6 Tips Aman Beli HP Second, Tetap Oke Walaupun Bekas

Barang bekas seperti handphone tidak jarang menjadi incaran banyak orang. Tentunya selama barang tersebut masih bisa berfungsi normal dan masih layak.

Namun tidak jarang para penjual curang mencoba mencari keuntungan dalam hal ini. Bukannya mendapatkan barang bekas yang masih oke, yang ada kita malah dapet barang rongsokan yang sudah tidak bisa kita gunakan.

Oleh karena itu buat kamu yang lagi nyari hp second, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal. Sehingga kamu tidak kena tipu dari para seller yang ingin curang dan mendapat keuntungan dengan cara yang tidak baik.

Berikut beberapa tips aman membeli hp second yang perlu kamu tahu agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Tips Aman Beli HP Second

1. Carilah Melalui Platform yang Terpercaya dan Aman

Ada banyak platform untuk mencari barang-barang bekas seperti handphone. Namun tidak semua platform tersebut memiliki reputasi yang bagus sebagai tempat menjual barang-barang bekas.

Oleh karena itu pilihlah platform yang aman dan terpercaya, misalnya seperti Facebook, Bukalapak, OLX, dan sebagainya. Dengan begitu kemungkinan untuk mengalami hal-hal yang tidak kita inginkan menjadi lebih kecil.

2. Coba Cari Tahu Latar Belakang Seller

Ketika kamu menemukan HP second yang sesuai dengan yang kamu harapkan, ada baiknya untuk mencoba mencari latar belakang penjual atau pelapak. Kamu bisa mencoba mencek profil akun penjual, melihat postingan yang ia post, melihat rating pembeli sebelumnya dan sebagainya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Tips Hemat Yang Benar, Jangan Salah Lagi Ya!

Walaupun cara seperti ini bisa saja dengan mudah dimanipulasi, seperti dengan membuat akun yang terlihat normal. Namun setidaknya kita berusaha untuk mencari tahu dan berusaha agar mendapatkan sesuatu yang baik sesuai dengan harapan.

3. Bandingkan Harga dengan Beberapa Pelapak

Sebelum memilih salah satu produk, ada baiknya untuk membandingkan harga jual dari setiap pelapak di platform yang sama maupun platform berbeda.

Dengan begitu kamu bisa memperhitungkan apakah harga jual yang ada apakah terlalu mahal atau bahkan merupakan harga yang murah.

Karena bisa saja para pelapak menjual barang mereka tanpa melihat harga pasar, melainkan hanya berdasarkan perhitungan pribadi mereka. Sehingga bisa saja harga yang mereka pasang lebih tinggi atau lebih rendah dari harga pasar.

4. Tanyakan Kekurangan Dari Produk Secara Detail

Sebelum membeli hp second ada baiknya untuk menanykan atau memeriksa secara langsung kekurangan dari barang yang kamu pilih. Dengan begitu kamu bisa mempertimbangkan dengan lebih baik lagi apakah harga dan kondisi barang yang kamu pilih itu masih pantas atau tidak.

Jika ingin membeli HP second ada baiknya kamu bisa membeli dari daerah kamu sendiri apabila ada, dengan begitu kamu bisa langsung COD untuk melihat kondisi barang secara langsung dan melakukan penawaran secara langsung.

5. Pastikan Orisinalitas Barang

Seperti yang kita tahu, barang elektronik merupakan barang yang bisa dibongkar atau dioprek. Sehingga bisa saja Hp yang ingin kamu beli sudah pernah dibongkar, atau pernah di root sehingga hal tersebut dapat menjadi nilai minus dari hp tersebut.

6. Lakukan Riset Sebelum Membeli

Hal ini termasuk salah satu yang terpenting sebelum membeli HP bekas. Pasalnya ketika ingin membeli barang bekas, tentunya kita tidak bisa memilih barang sesuka hati, karena barang yang tersedia tentunya tidak semua ada. Oleh karena itu seni dalam memilih barang bekas yakni melihat barang-barang yang tersedia dengan spek yang bagus namun memiliki harga yang lebih murah.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  6 Media Pemasaran Populer untuk Promosikan Bisnis Kamu

Itulah beberapa tips dalam membeli HP second atau barang second lainnya baik secara online maupun offline. Pada intinya pastikan bahwa penjual memang menjual barang yang sesuai dengan kondisi sebenarnya. Dengan begitu kita bisa menentukan apakah kekurangan yang ada tidak masalah bagi kita, dan apakah harga yang tersebut sesuai dengan perhitungan kita.

Baca juga artikel menarik lainnya di Berbagi Coretanku

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: