photo of an elderly woman flaunting money

Sumber Penghasilan Youtuber Berasal Dari Mana Saja?

Sumber Penghasilan Youtuber – Buat kamu yang seringkali bertanya-tanya kok bisa para youtuber menghasilkan jutaan hingga ratusan juta melalui youtube. Apakah youtube memang mampu membayar para konten creator mereka sebesar itu?

Pertanyaan seperti itu memang sewajarnya terlontar ketika kita menengok para youtuber sukses yang ada. Hal tersebut tentunya bisa menjadi pemicu kita untuk bisa terus bergerak dan melangkah maju untuk menjadi manusia yang berhasil sesuai dengan impian masing-masing.

Buat kamu yang memiliki impian menjadi youtuber dan mendapatkan penghasilan dari sana. Ada baiknya untuk mengenal lebih dalam lagi industri satu ini, dengan begitu kamu bisa melangkah dengan lebih baik. Misalnya dengan mencari tahu kiat-kiat untuk mendapatkan 1000 subscriber pertama sebagai persyaratan untuk mendapatkan penghasilan melalui youtube.

Berikut beberapa sumber penghasilan para youtuber, yang mungkin ada yang belum kamu tahu. Karena penghasilan mereka tidak hanya berasal dari youtube itu saja, melainkan dari berbagai sumber lainnya yakni sebagai berikut.

Sumber Penghasilan Youtuber

1. Adsense Youtube

Salah satu sumber penghasilan utama para youtuber yang pastinya sudah banyak dari kita yang tahu, yakni melalui adsense. Buat kamu yang belum tahu, adsense merupakan program partner dari google dimana kita bisa mendapatkan penghasilan dengan menampilkan iklan dari mereka.

Semakin banyak interaksi pada iklan tersebut maka akan semakin besar pula penghasilan yang bisa kita dapatkan. Tidak hanya pada youtube, iklan adsense juga biasanya bisa kita temui pada website-website. Dengan menyediakan konten yang membuat orang lain tertarik, kita bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang tayang pada konten kita itu.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Perbedaan Reseller dan Dropshipper, Jangan Sampai Salah Paham!

2. Endorse

Sumber penghasilan para youtuber berikutnya yakni melalui brand-brand yang ingin mempromosikan produk mereka menggunakan jasa kamu. Artinya kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan perjanjian yang kamu buat dengan brand tersebut.

Pada intinya kita dengan media dan pengaruh yang kita miliki, umumnya brand akan tertarik untuk memilih kita dalam mempromosikan produk mereka. Dengan begitu produk atau brand mereka dapat menjangkau lebih banyak konsumen melalui promosi yang kita lakukan.

3. Merchandise

Menjadi youtuber sukses tidak menutup kemungkinan untuk memiliki penggemar. Salah satu cara meningkatkan loyalitas mereka misalnya dengan menjual merchandise kamu.

Dengan begitu kamu bisa mendapatkan keuntungan dari hasil merchandise yang terjual. Tidak hanya itu biasanya juga para youtuber banyak yang juga menjual berbagai produk lainnya. Biasanya mereka memiliki topik atau konten yang memang berkaitan dengan produk-produk tersebut.

4. Referral atau Affiliate Marketing

Dengan media youtube kita bisa menjangkau banyak orang, hal tersebut menjadi peluang bagi kita untuk mendapatkan penghasilan melalui referral. Ada banyak industri yang membuka program referral yang bisa kita temukan.

Tentu saja tujuan dari referral tersebut memiliki bentuk yang saling menguntungkan antara penyedia program dan kita yang melakukannya. Pada intinya sistem referral tersebut tidak jauh berbeda dengan promosi, namun untuk setiap pembelian atau penggunaan referral kita, maka kita akan mendapatkan keuntungan atau komisi.

5. Donation

Sumber penghasilan selanjutnya bagi seorang youtuber adalah melalui donation dari para penonton. Ada banyak youtuber yang menjalankan program donation ini baik pada video yang mereka upload maupun ketika mereka melakukan streaming.

Biasanya para donator bisa memberikan pesan yang nantinya dapat muncul ketika mereka streaming, sehingga mereka bisa mendapatkan perhatian lebih dari youtuber tersebut. Selain itu donation ini juga sebagai bentuk dukungan para penonton kepada youtuber yang mereka sukai.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Menghasilkan Uang Bermodalkan Smartphone Kentang

6. Langganan

Youtube memiliki fitur dimana para creator bisa membuat laman pelanggan dimana mereka yang berlangganan dapat menikmati kelebihan tertentu. Sebagai contoh dapat menonton video yang di upload oleh yotuber tersebut terlebih dahulu dibandingkan mereka yang tidak berlangganan, dan masih banyak lagi.

Dengan cara ini youtuber bisa mendapatkan tambahan penghasilan setiap bulannya dari mereka yang berlangganan. Semakin banyak para penonton yang loyal dan berlangganan tentunya akan semakin besar pendapatan yotuber tersebut.


Itulah beberapa sumber penghasilan para youtuber yang bisa kita bahas dalam artikel kali ini. Tentunya masih banyak sumber lainnya yang bisa kita dapatkan dengan menjadi youtuber. Hal tersebut menunjukkan bagaimana menjanjikannya industri kreatif jika kita berani untuk mengambil peluang tersebut.

Baca juga artikel menari lainnya di Berbagi Coretanku

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: