Sukses Bukan Balapan!, Kita Punya Waktu Masing-Masing

Sukses Bukan Balapan – Kesuksesan memang menjadi impian setiap manusia, yang perlu kita usahakan agar bisa mewujudkannya. Kesuksesan sendiri juga berbeda-beda pada setiap individu yang membuat standar kesuksesan sangatlah relatif.

Topik yang akan kita bicarakan kali ini beberapa waktu kebelakang lumayan sering menjadi pembahasan. Salah satu penyebabnya yakni karena kemajuan teknologi informasi seperti keberadaan sosial media.

Pada media ini kita bisa dengan mudah untuk membagikan informasi dan menerima informasi dari orang lain. Informasi yang ada juga cukup beragam mulai dari pelajaran, hiburan, motivasi, ceramah dan lain sebagainya. Sehingga tidak jarang kita menemukan berbagai informasi mengenai kisah-kisah sukses seseorang.

Saya sendiri sebagai pengguna aktif sosial media juga menyadari bagaimana pengaruh sosial media kepada diri saya. Tidak jarang saya merasa minder dan bahkan merasa tertinggal ketika melihat tokoh-tokoh publik dengan segudang kesuksesan mereka. Terlebih lagi mereka yang sukses pada usia muda, tidak jarang membuat saya merasa down.

Oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan bagikan pendapat saya mengenai fenomena yang menjadi perbincangan belakangan ini.

Apasih Arti Sukses Itu?

Sebelumnya penting untuk mengetahui apa arti sukses itu sendiri. Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, kesuksesan merupakan suatu hal yang sangat relatif. Artinya setiap orang memiliki goals sukses mereka masing-masing.

Namun dari perbedaan atau kerelatifitasan tersebut kita bisa mengambil beberapa kesimpulan mengenai arti sukses itu sendiri.

Pada dasarnya sukses berkaitan dengan keberhasilan seseorang mencapai target dalam berbagai aspek seperti ekonomi, karir, pekerjaan, agama, kesehatan, pendidikan, dan hal lainnya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Maksud Dari Jangan Dengarkan Kata Orang, Teruslah Melangkah Maju

Target yang ingin kita capai tentunya berbeda-beda pada umumnya. Mungkin si A akan merasa sukses ketika mencapai target gaji 50 juta perbulannya, namun mungkin B sudah merasa cukup dengan gaji 10 juta. Walaupun jika si B mendapatkan gaji 50 juta ia juga merasa senang.

Pada intinya manusia memiliki banyak goals yang ingin mereka capai. Bukan berarti si B ingin tetap dengan gaji 10 juta nya. Dengan growth mindset atau pola pikir yang bertumbuh tentu akan membuat si B ingin terus lebih maju. Setelah mencapai tujuan saat ini ia tentu akan berjalan lagi menuju tujuan selanjutnya yakni sebagai contoh gaji 50 juta.

Sehingga kesuksesan sendiri pada dasarnya tidak ada habisnya, bisa saja orang terkaya sedunia merasa ia belum sukses. Karena masih banyak hal yang mungkin belum bisa ia dapatkan seperti misalnya seorang kekasih, anak, dan sebagainya. Itulah mengapa kesuksesan berasal dari dalam diri kita sendiri.

Sukses Bukan Balapan

Perasaan tertinggal, terlambat dan sebagainya mungkin juga pernah teman-teman rasakan. Perasaan yang saya maksud bukan mengarah pada perasaan seperti iri atau dengki, melainkan perasaan yang positif namun juga negatif.

Apasih maksudnya kok perasaan bisa positif dan negatif hehe.

Pasti kamu pernah merasa semangat dan membara ketika melihat orang lain yang sudah berlari jauh di depan kita. Pada awalnya kita akan merasa semangat dan berusaha sekuat tenaga untuk mengejar orang tersebut, namun pada akhirnya kita tetap tertinggal dan malah merasa down dan tertinggal.

Seperti itulah kiranya gambaran dari perasaan yang saya maksudkan. Ketika pada awalnya perasaan semangat menggambarkan perasaan yang positif berubah seketika menjadi perasaan down yang negatif.

Itulah maksud dari sukses bukan balapan. Ketika kita tertinggal bukan berarti kita gagal, selama kita terus bangkit dan berjuang maka akan tiba saatnya. Karena setiap orang memiliki waktu sukses mereka masing-masing yang tidak bisa kita samakan.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Aplikasi Pantau Latihan 10000 Jam Untuk Jadi Ahli

Melihat orang-orang sukses di usia kita sekarang bukan berarti harus membuat kita menilai rendah diri kita. Atau bahkan membuat kita berlari terus menerus hingga sangat lelah dan sakit. Bagaimanapun semua itu perlu proses yang perlu kita lalui.

Perlu kita ingat bahwa kehidupan setiap orang berbeda-beda yang membuat start kita berbeda-beda. Walaupun umur kita sama bukan berarti hal lainnya juga sama. Sehingga sukses atau garis finish setiap orang juga tidak bisa kita samakan.

Sukses bukan perlombaan kita dengan orang lain, melainkan perlombaan kita dengan diri sendiri. Bagaimana kita melawan kenyamanan, kemalasan, kepuasan, dan hal lainnya yang dapat menjadikan kita orang yang gagal.

Akhmad Raja shaufi

Jadi sebaiknya ketika melihat orang sukses yang berada didepan kita, jadikan sebagai pemicu semangat kita. Sehingga membuat tekad dan semangat kita untuk mencapai kesuksesan menjadi lebih kuat. Buang perasaan negatif yang muncul, karena hal tersebutlah yang membuat kita menjadi sulit untuk maju, karena sukses bukan balapan.

Cara Menjadi Orang Sukses

Seperti yang sudah kita pahami, kesuksesan bukanlah hal yang datang begitu saja. Perlu pengorbanan dan proses yang perlu kita lalui untuk mencapainya. Sehingga menjadi sukses adalah pilihan kita sendiri, karena bagaimanapun kita yang menentukan akan menjadi orang seperti apa kita ini.

1. Memiliki Tekad dan Semangat yang Kuat

Untuk mencapai sebuah kesuksesan tidak jarang banyak rintangan yang akan kita lalui. Ketika tekad dan semangat yang kita miliki untuk mencapai sukses sangat lemah tentu akan membuat kita goyah ketika menghadapi berbagai hal yang ada.

2. Memiliki Mindset Growth

Agar menjadi orang yang sukses, penting untuk memiliki pola pikir yang bertumbuh. Ketika kita memiliki pola pikir seperti ini kita cenderung akan mencoba untuk terus bertumbuh dan menjadi lebih baik lagi. Pola pikir tersebut sangat membantu untuk mencapai kesuksesan dalam kehidupan kita.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Pertimbangkan Hal Ini Jika Ingin Mengambil Kursus Bahasa Inggris

3. Membangun Kebiasaan yang Baik

Setiap orang sukses tentunya memilik kebiasaan atau habits yang mereka bangun. Kebiasaan atau habits baik tersebut sangat berperan dalam membantu perjalanan kita mencapai kesuksesan. Misalnya seperti kebiasaan disiplin, selalu bersyukur, dan kebiasaan baik lainnya.

4. Laksanakan!

Jangan hanya kita impikan dan rencanakan melainkan juga yang paling penting yaitu laksanakan. Wujudkan segala rencana yang telah kamu buat dalam suatu tindakan nyata. Sehingga semua rencana tersebut akan memiliki hasil dan bukan hanya menjadi sebuah rencana. Ketika kita laksanakan, maka kita akan tahu hasil dari rencana tersebut apakah berhasil atau gagal. Apabila gagal sekalipun tentunya dapat menjadi pelajaran kita untuk kedepannya agar bisa kita perbaiki.

No Responses

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: