Bisa Gak Sih Investasi Dengan Gaji Kecil? Berikut Kiatnya

Tips Investasi dengan Gaji Kecil – Gaji kecil seringkali menjadi permasalahan para calon investor ketika ingin memulai berinvestasi. Banyak yang mengira bahwa investasi hanya bisa kita lakukan dengan uang yang besar, padahal nyatanya tidak.

Berinvestasi bisa kita mulai sedari dini tanpa ada alasan seperti gaji yang kecil, belum memiliki KTP dan lain sebagainya. Karena kemudahan untuk berinvestasi sudah sedininya diberikan kepada para calon investor. Keputusan untuk memulai berinvestasi semuanya terserah pada diri kita sendiri.

Permasalahan ini juga pernah saya alami ketika ingin memulai berinvestasi. Sebagai seorang mahasiswa saya cukup terpikir bagaimana cara untuk berinvestasi kalo uang untuk investasi aja tidak ada. Namun ternyata pepatah yang menyatakan selama ada niat pasti ada jalan terbukti pada saat itu.

Dengan manajemen uang yang lebih baik akhirnya saya bisa berinvestasi walaupun dengan penghasilan atau budget yang kecil sekalipun.

Jangan biarkan penyesalan datang di kemudian hari, sadari sedari dini betapa pentingnya melakukan investasi. Salah satu faktor kunci dari investasi adalah waktu, jangan sampai terlambat untuk memulai investasi.

Berikut ini beberapa kiat yang bisa kita coba untuk menjawab pertanyaan bagaimana cara berinvestasi dengan modal atau gaji yang kecil.

Tips Investasi Dengan Gaji yang Kecil

1. Lakukan Pengalokasian Dana dengan Baik

Tips pertama yakni dengan mengelola alokasi dana keuangan kita dengan baik. Dengan gaji yang kita miliki penting untuk membagi-baginya untuk berbagai kebutuhan yang prioritas, terutama kebutuhan pokok dan sekunder. Alokasikan juga dana untuk melakukan investasi sesuai dengan kemampuan kamu. Kiat untuk berinvestasi yakni dengan menyisihkan sebagian uang bukan menginvestasikan uang yang tersisa.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Manajemen Investasi: Cara Menyikapi Portofolio Minus

2. Manajemen Kebutuhan Kamu

Dengan gaji kecil yang kamu miliki ada baiknya untuk melakukan manajemen kebutuhan dengan baik. Sebagai contoh yakni kebutuhan pokok seperti pangan, kamu bisa mengurangi pengeluaran berlebih misalnya dari pesan antar yang sering kamu lakukan. Dengan berbelanja bahan kebutuhan dan memasaknya sendiri kita bisa menekan pengeluaran untuk pangan kita. Sehingga dengan gaji yang kita miliki, kita tetap bisa melakukan investasi dan menyiapkan kebutuhan lainnya seperti dana darurat.

3. Investasi Dengan Modal Kecil

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, investasi bisa kita mulai dengan modal kecil sekalipun, bahkan hanya dengan uang seratus ribu kita sudah bisa mulai berinvestasi. Itulah mengapa sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak memulai berinvestasi. Kunci utama dari investasi bukan besaran uang yang kita gunakan, melainkan kedisiplinan kita dalam melakukannya. Jadi tidak harus memulai investasi dengan modal yang besar, dengan gaji yang terbatas kita bisa menyisihkan sedikit uang tersebut untuk kita investasikan.

4. Jangan Lupa Investasi Leher Ke Atas

Mungkin beberapa dari kamu belum mengenal maksud dari investasi leher ke atas. Pada intinya ada berbagai produk investasi yang bisa memberikan kita return yang besar, salah satunya yang tidak kalah penting yakni investasi ilmu. Dengan memperbanyak belajar suatu bidang tertentu dan menjadi ahli di bidang tersebut merupakan salah satu investasi yang penting. Dengan investasi tersebut secara tidak langsung kita bisa meningkatkan income atau penghasilan kita yang membuat kita bisa berinvestasi dengan modal yang lebih besar. Investasi ilmu bahkan bisa kita lakukan tanpa modal sekalipun, ada banyak media belajar yang bisa kita gunakan, oleh karena itu gaji kecil bukan menjadi alasan.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Strategi Investasi dengan Metode RCA, Belajar Investasi

5. Disiplin dan Konsisten

Kunci penting dari berinvestasi yakni konsistensi dan kedisplinan kita. Tanpa adanya hal tersebut dengan modal besar sekalipun kita tidak akan bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Disiplin dan konsisten tidak hanya kita lakukan dalam berinvestasinya saja, melainkan disiplin meningkatkan ilmu dan pengalaman kita agar bisa mendapatkan return yang maksimal.

6. Atur Jangka Waktu dan Fokus

Dengan modal yang terbatas atau kecil, kamu bisa menentukan jangka waktu investasi yang lebih panjang. Karena modal kecil tidak akan memberikan keuntungan yang sangat besar bahkan ketika produk yang kamu pilih mengalami kenaikan hingga 100% (jarang terjadi). Oleh karena itu kamu bisa menentukan jangka waktu yang lebih panjang dan memilih produk investasi yang cocok untuk jangka panjang dan memberikan return yang menjanjikan.

7. Pilih Instrumen Investasi yang Tepat

Ada banyak instrumen dan produk investasi yang bisa kita pilih, namun belum tentu semua produk tersebut cocok dengan kamu. Sebagai contoh dengan modal yang kecil akan kurang cocok untuk memilih investasi pada properti. Investasi yang cocok misalnya yakni Reksa dana, saham, obligasi, atau logam mulia seperti emas. Dengan perkembangan zaman kegiatan berinvestasi pada produk-produk investasi seperti reksa dana, saham, obligasi, maupun emas bisa dengan mudah kita beli melalui smartphone. Bahkan nominal pembelian bahkan bisa mulai dari 10 ribu rupiah, sehingga akan lebih cocok dengan modal kecil yang kita punya.


Itulah beberapa kiat yang bisa kamu coba dalam memulai berinvestasi dengan modal kecil dari gaji yang kita punya. Pada dasarnya kegiatan berinvestasi tidak jauh berbeda dengan kegiatan menabung yang sudah sejak kecil diajarkan kepada kita. Pepatah yang tepat untuk menggambarkannya yakni “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Panduan Cara Beli Emas ANTAM yang Benar

Kunjungi juga Berbagi Coretanku untuk artikel menarik lainnya

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: