi jiwa keberlangsungan hidup keluarga akan lebih terjamin ketika suami meninggal atau mengalami kecelakaan yang membuatnya tidak bisa lagi mencari nafkah.

Selain asuransi jiwa, kita juga penting memiliki asuransi kesehatan. Karena tidak ada yang tahu kapan keluarga akan terserang sakit. Dengan adanya asuransi kesehatan, pengeluaran untuk membayar biaya perawatan dapat lebih ringan.

Menabung dengan Cara Investasi

Setelah mempersiapkan hal penting seperti dana darurat dan asuransi, ibu bisa menyisihkan sebagian untuk investasi. Dengan berinvestasi kita bisa membuat uang yang kita tabung tidak tergerus inflasi. Alih-alih menabung di bank, ibu bisa memilih untuk berinvestasi. Pasalnya menabung hanya akan membuang uang tergerus oleh inflasi dan biaya administrasi. Sedangkan dengan berinvestasi kita bisa membuat uang kita berkembang.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Yuk Kenalan Dengan 4 Jenis Reksadana Populer Ini

Ibu bisa menyisihkan sebagian uang suami untuk berinvestasi. Pastikan uang tersebut benar-benar uang dingin, dengan begitu kamu akan lebih nyaman dalam berinvestasi.

Produk Investasi yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Ada banyak produk invetasi yang bisa dipilih, namun tentunya tidak semua cocok. Beberapa produk rumah tangga berikut ini bisa menjadi pilihan tepat untuk para ibu rumah tangga.

1. Reksadana Pasar Uang

RDPU atau reksadana pasar uang adalah instrumen investasi dengan risiko rendah. Return yang dimiliki reksadana pasar uang juga cukup menjanjikan, terlebih tidak dikenakan pajak.

Reksadana pasar uang cocok untuk para investor pemula. Dana yang kita gunakan dikelola oleh manajer investasi yang sudah profesional. Sehingga risiko yang didapat cenderung lebih kecil, terlebih reksadana jenis pasar uang. Reksadana pasar uang juga cocok sebagai tempat untuk mengelola dana darurat kita. Karena tingkat risiko yang kecil, dan liquid. Sehingga ketika kita perlu dana darurat, kita bisa mencairkannya dengan mudah.

2. Emas

Logam mulia emas juga menjadi instrumen investasi yang cocok bagi ibu rumah tangga. Karena terbatasnya sumber daya emas itu sendiri membuat emas memiliki harga yang cenderung meningkat setiap tahunnya. Namun kekurangan dari investasi emas adalah tingkat liquiditas nya yang rendah, sehingga sulit untuk kita uangkan.

Namun dengan perkembangan zaman kamu bisa berinvestasi emas secara online. Keutungan yang bisa kamu dapat yakni seperti pembelian dan penjualan yang mudah. Semua bisa langsung dilakukan dengan aplikasi di smartphone kita. Selain itu kita juga tidak perlu khawatir dengan keamanan emas kita.

3. Surat Utang Negara atau Obligasi

Surat utang negara atau SUN adalah surat yang berharga yang dikeluarkan oleh pemerintah guna mencari dana pembiayaan APBN. Kamu bisa membeli surat berharga ini dan mendapatkan keuntungan dari bunga atau kupon.

Investasi SUN ini tentunya cocok untuk ibu rumah tangga, dan terjamin aman karena dikelola oleh negara. Dengan berinvestasi di surat berharga negara, tentunya kita ikut andil dalam memajukan negara kita sendiri.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham

Produk SUN yang bisa dipilih antara lain seperti ORI (Obligasi Ritel Indonesia), Sukri (Sukuk Ritel) dan SBR (Saving Bond Ritel).

4. Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Bisnis juga menjadi produk investasi lho. Pada dasarnya bisnis merupakan kegiatan menanamkan modal untuk mendapatkan laba atau keuntungan dari hasil penjualan yang dilakukan. Itulah mengapa bisns juga menjadi salah satu kegiatan investasi.

Berinvestasi pada bisnis tentunya juga cocok untuk ibu ruma tangga. Ada banyak bisnis yang bisa dijalankan dirumah sembari mengatur keperluaan rumah tangga.

Return atau keuntungan dari berbisnis sendiri juga cukup menjanjikan. Apalagi bisnis yang kita jalankan memiliki pangsa pasar yang besar dan masih minim pesaing. Tentu keuntungan yang bisa kita ambil tiap bulannya cukup menjanjikan.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil pada artikel kali ini yakni mengenai pentingnya investasi dan mengelola keuangan rumah tangga. Dengan berinvestasi kita bisa mendapatkan berbagai keuntungan seperti yang sudah dijelaskan diatas, misalnya membuat uang berkembang dan terhindar infasi.

Kemudian pengelolaan keuangan yang baik dalam rumah tangga dapat meningkatkan kesejahteran keluarga. Itulah mengapa sebagai ibu rumah tangga penting untuk memperatikan pengeluaran keuangan rumah tangga. Jangan biarkan uang bulanan yang diberikan suami hangus begitu saja.

Picture by Alexander Dummer on Unsplash

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: