Tips Memilih Bank Untuk Membuka Rekening

Tips Memilih Bank Untuk Membuka Rekening – Dari sekian banyak Bank yang ada di Indonesia, kadang membuat kita bingung untuk memilih salah satu di antaranya. Bahkan tidak jarang kita memilih Bank yang mungkin tidak sesuai untuk kita karena berbagai kendala.

Rekening Bank sendiri tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan uang, melainkan juga untuk berbagai kegiatan transaksi. Dengan membuka rekening Bank kita bisa melakukan berbagai kegiatan transaksi keuangan seperti kirim uang, menerima uang, dan transaksi keuangan lainnya.

Agar tidak salah pilih bank ketika ingin membuka rekening ikuti beberapa tips atau kiat dalam memilih bank berikut. Dengan begitu kamu bisa mempertimbangkan bank mana yang lebih cocok untuk kamu.

Tips Memilih Bank Untuk Membuka Rekening

1. Lokasi Kantor Cabang

Ketika ingin membuka rekening bank, ada baiknya untuk memperhatikan lokasi kantor cabang bank tersebut. Akan lebih baik jika kantor cabang bank yang kamu pilih berada dekat dengan tempat tinggal kamu. Sehingga ketika kita hendak berurusan ke kantor cabang akan lebih mudah.

Pasalnya ada berbagai hal yang memerlukan kita untuk datang ke kantor cabang bank. Misalnya urusan membuka rekening bank, menyetor uang, menarik uang, kehilangan, dan urusan lainnya.

2. Fitur Online Banking

Seperti yang kita ketahui, perkembangan zaman membuat berbagai hal kini bisa kita lakukan dengan mudah. Salah satunya yakni online banking yang memudahkan kegiatan transaksi keuangan kita. Hanya dengan membuka smartphone, kita sudah bisa langsung melakukan berbagai kegiatan transaksi pada bank kita. Misalnya seperti kegiatan cek saldo, kirim uang, tagihan online, belanja online dan sebagainya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Strategi Investasi dengan Metode RCA, Belajar Investasi

Oleh karena itu penting untuk memilih bank dengan fitur online banking yang baik. Sehingga kamu akan lebih nyaman dalam bertransaksi keuangan menggunakan fitur online banking tersebut.

3. Jaringan ATM

Mesin Anjungan Tunai atau ATM merupakan hal penting yang juga perlu kamu perhatikan. Ada baiknya untuk memilih bank yang memiliki jaringan ATM luas, terlebih di daerah tempat tinggal kamu. Dengan begitu ketika kamu perlu melakukan transaksi tertentu pada ATM, kamu bisa dengan mudah melakukannya.

Walaupun kita juga bisa melakukan transaksi pada ATM bukan bank, namun terkadang akan ada biaya yang di bebankan. Akibatnya kita tidak bisa bertransaksi secara lebih leluasa karena hal tersebut.

4. Jenis Rekening yang Ditawarkan

Ketika membuka rekening bank di salah satu Bank, penting untuk memperhatikan jenis rekening yang di tawarkan. Karena seringkali kita salah dalam memilih jenis rekening, akibatnya tidak jarang kita terbebani oleh beberapa hal seperti biaya administrasi bulanan.

Seperti kita ketahui rekening bank umumnya memiliki biaya administrasi bulanan yang mereka bebankan kepada para nasabah. Besaran biaya administrasi setiap jenis rekening bank di setiap bank berbeda-beda sesuai dengan kebijakan masing-masing. Oleh karena itu penting untuk memilih jenis rekening bank yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Sebagai contoh jika kamu seorang pelajar, tentu akan lebih cocok memilih rekening dengan biaya administrasi yang rendah.

5. Fasilitas yang Ditawarkan

Tips lainnya yang juga bisa kamu perhatikan ketika ingin membuka rekening bank adalah fasilitas yang mereka tawarkan. Setiap bank tentu memiliki berbagai fasilitas menarik mereka masing-masing guna memanjakan para nasabah mereka.

Oleh karena itu kamu bisa memperhatikan fasilitas apa yang mereka berikan. Dengan begitu kamu bisa membuka rekening bank yang cocok dengan kebutuhan dan keperluan keuangan kamu.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:  Ini Dia Manfaat Menabung, Jangan Males Menabung Ya!!

Picture by Avery Evans on Unsplash

Leave A Reply

%d blogger menyukai ini: