Tips Belanja Bahan Baku Franchise Untuk Para Franchisor

10 views

Tips Belanja Bahan Baku Franchise – Bisnis franchise adalah salah satu pilihan bisnis yang banyak diminati. Dengan membeli paket franchise kita sudah bisa memiliki bisnis tanpa perlu repot. Semua peralatan, bahan baku dan bahkan branding sudah satu paket dalam pembelian. Bahkan ada juga paket autopilot yang ditawarkan untuk franchisor, sehingga pembeli tidak perlu repot untuk mengelola bisnis.

Sebagai seorang pemilik franchise tentu ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Tidak jarang pemilik franchise yang kebingungan mengelola manajemen franchise mereka. Salah satunya yakni dalam mengelola kebutuhan bahan baku franchise.

Banyak para franchisor yang masih belum bisa mengoptimalkan pengeluaran untuk bahan baku. Hal tersebut tentu berdampak pada keuntungan yang semakin kecil. Itulah mengapa hal ini perlu menjadi perhatian para franchisor agar membuat franchise kamu dapat terus diminati.

Kebutuhan bahan baku bagi seorang franchisor penting untuk diperhatikan. Terlebih ketika franchise kita memiliki banyak mitra yang sudah bergabung di berbagai daerah. Tentu kebutuhan stock bahan baku penting untuk dijaga, agar dapat memenuhi permintaan.

Agar tidak tekor ketika berbelanja bahan baku untuk franchise kamu, ikuti beberapa tips berikut ini. Setidaknya pengeluaran kamu dalam membeli bahan baku bisa lebih terkelola dengan baik.

Tips Belanja Bahan Baku Franchise

Mengalokasikan Dana Untuk Bahan Baku

Tips pertama yakni dengan mengelola alokasi dana untuk bahan baku dengan matang. Perhitungan modal untuk kebutuhan franchise kamu perlu dimanajemen dengan baik. Sehingga kamu bisa mengalokasikan dana sesuai dengan keperluaan.

Dengan cara ini maka dana yang keluar untuk bahan baku dapat terkontrol dengan baik. Sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pemenuhan bahan baku.

Melakukan Survei Kebanyak Supplier

Tips selanjutnya yakni melakukan survei kebanyak supplier bahan baku. Dengan begitu kamu bisa menemukan bahan baku dengan kualitas yang baik namun harga yang lebih murah. Hal seperti ini penting untuk diperhitungkan, terlebih jika kamu masih merintis usaha franchise kamu.

Kemudian dengan melakukan survei kebanyak supplier ini kamu bisa memiliki pegangan. Jika supplier langganan kamu tidak bisa memenuhi kebutuhan bahan yang kamu perlukan, maka kamu masih memiliki cadangan. Sehingga kebutuhan bahan baku akan selalu terpenuhi dengan baik.

Melihat Track Record Supplier

Tips penting selanjutnya yakni memastikan track record supplier yang kamu pilih. Pastikan supplier memiliki track record dan konsistensi yang baik. Dengan begitu kamu bisa mempertimbangkan untuk melanjutkan pembelian bahan baku atau memilih supplier lainnya.

Umumnya supplier yang memiliki banyak client akan memiliki track record yang jelas. Sehingga bisa menjadi penilaian dasar bagi kamu dalam memilih supplier untuk bahan baku franchise kamu.

Menjalin Hubungan yang Baik dengan Supplier

Tips terakhir yang kamu butuhkan yakni adalah menjalin hubungan yang baik dengan supplier. Dengan begitu kamu bisa memiliki kepercayaan yang baik dengan supplier. Tidak hanya menguntungkan kamu, hubungan seperti ini tentu menguntungkan pihak lainnya. Secara tidak langsung kamu dan supplier akan menciptakan hubungan timbal balik yang baik.

Picture by Q.U.I on Unsplash

No Responses

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: