Tips Membuat Proposal Usaha, Biar Makin Profesional

Membuat proposal usaha memang menjadi salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan bisnis. Keterbatasan modal untuk memulai atau mengembangkan usaha menjadi kendala yang sering muncul. Agar bisa mendapatkan tambahan dana atau modal, kita bisa mengajukan proposal usaha.

Jika model bisnis yang kamu miliki menarik dan menjanjikan, maka kamu akan mudah mendapatkan pendanaan. Terlebih jika kamu seorang mahasiswa, ada banyak program kewirausahaan yang bisa kamu ikuti. Syarat yang perlu kamu penuhi yakni rancangan usaha dan proposal usaha.

Agar bisnis kamu mendapatkan pendanaan dari program pemerintah maupun swasta tentunya kamu harus memiliki proposal yang profesional. Dengan profesional yang baik tentu akan lebih meningkatkan citra bisnis yang ingin kamu jalankan. Proposal usaha yang baik juga dapat menggambarkan model bisnis kamu dengan lebih jelas kepada pembaca.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tips membuat proposal usaha yang profesional. Sehingga kamu bisa membuat proposal untuk usaha kamu sendiri.

Tips Membuat Proposal Usaha Profesional

1. Jelas dan Singkat

Dalam menulis proposal penting untuk menjelaskan dengan bahasa yang jelas, padat dan singkat. Dengan begitu maksud yang ingin kamu sampaikan lebih jelas dan mudah untuk dipahami. Sehingga penggambaran seseorang terhadap model bisnis kamu akan lebih jelas.

Dengan kalimat yang jelas dan singkat juga dapat membuat pembaca tidak bosan. Kalimat yang panjang dan kurang jelas tidak jarang membuat kita merasa bosan ketika membacanya. Itulah mengapa penting untuk menggunakan kalimat aktif yang baik agar mengajak pembaca lebih aktif. Dengan memperhatikan aspek ini proposal usaha kamu akan lebih nampak profesional.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Contoh Kerangka Proposal Usaha Untuk Bisnis Makanan dan Minuman

2. Menganalisis Argumen dan Kendala

Proposal bisnis atau usaha yang baik tentu bisa menerangkan model bisnis kita dengan baik. Salah satu caranya yakni dengan menganalisis argumen atau kendala yang mungkin dipertanyakan oleh pembaca. Dengan cara seperti ini pembaca akan lebih tertarik untuk membaca setiap halaman proposal kamu.

Ketika kamu menerangkan suatu topik, pastikan untuk menemukan argumen yang bisa dilontarkan pembaca. Kemudian berikan jawaban singkat dan jelas mengenai argumen atau kendala tersebut. Dengan begitu maksud yang ingin kita sampaikan akan lebih jelas dan dapat diterima oleh pembaca.

3. Tunjukan Kesungguhan Anda

Dalam menulis proposal, penting untuk memberi kesungguhan didalamnya. Seringkali kita mengabaikan hal ini ketika menulis proposal usaha. Alhasil proposal tampak membosankan layaknya ditulis oleh robot. Dengan menuangkan kesungguhan dalam menulis proposal, secara tidak langsung kamu akan menunjukan kepribadian dalam tulisan kamu.

Kesungguhan tersebut tentu akan membuat pembaca lebih tergerak ketika membaca proposal kamu. Bukan berarti kesungguhan yang dimaksud yakni dengan bercerita panjang lebar tentang ambisi kamu memulai bisnis. Buatlah tulisan menjadi lebih mengalir dan tulus.

4. Gunakan Gambar Menarik

Penggambaran model bisnis dalam proposal usaha penting untuk diperhatikan. Terlebih ketika bisnis yang kamu usulkan merupakan suatu inovasi baru. Tentu dengan adanya gambar menarik dan jelas akan membuat rancangan bisnis kamu pada proposal menjadi lebih jelas.

Pastikan gambar atau model yang kamu cantumkan juga tampak profesional. Sehingga akan membuat pandangan pembaca atau calon investor pada proposal kamu juga menjadi lebih baik. Tidak jarang gambar yang berlebihan atau tidak profesional membuat proposal kamu dipandang jelek.

5. Hindari Kalimat yang Berlebihan

Dalam menulis proposal gunakanlah kalimat yang realistis, atau jangan berlebihan. Kalimat berlebihan atau hiperbola dapat membuat proposal kamu dipertanyakan kebenarannya. Oleh karena itu cara membuat proposal tampak profesional yakni dengan memilih kalimat yang realistis dan menarik.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Mengenal Pentingnya Program Kerja Dalam Suatu Bisnis

Kesimpulan

Dalam membuat proposal usaha, banyak aspek yang perlu kita perhatikan. Terutama berkaitan dengan kalimat yang kita gunakan dalam menggambarkan model bisnis kita. Proposal yang baik dapat menggambarkan bisnis secara jelas dan padat yang membuat pembaca paham maksud dari bisnis yang kita usulkan.

Proposal yang baik tentu akan lebih menarik untuk dibaca karena cenderung mengajak pembaca untuk lebih aktif. Cara seperti ini akan membuat proposal lebih profesional terutama dimata para calon investor. Sehingga bisnis kamu bisa mendapatkan peluang mendapatkan pendanaan yang lebih tinggi.

Namun tentunya juga hal lain yang tidak boleh dilupakan yakni model bisnis kamu. Tentu model bisnis yang menarik, inovatif, memiliki nilai jual dan prospek yang baik akan membuat para investor semakin tertarik untuk berinvestasi. Jadi ketika kamu membuat proposal usaha untuk mendapatkan pendanaan, pastikan bisnis yang kamu usulkan menarik.

Picture by airfocus on Unsplash

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: