Jangan Sampai Terjerat Hutang, Berikut Tips Melunasinya

Tips Melunasi Hutang – Ketika kita memutuskan untuk berhutang, ada baiknya untuk memahami konsekuensinya. Jangan sampai kita berhutang dan tidak memikirkan bagaimana cara untuk melunasinya.

Hutang sendiri juga terdapat di suatu bisnis atau perusahaan yang kita kenal dengan sebutan kewajiban. Hutang yang mereka ajukan bertujuan untuk mengembangkan bisnis mereka agar dapat berkembang lebih pesat. Namun tentu saja kembali lagi bahwa kita harus memperhatikan konsekuensinya dan bertanggung jawab untuk memenuhinya.

Ada banyak contoh yang dapat kita ambil sebagai pelajaran dalam masyarakat ketika seorang terjerat hutang. Oleh karena itu segera lunasi hutang kamu jangan sampai hutang tersebut menyebabkan beban pikiran yang besar.

Apa Itu Hutang

Hutang adalah dana atau manfaat yang dipinjam oleh suatu pihak dari pihak lain dengan suatu kesepakatan tertentu. Pihak pemberi pinjaman bisa berupa perorangan maupun lembaga dan perusahaan. Tujuan dari hutang sendiri tentunya bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan masing-masing peminjam.

Definisi hutang lainnya yakni dari sudut pandang ekonomi/akuntansi yang memiliki arti suatu pengorbanan ekonomis guna keperluan masa yang akan datang. Bentuk penyerahan berupa jasa atau aktiva yang merupakan hasil dari kesepakatan antara kedua belah pihak.

Dari sudut pandang perusahaan, hutang memiliki arti sebagai suatu kewajiban yang harus kita bayarkan. Tujuan perusahaan ketika berhutang umumnya yakni untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang belum dapat mereka penuhi dengan kas perusahaan.

Sedangkan dari sudut pandang perorangan, hutang memiliki arti sebagai suatu dana yang mereka pinjam baik dalam keadaan mendesak maupun tujuan lainnya. Itulah mengapa pentingnya untuk menyiapkan dana darurat agar kita bisa menghindari hutang ketika terjadi suatu hal yang mendesak.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Sebenarnya Kebutuhan Tersier Itu Penting Enggak Sih?

Jenis-Jenis Hutang

Hutang sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis yakni berdasarkan jangka waktu dan liquiditasnya.

Berdasarkan jangka waktunya hutang dibagi menjadi tiga jenis yakni:

  1. Pendek, yakni kewajiban untuk melunasinya relatif singkat yakni 1-12 bulan.
  2. Menengah, yakni kewajiban untuk melunasinya lebih dari satu tahun atau lebih singkat dari hutang jangka panjang.
  3. Panjang, yakni hutang yang memiliki waktu jatuh tempo pelunasan lebih dari sepuluh tahun.

Sedangkan berdasarkan tingkat liquiditasnya, hutang terbagi menjadi tiga macam yakni:

  1. Lancar, adalah hutang yang dapat kita lunasi sebelum jatuh tempo
  2. Tidak Lancar, adalah hutang yang sulit untuk kita lunasi tepat waktu
  3. Macet, adalah hutang yang sulit untuk kita lunasi

Tips Melunasi Hutang dan Manajemennya

Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya ada berbagai macam tujuan dari berhutang seperti untuk keperluan bisnis, tujuan mendesak, manajemen keuangan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu hutang sendiri tidak bisa kita anggap sebagai suatu hal yang sepenuhnya salah. Selama kita yakin dan mampu untuk melunasinya berhutang bukan merupakan hal yang salah. Bahkan dengan cara berhutang kita bisa mengalokasikan dana yang kita punya untuk hal lain yang bisa memberikan return yang cukup untuk melunasi hutang.

Sebagai contoh seperti kegiatan usaha, atau bahkan investasi. Namun tentu saja kita harus memahami bahwa hal demikian memiliki risiko yang besar, perlu adanya analisa dan perhitungan yang baik dalam mengambil keputusan.

Untuk kamu yang sudah memutuskan berhutang, berikut beberapa tips yang bisa kamu perhatikan.

1. Selalu Lakukan Pencatatan

Sebagaimana kita tahu manusia tidak pernah luput dari kesalahan dan kekhilafan baik yang disengaja maupun yang tidak. Oleh karena itu ada baiknya untuk melakukan pencatatan ketika berhutangan baik itu catatan pribadi maupun catatan bersama.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Review: Pengalaman Menggunakan Aplikasi Dompet Digital DANA

Dengan adanya catatan pribadi kamu bisa dengan baik mengelola hutang kamu seperti mengetahui berapa total hutang, tenggat waktu, pemberi pinjaman dan lain sebagainya. Sehingga kamu bisa mengatur strategi dengan baik untuk melunasi hutang tersebut.

2. Mengatur Strategi

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, ada konsekuensi yang perlu kita pahami ketika berhutang. Ketika kita memahami konsekuensi tersebut tentunya kita akan menentukan strategi atau langkah kedepannya guna melunasi hutang tersebut.

Sehingga kita bisa memberikan keyakinan pada diri sendiri ataupun pihak pemberi pinjaman tersebut. Dengan strategi atau manajemen yang baik kita bisa mengelola hutang tersebut tanpa harus mengorbankan banyak hal.

3. Mencari Penghasilan Tambahan

Setelah melakukan strategi atau perencanaan kita akan mengetahui jawaban atas kesanggupan kita dalam melunasi hutang. Jika penghasilan utama yang kita miliki tidak mampu cukup untuk melunasi hutang, ada baiknya untuk mencari strategi lain.

Salah satunya yakni dengan menambah penghasilan kita melalui pekerjaan sambilan. Ada banyak pekerjaan sambilan yang bisa kita coba dan lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Terlebih jika kamu memiliki suatu skill atau kemampuan dalam bidang tertentu.

4. Manajemen Diri

Tidak sedikit orang yang berhutang dengan alasan yang sebenarnya tidak mendesak misalnya seperti kebiasaan konsumtif. Alhasil karena mereka tidak memiliki uang untuk membeli barang yang mereka inginkan saat itu juga, maka mereka memutuskan untuk berhutang.

Oleh karena itulah penting untuk melakukan manajemen pada diri kita sendiri. Hindari kebiasaan-kebiasaan yang berlebihan dan memberikan dampak yang buruk seperti kebiasaan konsumtif tadi. Jangan sampai kebiasaan tersebut menjadi penyebab menumpuknya hutang yang kita punya.

5. Menjual Aset yang Kamu Punya

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk melunasi hutang kita dengan segera yakni dengan menjual aset yang kita miliki. Namun tentunya bukan aset yang penting atau kita butuhkan, melainkan aset yang tidak produktif dan tidak kita butuhkan.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Cara Menjadi Youtuber Pemula yang Sukses dan Terkenal

Misalnya kamu punya beberapa sepatu bekas, baju bekas, atau barang bekas lainnya. Kamu bisa menjual beberapa barang bekas yang masih layak tersebut guna melunasi hutang yang kamu miliki.


Itulah beberapa hal yang bisa saya jelaskan mengenai hutang terutama mengenai tips melunasi hutang. Tentunya masih banyak tips lainnya yang bisa kita coba untuk membantu kita melunasi hutang yang kita punya. Jangan biarkan hutang menjadi beban bagi diri kita maupun orang lain.

Oleh karena itu sekali lagi pastikan untuk memikirkan dengan matang sebelum berhutang dan lakukan strategi yang baik untuk melunasinya.

Kunjungi juga BerbagiCoretanku

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: