Tips Jualan Barang Bekas Biar Cepat Laku

2 views

Tips Jualan Barang Bekas – Punya banyak barang bekas yang masih layak pakai? kenapa tidak coba kamu jual saja, karena tidak sedikit orang yang terkendala biaya dan memutuskan untuk membeli barang bekas yang masih layak pakai.

Peluang tersebut bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Terlebih jika kita memiliki skill untuk memperbaiki atau bahkan menambah nilai dari barang-barang bekas tersebut.

Jadi dari pada barang-barang bekas yang ada terbengkalai begitu saja, dan menjadi barang rusak. Lebih baik kita jual kembali untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa kita gunakan untuk keperluan lainnya misalnya seperti investasi.

Berikut beberapa tips jualan barang bekas yang bisa kamu coba agar barang-barang tersebut tetap laku dengan harga yang lumayan.

Tips Menjual Barang Bekas

1. Bersihkan, Perbaiki dan Berikan Nilai Tambah

Agar barang bekas yang kamu ingin jual lebih menarik konsumen, ada baiknya sebelum menjualnya kita bersihkan, perbaiki atau bahkan berikan nilai tambah.

Dengan kondisi barang yang bersih tentunya akan membuat pelanggan lebih senang walaupun barang tersebut bekas. Pelanggan akan semakin yakin bahwa barang bekas tersebut masih layak untuk digunakan apabila dalam kondisi bersih.

Selain itu jika kamu memiliki kemampuan untuk memperbaikinya, kamu bisa memperbaikinya terlebih dahulu agar bisa berfungsi dengan lebih baik. Sehingga barang tersebut tentunya akan memiliki nilai atau harga yang lebih tinggi. Setelah itu kamu juga bisa berikan nilai tambah ketika melakukan penjualan agar memberikan kepuasan kepada pelanggan.

2. Pasang Foto yang Menarik

Kemudian sebelum menjualnya di marketplace ataupun di media lainnya seperti sosial media. Ada baiknya kamu berikan foto yang menarik, sehingga barang tersebut akan tampak lebih layak di mata konsumen.

Dengan cara ini kamu bisa membuat konsumen lebih percaya dan juga puas untuk membeli barang tersebut. Tidak harus menggunakan kamera mahal, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan kamera hp. Intinya perhatikan aspek-aspek penting yang membuat foto menjadi menarik. Misalnya seperti pencahayaan, latar belakang, sudut pengambilan gambar dan sebagainya.

3. Pasang Harga yang Wajar

Penting untuk melihat harga pasar sebelum menjual barang bekas. Pastikan harga yang kamu pasang tidak terlalu tinggi, karena kembali lagi barang tersebut merupakan barang bekas. Namun apabila kondisi atau faktor-faktor tertentu yang ada pada barang kamu masih cukup bagus, tidak salah untuk memasang harga yang lebih tinggi. Namun tentunya perlu kamu perhatikan agar harga tersebut masih terbilang wajar.

4. Berikan Deskripsi yang Jujur dan Jelas

Berjualan dengan jujur dan amanah merupakan cara berjualan yang sebenarnya wajib dimiliki oleh setiap pebisnis. Bagaimanapun sikap jujur merupakan sikap yang terpuji, sehingga secara tidak langsung akan berdampak pada kegiatan bisnis kita.

Pastikan untuk memberikan deskripsi yang jujur mengenai kondisi barang bekas yang kamu jual, dan juga jelas. Sehingga konsumen dapat mempertimbangkan untuk melakukan pembelian. Selain itu deskrpsi yang jelas dan jujur juga dapat memberikan gambaran kewajaran harga yang kamu pasang.

5. Berikan Alasan kenapa Kamu Menjual Barang Tersebut

Salah satu strategi bisnis yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yakni dengan strategi emosional. Pelanggan atau konsumen akan lebih tertarik pada suatu barang atau produk apabila memiliki hal emosional yang membuat mereka tersentuh. Salah satu caranya yakni dengan bercerita secara jujur kenapa kamu memutuskan untuk menjual barang tersebut. Tentunya bukan berarti kita harus memelas dan meminta untuk dikasihani, namun lebih ke arah jujur dan menempatkan hati didalamnya.

6. Manfaatkan Marketplace

Untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen kamu bisa menggunakan marketplace besar untuk menjual produk kamu. Pastikan untuk memperhatikan beberapa tips sebelumnya ketika kamu menjual barang tersebut di marketplace. Karena pada dasarnya walaupun barang yang kita jual bekas, prinsip yang kita lakukan sama saja yakni berbisnis.

7. Promosikan di Media Sosial

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk mempromosikan barang bekas yang kamu jual. Memilih media sosial yang tepat juga penting untuk kamu lakukan agar kegiatan promosi lebih tepat sasaran. Kemudian prinsip-prinsip dalam promosi juga perlu kamu perhatikan, guna mendapatkan attention para calon pembeli.

Picture by Nqobile Vundla on Unsplash

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: