Tips Hemat Yang Benar, Jangan Salah Lagi Ya!

Tips hemat yang benar – Mengelola keuangan adalah satu hal yang tidak boleh kita kesampingkan. Sebagaimana yang sering kita pelajari dari kecil yaitu kebiasaan berhemat dan menabung.

Kebiasaan seperti itu sebenarnya sangatlah penting untuk kita miliki. Berhemat dan menabung adalah salah satu cara agar kita bisa mengelola keuangan dengan lebih baik. Dengan berhemat kita bisa menyisihkan sebagian uang kita untuk ditabung untuk keperluan yang lain. Sebagai contoh untuk kebutuhan masa yang akan datang, atau untuk tujuan membeli sesuatu.

Namun perlu kamu ketahui, tidak jarang dari kita berhemat dengan cara yang salah. Pemahaman tentang hemat disini kadang membuat kita lelah, dan malah merasa berhemat adalah sesuatu yang buruk. Itulah mengapa penting untuk memahami makna dari hemat dengan benar. Karena pada dasarnya berhemat adalah kebiasaan baik yang harusnya dimiliki setiap individu.

Berikut tips hemat yang baik dan benar dalam mengelola keuangan kamu. Dengan begitu kamu bisa merasakan manfaat yang luar biasa dari kebiasaan hidup hemat ini.

Tips Hemat yang Baik dan Benar

Jangan Berlebihan atau Overspending

Memiliki kartu kredit kadang membuat control keuangan kita akan lebih goyah. Fakta bahwa kartu kredit mudah untuk digunakan membuat kita kadang berlebihan dalam menggunakannya.

Kebiasaan seperti ini tentunya akan membuat keuangan kita menjadi lebih tidak teratur. Terlebih ketika pengeluaran kita lebih besar dari pemasukan bulanan kita. Itulah mengapa tidak jarang banyak orang yang tidak bisa melunasi kartu kreditnya akibat kebiasaan overspending ini.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Jangan Sampai Terjerat Hutang, Berikut Tips Melunasinya

Mulailah untuk membiasakan diri tidak berlebihan dalam berbelanja. Belilah kebutuhan yang benar-benar diperlukan, jangan buang uang untuk keperluaan tidak penting. Bukan berarti kita tidak boleh membeli barang-barang yang kita inginkan. Namun ada baiknya mengelola antara keinginan dan kebutuhan dengan baik. Sediakan budget untuk keinginan dan jangan mengambil jatah uang lain apabila budget yang kamu sisihkan untuk keinginan sudah habis.

Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Jika saat ini kamu tidak memiliki kartu kredit, mungkin hal tersebut adalah hal yang baik. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kartu kredit memang memberikan kemudahan bagi kita. Akibatnya kita tidak bisa mengontrol pengeluaran kartu kredit kita dengan baik.

Tidak sedikit orang yang seperti ini, itulah mengapa ada baiknya untuk menghindari penggunaan kartu kredit. Dengan begitu kamu tidak menambah beban kamu untuk mengelola keuangan. Cara seperti ini tentu akan menghemat pengeluaran kamu secara signifikan.

Membuat Anggaran Belanja

Dalam berhemat, membuat anggaran belanja adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan. Dengan cara seperti ini kamu bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan dengan lebih baik.

Cara yang cukup populer dalam membuat anggaran yakni dengan menggunakan rumus 50/30/20. Bagi pemasukan kamu menjadi 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan dan 20% untuk investasi.

Cara ini populer dalam mengelola keuangan yang baik, terutama bagi kamu yang sudah memiliki gaji tetap. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengelola keungan rumah tangga. Dengan begitu kesejahteraan keluarga akan tercapai.

Dapatkan Harga Lebih Murah

Cara berhemat dengan membeli kebutuhan dengan harga yang lebih murah adalah cara yang tepat. Karena tidak jarang dari kita yang membeli sesuatu tanpa melakukan riset dengan baik. Mungkin saja barang yang ingin kamu beli dijual dengan harga yang lebih murah ditoko lain.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Tips Memilih Bank Untuk Membuka Rekening

Terlebih dengan adanya toko online, tentunya kamu bisa melakukan riset dengan lebih baik. Pastikan memilih barang di toko yang terpercaya dan harga yang tidak terlalu tinggi dari harga wajarnya.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan event atau discount pada waktu-waktu tertentu. Kamu bisa borong barang-barang kebutuhan ketika event berlangsung, sehingga kamu bisa menekan pengeluaran kamu.

Pengeluaran Kecil, Lama-Lama Menggunung

Biaya Transfer Bank

Tidak sedikit dari kita yang mengabaikan pengeluaran ini. Padahal jika kita akumulasikan nominal dari biaya transfer bank cukup mencengangkan. Terlebih jika penggunaan bank kamu lebih aktif, tentu akan membuat kamu lebih sering mengalami biaya transfer ini.

Usahakan untuk mengurangi pengeluaran dari biaya transfer bank ini. Kamu bisa menggunakan berbagai dompet digital yang kini populer untuk melalukan transfer. Karena banyak kelebihan yang bisa kamu dapat seperti kouta transfer gratis setiap bulannya. Bahkan beberapa dompet digital juga bekerjasama dengan bank besar untuk menghindari biaya transfer.

Makanan Ringan dan Minuman

Tidak jarang dari kita yang mengabaikan pengeluaran ini. Usahakan untuk tidak sering berbelanca makanan dan minuman kemasan. Karena pengeluaran seperti ini seringkali membuat kita bangkrut.

Solusi untuk mengurangi kebiasaan seperti ini misalnya dengan membuat bekal. Terlebih jika kamu mempunyai istri, tentu kamu bisa meminta untuk disiapkan bekal.

Kesimpulan

Berhemat bukan berarti kita harus hidup dengan kekurangan, melainkan mengalokasikan uang kita dengan benar. Baik itu untuk kebutuhan, untuk keinginan dan untuk kebutuhan investasi atau masa depan. Sehingga kita bisa mengelola keuangan dengan lebih baik.

Picture by Sharon Mccutcheo on Unsplash

No Responses

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: